Article

6 Cara Kumpulin 100 Juta Pertama

15:21, 22 April 2021

Apr 2021 07

Secara Santai dan Mindful

Usia 20-an udah punya uang 100 juta? Tampaknya impossible, karena jalan hidup, status sosial, pekerjaan orang beda-beda. Kamu masih bisa wujudin kok dengan 6 cara yang santai dan mindful ini.

 

1. Jajan kopi? Kurangin dulu

Coba cek di gadget kamu, berapa sih harga segelas kopi kekinian? Baik itu saat minum di kafe, take away atau bungkus, dan delivery lewat ojek online atau kurir. Rentang harganya mulai dari Rp15.000 – Rp60.000, tergantung kafe dan gerainya.

 

Lalu hitung biayanya saat kamu konsumsi. Kalikan 30 hari kalo kamu termasuk orang yang rutin minum. Kaliin juga dalam 1 tahun. Jadi berapa ya totalnya?

 

Sst, kamu akan kaget, ihihi! Kalo dihitung-hitung, lumayan loh biaya jajan kopi dipake hal lain.

 

2. Order makan online pas butuh dan mendesak aja

Selain kopi kekinian yang sebenernya rasanya itu-itu aja tapi promonya kenceng bener, juga ada order makanan online. Baik lewat ojek online, layanan delivery dari resto, atau online marketplace.

 

Dari yang sederhana, kayak nasi ayam atau kentang goreng hingga donat, kebab, atau dessert box. Harganya juga beragam, varian rasanya bikin ketagihan. Boleh lah sebagai self-reward atau cemilan pas lagi bosen.

 

Tapi, kalo dihitung selama 30 hari dan 1 tahun, totalnya jadi berapa ya? Hm… kamu pernah ngerasa boncos nggak pas ketagihan order makanan online?

 

Sebaiknya sih, pesan makanan online pas butuh dan mendesak. Misalnya lagi mati lampu atau nggak pegang duit tunai (cash). Boleh lah sesekali gaes.

 

3. Belanja online seperlunya, bukan gara-gara laper mata

Tiap awal atau akhir bulan, online marketplace emang gencar betul promonya. Kamu yang sering nyimpen barang di wishlist atau ngebiarin barang di troli, jadi kepancing nih untuk check out.

 

Kamu bisa mulai kurangin distraksinya. Misalnya matiin notifikasi atau berhenti newsletter di email. Atau kalo mau lebih niat, uninstall aplikasinya. Jadi, pas belanja, kamu buka lewat laptop dan akan lebih terencana belanjanya.

 

Coba deh hitung per bulan, dalam 1 tahun, bakal kerasa deh hematnya.

 

Baca juga: 5 Recehan yang Bisa Nyadarin Kamu Soal Finansial, Cek!

 

4. Catet pengeluaran dan pemasukan

Kunci dapetin duit 100 juta pertama di usia muda adalah biasain nyatet pengeluaran dan pemasukan. Karena cara ini yang bisa bikin kamu waras atau mindful sama apa yang dibeli dengan barang yang kamu punya di rumah.

 

Nyatet pengeluaran dan pemasukan bikin kamu akan lebih nyantai mikirin target finansial. Kamu nggak harus ngotot punya 100 juta pertama di usia 25 tahun, kalo kamu baru kerja 2-3 tahun. Asalkan kamu tau gimana kondisi alur kasnya (cashflow) dan sadar barang yang kamu punya dimanfaatin apa aja.

 

Jadi, nggak ada lagi barang atau makanan yang mubazir, dan sekali pake karena bosen kan?

 

5. Sisihin biar punya pegangan

Sisihin ya gaes, beda sama sisain. Sisihin itu maksudnya misahin uang ke pos-pos tabungan setelah dapetin gaji, termasuk dana darurat. Sementara sisain, artinya kamu belanjain dulu, baru deh ditabung.

 

Nyisihin uang bikin kamu lebih perhitungan sama bujet yang akan dikeluarin. Kamu jadi lebih tau kondisi kapan harus ngeluarin uang banyak, hemat, nabung, dan investasi.

 

Coba deh sisihin gaji bulanan kamu ke pos-pos keuangan yang pengen kamu capai selama 3 bulan. Kalo konsisten, tambah 6 bulan, dan seterusnya. Bakal nggak nyangka deh hampir mencapai 5 juta, 10 juta atau 50 juta pertama kamu.

 

6. Investasi ke instrumen yang kamu ngerti banget

Cara terakhir adalah investasi ke instrumen yang kamu ngerti banget. Di Indonesia, ada beragam instrumen investasi yang bisa dicoba. Misalnya reksa dana, saham, obligasi, sukuk, P2P Lending, dan mata uang kripto (cryptocurrency).

 

Sekarang, pilihlah instrumen yang kamu paham betul. Katakanlah kamu ngerti reksa dana saham. Lalu kamu udah tau produk dan return yang sesuai sama goals, kenal manajer investasi yang bagus, dan paham isi dana kelolaan beserta portofolionya. Berarti, kamu lanjutin aja investasinya per bulan.

 

Dapetin 100 juta pertama emang nggak instan ya?

Tentu. Apa yang digembor-gemborin di medsos itu baru permukaannya aja. Yang perlu diingat, selama kamu masih kerja dan produktif, pastiin juga kamu tetep sehat dan punya perlindungan asuransi online terbaik.

 

Biar nggak bebanin pengeluaran, pilihlah asuransi premi terjangkau. Jadi sambil kumpulin 100 juta pertama, bayar premi asuransinya tetep murah dan nggak ganggu pengeluaran. Cuma Rp23 ribu/bulan, kamu masih bisa nabung, punya dana darurat, atau investasi. Beli di sini yuk biar makin hemat!

 

Udah siap dapetin 100 juta pertama kamu? Tambah penghasilan kamu juga ya! Follow Instagram @jagadiri_id dan dapetin tips keuangan ala Jadimin. You can do it guys!

 

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square