Article

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Buah-Buahan

10:00, 27 September 2022

07 1980x1080  5

Buah yang Menurunkan Kolesterol

 

Mengatasi kolesterol tinggi bisa dimulai sejak dini. Melalui pola makan sehat, kamu bisa coba konsumsi buah-buahan ini untuk turunin kolesterol. Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi dengan buah-buahan. 

Kenapa buah-buahan bisa turunin kolesterol? 

Dirangkum dari laman Hellosehat, buah-buahan punya kandungan serat yang larut air. Selain itu, kandungan pektin bisa bantu nyerap lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah. Untungnya juga, buah-buahan juga bisa ningkatin kadar kolesterol baik yang bisa lancarin aliran darah dari jantung. 

Baca juga: 5 Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Nah, buah-buahan berikut ini bisa bantu kamu mengatasi kolesterol tinggi. Yuk cek buah-buahannya berikut ini! 
 

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan buah-buahan 

Mau tau cara mengatasi kolesterol tinggi dengan buah-buahan? Yuk coba buah-buahan terjangkau dan gampang ditemui ini!

1. Alpukat

Buah alpukat kaya asam lemak tak jenuh tunggal. Artinya, kandungan ini bisa ningkatin kolesterol baik. Nggak hanya itu, alpukat juga mengandung beta-sitosterol yang bisa bantu turunin penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan. 

Kamu bisa campur alpukat ke salad atau blender sebagai jus. Sudah makan alpukat hari ini, Teman JAGADIRI?

2. Apel

Berikutnya apel. Buah satu ini kaya kandungan pektin di bagian kulitnya. Pektin akan nyerap kolesterol dan lemak jenuh di usus halus. Sehingga terbuang dalam bentuk urin dan feses. 

Di samping itu, apel juga ngenyangin banget, Teman JAGADIRI. Berkat kandungan seratnya, kamu jadi nggak craving atau ngidam makanan kurang sehat. Oh iya, ada polifenol juga di buah apel. Kandungan ini mampu kurangi peradangan yang bisa sebabin radikal bebas.

Jadi gimana, Teman JAGADIRI suka makan apel? 

3. Jambu Biji

Nggak hanya apel, jambu biji juga oke banget kamu konsumsi. Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan jambu biji dibilang ampuh. Soalnya jambu biji mengandung kalium, serat, aneka vitamin, dan zat antioksidan. 

Zat-zat tersebut bisa hilangin kolesterol jahat, turunin tekanan darah, hingga lindungin jantung akibat radikal bebas. 

Kamu juga bisa konsumsi jambu biji dengan cara makan langsung, jus, atau campur dengan salad atau rujak. Wih enak banget pasti! 

4. Jeruk

Buah jeruk yang kaya vitamin C ini ternyata bisa menjadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Alasannya, jeruk mengandung serat larut air yang bisa ikat kolesterol. S

Selain itu, jeruk juga punya senyawa kimia d-limonene yang bisa ngehambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus sekaligus melarutkan kolesterol. 

Baca juga: 7 Supermarket Artsy dan Zero Waste di Jabodetabek

5. Pepaya

Selain jeruk, ternyata pepaya juga bisa loh mengatasi kolesterol. Pepaya kaya akan antioksidan dan aneka vitamin seperti vitamin A, C, dan E. 

Nah antioksidan pada pepaya akan bekerja dengan enzim paraxonase, yakni sebuah komponen protein yang terdapat pada molekul kolesterol baik. Enzim inilah yang bakal ngehambat pengendapan dan oksidasi kolesterol dalam darah. 

6. Pisang

Nggak hanya bikin kenyang, pisang juga bisa ngehilangin gumpalan lemak dari sistem pencernaan. Makanya pisang baik untuk mengatasi kolesterol. 

Ditambah lagi, pisang punya zat inulin, yaitu serat yang mampu meningkatkan aktivitas bakteri baik dalam saluran pencernaan. Jadi, zat-zat kolesterol dalam makanan bisa dikurangi oleh zat inulin, Teman JAGADIRI. 

7. Tomat

Mengandung aneka vitamin seperti A, B, C, dan K, ternyata tomat bisa nurunin kolesterol tinggi. Berkat senyawa likopen di dalamnya, tomat bisa nurunin kadar kolesterol jahat pada aliran darah. 

Ada lagi nih gaes, serat pada tomat juga bisa ningkatin kemampuan kolesterol baik biar kebal sama proses oksidasi. Artinya, tubuh jadi bakal lebih kuat dari radikal bebas. 
 

Nah, itulah cara mengatasi kolesterol tinggi dengan buah-buahan. Teman JAGADIRI suka konsumsi buah yang mana nih? 

Oh iya, selama menjaga kesehatan dan membangun pola makan yang bernutrisi seimbang, pastiin Teman JAGADIRI punya proteksi kesehatan ya! Misalnya Jaga Sehat Plus yang berikan perlindungan kesehatan dan jiwa dengan pengembalian premi 50%, baik ada klaim atau tanpa klaim. Wih! 

Jaga Sehat Plus juga punya fasilitas pembayaran cashless atau non-tunai di seluruh rumah sakit rekanan JAGADIRI di seluruh Indonesia. Kamu bisa cek Rumah Sakit Rekanan JAGADIRI di sini ya

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/5-buah-buahan-untuk-redakan-kolesterol-tinggi

https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/buah-penurun-kolesterol/ 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/ingin-turunkan-kolesterol-yuk-konsumsi-buah-buahan-ini 

https://www.alodokter.com/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-yang-perlu-anda-ketahui 

http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2403/2/18_P0200314401_disertasi(FILEminimizer)%20...%20ok%201-2.pdf 

https://www.halodoc.com/artikel/buah-buah-ini-bisa-bantu-turunkan-kadar-kolesterol 

https://media.neliti.com/media/publications/92509-ID-pengaruh-pemberian-pisang-kepok-musa-par.pdf

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1