Article

5 Istilah Lain Travelling yang Perlu Kamu Tau

11:55, 9 December 2021

Resize blog   03. 5 istilah lain travelling yang perlu kamu tau 1980x1080

Apa Aja Tuh?

Teman JAGADIRI, kapan terakhir liburan? Ternyata, ada 5 istilah lain dari kata liburan atau travelling. Kamu udah pernah denger kata mana aja nih? Yuk scroll untuk baca selengkapnya! 
 

Sekilas tentang istilah-istilah travelling


Seperti yang udah Teman JAGADIRI tau, travelling atau liburan itu banyak banget jenis kegiatannya. Mulai dari rebahan seharian di hotel, camping dengan fasilitas mewah, jalan-jalan tanpa batas, hingga liburan bareng temen. 

Apa aja sih istilah-istilah yang tepat untuk ngegambarin kegiatan tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia penjelasannya gaes. 

 

1. Flashpacker


Flashpacker adalah wisatawan atau turis yang liburan dengan persediaan bujet cukup besar. Bisa dibilang, flashpacker ini tingkatnya di atas backpacker yang cenderung hemat dari segi bujet. 

Makanya, flashpacker biasanya didominasi turis atau wisatawan muda yang udah punya pekerjaan tetap. Tujuannya supaya dia bisa ngeluarin biaya sedikit lebih besar untuk dapetin pengalaman dan kenyamanan selama perjalanan. 

Teman JAGADIRI pernah ada di posisi ini nggak? 
 

2. Babymoon


Berikutnya adalah babymoon. Kalo kamu pernah nonton vlog selebgram atau artis di Youtube atau media sosial, nggak jarang mereka bawa balita atau bayi untuk bepergian. Malahan ada juga di antara mereka yang pasangannya sedang hamil, lalu “keluar dari rutinitas sejenak” dengan jalan-jalan. 

Makanya ada istilah babymoon. Istilah ini ngegambarin perjalanan atau liburan bareng pasangan sebelum kelahiran si buah hati. Selama perjalanan, kamu dan pasangan bisa istirahat, leyeh-leyeh, diskusi, atau sekedar jelajah area sekitar penginapan. Tujuannya agar nambah keintiman, keakraban, dan nguatin ikatan kamu dengan pasangan. 

Destinasi wisatanya juga terbilang santai, misalnya di vila atau resor. Jadi, kamu nggak terlalu stress dan burnout sebelum buah hati hadir. Teman JAGADIRI punya rencana babymoon nggak tahun ini? 
 

3. Mancation


Satu lagi nih, istilah travelling khusus untuk ngegambarin kegiatan pria saat berlibur. Namanya mancation. 

Istilah ini ngegambarin aktivitas berlibur para pria bareng teman atau gengnya. Psst, perempuan nggak boleh ikut lho. Karena, kegiatan di mancation cenderung bersifat ngakrabin diri dan nantang adrenalin. 

Misalnya kayak sunmori alias Sunday Morning Ride. Lalu ada mancing, trekking, panjat tebing, main skateboard, main kartu, atau bahkan ada juga nih yang main catur. 

Baca juga: 5 Manfaat Sunmori untuk Kesehatan

Tentunya, kegiatan ini ditentuin dalam rentang waktu tertentu. Bentar lagi weekend nih, kamu dan geng mau jalan kemana? 
 

4. Staycation


Istilah yang satu ini cukup populer di masa pandemi, yakni staycation. Istilah ini ngegambarin kegiatan liburan yang hanya berada di satu kota dan nginep seharian di penginapan. 

Agar staycation lebih memorable, banyak wisatawan atau turis milih penginapan yang atraktif dari segi visual dan fasilitasnya bisa nunjang kegiatan mereka. Misalnya, penginapan Instagramable, bisa nonton via Netflix, dan sebagainya. 

Coba deh selama pandemi ini, kamu udah wishlist penginapan di mana aja? Siapa tau kan tahun ini kamu dan temen-temen bisa staycation bareng?
 

5. Glamping


Terakhir adalah glamping. Gambaran lebih mudahnya, kamu lagi camping di satu daerah. Tapi, penginapannya mewah dan fasilitasnya hampir sama kayak hotel. Poinnya sih, tetep camping dengan versi glamor. Makanya disebut glamping

Glamping ini juga seru banget dicoba. Soalnya, lokasi glamping berada di tepi pantai atau daerah pegunungan. Lokasi tersebut nyediain view dan pengalaman yang nggak terlupain, seiringan sama fasilitas yang ditawarkan. Bahkan kamu juga bisa sekalian wisata kuliner. 


Liburan terus, enak kan? 


Iya dong! Soalnya liburan bisa nambah wawasan, pengetahuan, dan pelajaran hidup yang nggak kamu dapetin saat netap di satu kota atau daerah. Seenggaknya, kamu bisa nyoba-nyoba hal baru sekaligus ngobrol sama warga lokal. 

Nah, yang pasti sih sebelum pergi liburan, kamu udah siapin itinerary dan asuransi liburan. Iya nggak iya nggak?
 

Asuransi liburan punya banyak manfaat


Ketika liburan, tentu ada aja kejadian di luar dugaan atau rencana. Misalnya pesawat delay, kecelakaan, sakit, dan sebagainya. Sst, kejadian ini juga nambah bumbu cerita pas liburan lho. Jadi, wajar kok. 

Namun, persiapan tetep penting dilakukan. Soalnya, asuransi liburan ngasih perlindungan kecelakaan dan santunan meninggal dunia selama perjalanan. Nggak hanya itu, asuransi liburan ini juga bisa kamu dapetin secara online dan polisnya langsung jadi. Kayak asuransi Jaga Liburan dari JAGADIRI

Kamu bisa daftar lewat website https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-liburan atau klik ”Jaga Liburan”

Asuransi liburan online ini preminya mulai Rp15.000,00. Terjangkau banget buat semua kalangan travellers. Mau flashpacker atau backpacker, perlindungannya tetep sama dan maksimal. Beli sekarang yuk!
 

Follow juga Instagram @jagadiri_id untuk dapetin info-info travelling dan spot liburan menarik di Indonesia. See you on IG!
 

Sumber:

https://catatanflashpacker.com/kamus-istilah-travelling-terlengkap/ 

https://kumparan.com/kumparantravel/mengenal-5-istilah-traveling-yang-perlu-diketahui-kamu-yang-mana-1vCTGIpGLeD 

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-liburan

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1