Article

5 Tanda Toxic Financialship dalam Hubungan Romantis

14:02, 18 April 2022

06 900x600  1

Pernah Alamin Juga Nggak?

 

Teman JAGADIRI udah pernah denger toxic financialship belum? Selain toxic relationship, toxic financialship perlu kamu ketahui, karena ini sering banget terjadi pas masa bucin-bucinnya. Yuk cari tau bareng Jadimin!


Sekilas tentang toxic financialship
Dirangkum dari berbagai sumber, toxic financialship merupakan hubungan keuangan beracun yang ngelibatin salah satu pihak untuk diandelin secara finansialnya. Salah satu pihak ini harus ngelakuinnya di luar batas kewajaran dan di luar batas kemampuan. 

Nah, gara-gara bucin, kadang tuh Teman JAGADIRI sering nggak ngerasa berat atau beban, soalnya kamu ngelakuinnya dengan sukarela. Padahal mah nggak juga kan? Bakal kesel kan? Menggerutu gitu kan? Hayo hayo ngaku gaes. 

Secara mudahnya, toxic financialship ini ngegambarin satu orang yang matre, baik itu perempuan atau laki-laki. Jadi kalo misalnya pasangan kamu kebanyakan manfaatin keuangan kamu karena kamu mampu atau superior dari segi keuangan, tiati aja deh gaes. 

Contoh gampangnya sih pas jalan bareng pacar, terus pasangan kamu udah berani minta dibayarin ini itu, mending kamu pikir ulang deh. 


Sumber: Twitter @tradingforlyf 
 

Tanda-tanda toxic financialship
Untungnya, kamu bisa kenalin tanda-tanda toxic financialship lewat pembahasan berikut ini. 
 

1. Boros dan sering beli sesuatu pake duit kamu
Pasangan kamu boros? Pasangan kamu sering minta di-check out-in belanjaan pake duit kamu? Waduh duh. Mulai dari makan sampe bayar parkir, selalu pake duit kamu dengan alasan nggak bawa dompet, Jadimin bakal ngerasa “wah boncos nih gue lama-lama.” 

Iya nggak iya nggak? 

Hayo ngaku. 

 

2. Bela-belain bohong
Pasangan atau pacar kamu mau minjem duit, kamu sampe bela-belain bohong ke orang tua? Big no no ya. Amit-amit kalo uang yang dipinjemin dari orang tua, dipake pacar untuk hal-hal yang unfaedah atau ngerusak dirinya. Duh kalo kamu tau nih, bakal nyesek sih. 

Nggak sehat ini, Teman JAGADIRI. Sebaiknya sih tolak ya, gaes. 

 

3. Jual barang pribadi demi ayang
Masih inget dengan meme ayang yang sempet rame di Twitter seperti ini? 


Sumber: Twitter @juyeonsoloo 

Jangan karena demi pacar atau pasangan tercinta, kamu jadi ngorbanin semuanya, termasuk jualin barang pribadi kamu untuk dia. Waduh, nggak banget. Soalnya kan kamu waktu itu beli pake uang kamu, bukan dia. 

Dalam keadaan kayak gini, kamu bakal ngerasa kebahagiaan pasangan dalam hal materi akan bikin dia bahagia. Padahal kan, nggak. Kebahagiaan itu, kamu yang tentuin. 

 

4. Pacar ngutang dan nggak bayar-bayar
Kondisi kayak gini sih paling ngeselin, pasangan ngutang dan nggak bayar-bayar. Kadang-kadang, yang ngutang malah lebih galak. Kok bisa ya, Teman JAGADIRI?

 

Sumber : Twitter @convomf 

Ini juga yang bisa menjadi salah satu tanda kamu lagi ngalamin toxic financialship. Kamu udah terbiasa tergantung sama dia, dan dia juga cenderung gampangin kamu dan nggak bakal pernah lunasin utangnya. 

 

5. Barang yang kamu kasih, dijual lagi sama pacar
Tanda ini menjadi tanda terakhir dari toxic financialship. Soalnya, kamu bakal ngerasain nyesek se-nyesek-nyeseknya. Bahkan, barang-barang yang kamu berikan dan itu terbaik dari kamu, bisa aja dijual untuk kepentingan pribadinya dia. Berasa, nggak dihargain gitu nggak sih gaes? 

Nggak cukup minjem duit, jual barang pemberian kamu jadi jalan ninjanya. Dan dia nggak nyesel dan malah bahagia ngelakuin itu. Duh nggak banget deh gaes. Cepat-cepat keluar dari keadaan ini, segera. 

 

Cara ngatasin toxic financialship
“Terus gimana donggg Jadimiiinnn?? Gue harus gimanaaa?”

Teman JAGADIRI udah nonton film The Tinder Swindler di Netflix? Nah film ini juga ngegambarin gamblang keadaan toxic financialship. 

Dikutip dari berbagai sumber, Jadimin bakal bagi-bagi cara ngatasin toxic financialship. Yuk kita bahas satu-satu!

a. Diskusiin baik-baik kondisi keuangan kalian
Kalo masih memungkinkan, coba deh diskusiin baik-baik kondisi keuangan kalian. Siapa tau ada yang perlu dievaluasi dan ada yang perlu ditambah pemasukannya. 
 

b. Tetapin tujuan keuangan
Dalam jangka waktu tertentu, apa aja nih yang pengen kalian capai tujuan keuangannya? Yuk obrolin bareng-bareng, jadi kamu dan pasangan nggak saling beratin. 

Baca juga: 3 Jenis Harta Setelah Menikah yang Harus Kamu Tau, Apa Aja? 
 

c. Ajak pasangan lebih melek money personality
Biar sama-sama lebih kenal secara intim, ajak pasangan kamu biar lebih melek dari segi money personality. Money personality bakal nunjukin kayak gimana sih kepribadian pasangan ketika berhubungan dengan urusan finansial. 

Pahami pandangan dan perilaku satu sama lain. Saling terbuka dan transparan dibutuhin, hindari judgement karena keputusan keuangan masing-masing berbeda. 
 

d. Kenalin kebutuhan vs keinginan
Kenalin kebutuhan dan keinginan akan bantu kamu dan pasangan lebih aware sama pengeluaran tiap bulan. Hasilnya, kamu dan pasangan bakal ngerem pengeluaran yang nggak terlalu penting. 
 

f. Akhiri hubungan
Kalo udah parah banget, nggak bisa diperbaiki, dan kamu sampe ngalamin emotional and mental damage, lebih baik akhiri hubungan. 

Kesehatan mental dan fisik kamu lebih utama ketimbang dia. Selalu prioritasin diri kamu ya, Teman JAGADIRI!

Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus!
 

Sumber:

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-5044301/lebih-bahaya-toxic-relationship-atau-toxic-financialship-1 

https://journal.sociolla.com/lifestyle/hubungan-toxic-financialship 

https://twitter.com/Akseleran/status/1491726135444467716/photo/4 

https://pluang.com/id/blog/resource/tips-finansial-toxic-financialship

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square