Article

Cara Praktis Menurunkan Tensi Tinggi Menjadi Normal, Gampang Terapin di Rumah!

15:06, 23 September 2022

04 1980x1080  8

Cara Menurunkan Tensi Tinggi dari Rumah

 

Cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal itu banyak. Tapi, manakah yang lebih praktis dan bisa diterapin di rumah? 

Kali Ini Jadimin ngerangkum cara-cara praktis menurunkan tensi tinggi menjadi normal. Mulai dari yang termudah dan di rumah aja. Yuk coba! 
 

Cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan praktis

Dirangkum dari berbagai sumber, seenggaknya terdapat belasan cara untuk nurunin tensi tinggi. Namun cara-cara berikut ini cenderung tanpa menggunakan obat. Kok bisa? 

Iyap tentu bisa, Teman JAGADIRI. Soalnya 5 cara berikut bisa kamu lakukan sehari-hari. 

1. Jalan kaki

Memang sih olahraga teratur bisa nurunin tekanan darah. Tapi Teman JAGADIRI sering mager nggak sih kalo olahraga takes more effort than the consistency? Kalau iya, berarti udah saatnya kamu coba jalan kaki. 

Jalan kaki adalah olahraga termudah yang bisa kamu lakuin kapan aja. Contoh paling sering adalah ketika kamu pergi dan pulang dari tempat kerja. Kamu pindah ke halte atau stasiun transit, tentu kamu perlu jalan kaki kan? 

Untuk nurunin tensi tinggi menjadi normal, berapa sih jumlah minimal langkah kaki per hari? Sebenernya nggak ada rekomendasi pasti. Namun, jumlah langkah ideal ini perlu disesuain sama usia dan kondisi kesehatan kamu. Seenggaknya kamu bisa coba jalan kaki sekitar 2.000 langkah sampai 10.000 langkah sehari deh. 
 

2. Relaksasi

Relaksasi, meditasi, ecotherapy, yoga, atau bahkan beribadah dengan gerakan tertentu juga bisa melemaskan otot tubuh yang tegang, sekaligus redain stres yang merupakan pencetus tensi tinggi. 

Baca juga: Serba-Serbi Ecotherapy, Nenangin Jiwa di Tengah Sibuknya Dunia

Dilansir dari laman Healthline, terapi hijau atau ecotherapy adalah sebuah cara untuk deketin diri ke alam dan bumi. Cara ini bisa ngasih dampak baik ke kesehatan, khususnya pada jiwa dan tubuh. Relaksasi dengan ecotherapy bisa Teman JAGADIRI lakukan di rumah, caranya berupa: 

  • Berkebun atau bertanam di rumah. 

  • Main dengan hewan peliharaan

  • Meditasi dan yoga di luar ruangan, misalnya teras rumah atau balkon.

  • Atau bisa juga sesimpel ngelamun dekat jendela, untuk menepi sejenak dari rutinitas. 

Cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal jadi lebih mudah dengan ecotherapy. Selain itu manfaat juga baik untuk ningkatin kinerja sistem imun, ngelatih panca indera, jernihin pikiran dan naikin mood. Mau coba? 
 

3. Konsumsi makanan berkalium, rendah kolesterol, dan tinggi serat

Di samping aktif bergerak dan relaksasi, Teman JAGADIRI juga perlu imbangin dengan konsumsi makanan dan minuman sehat. Misalnya makanan yang kaya kalium, magnesium, kalsium, rendah kolesterol, serta tinggi serat. 

Makanan tersebut mudah dicari dan terjangkau. Pastiin bahan-bahan tersebut segar dan nggak mengalami proses pengawetan. Misalnya seperti alpukat, pisang, tomat, kentang, aneka ikan laut. 

Direkomendasiin juga konsumsi makanan dan minuman berserat tinggi dan rendah kolesterol, misalnya seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. 

Agar lebih efektif, batasin konsumsi garam dan turunannya (sodium atau natrium) serta gula yang bisa naikin tekanan darah lebih cepat. Lakukan diet rendah garam tiap hari. 
 

4. Kontrol berat badan

Bisa dibilang, perjalanan mencapai berat badan ideal seseorang adalah unik. Namun untuk kesehatan, nurunin berat badan tetep diperlukan demi menurunkan tensi tinggi menjadi normal. 

Terus gimana dengan Teman JAGADIRI yang nggak termasuk obesitas? Kamu bisa lakukan kontrol berat badan ideal. Cara ini bisa menurunkan tensi tinggi menjadi normal. 
 

5. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Jadimin yakin, bagian terakhir ini adalah part paling sulit dilakukan, khususnya buat Teman JAGADIRI sebagai social smoker biar luwes di tongkrongan. 

Sayangnya, merokok dan konsumsi alkohol cenderung lebih cepat naikin tensi. Bahkan lebih berisiko mengalami penyakit jantung, stroke, dan penyakit hati. 

Masih ada kesempatan kok untuk ngurangin adiksi rokok dan alkohol, caranya dengan kurangi dosis perlahan. Soalnya kalo sekaligus stop, bakal pusing banget nggak sih?
 

Dimulai dari rumah, lindungin keluarga dengan asuransi kesehatan

Yup, karena semua dimulai dan diakhiri di rumah, cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal bisa kamu coba di keluarga. Pastiin juga kamu dan keluarga punya perlindungan asuransi kesehatan seperti Jaga Sehat Keluarga

Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI adalah auransi keluarga yang cuma bayar satu premi bisa lindungin 5 orang anggota keluarga yang tercatat di Kartu Keluarga. Kamu nggak mesti cek kesehatan, bahkan bisa cover semua penyakit. Preminya mulai Rp280.000,00, benefit asuransinya: 

  • Santunan perawatan RS dari Rp300.000,00 s/d Rp900.000,00 per hari akibat sakit atau kecelakaan. 

  • Santunan pembedahan mulai dari Rp6.000.000,00 s/d Rp18.000.000,00 per pembedahan per tertanggung akibat sakit atau kecelakaan. 

  • Santunan rawat jalan Rp300.000,00 s/d Rp500.000,00 per kunjungan rawat jalan. 

  • Gratis e-voucher di merchant terpilih tiap bulan. 

  • Pengembalian premi 25% dari premi tahunan jika nggak ada klaim. 

Beli sekarang!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/menghitung-langkah-saat-berjalan-kaki/ 

https://health.kompas.com/read/2021/07/10/180000068/13-cara-alami-turunkan-tekanan-darah-tinggi-tanpa-obat?page=all 

https://www.alodokter.com/ingin-menurunkan-tekanan-darah-ikuti-langkah-langkah-berikut-ini 

https://www.halodoc.com/artikel/cara-menurunkan-tensi-tinggi-menjadi-normal-dengan-aman 

https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/cara-menurunkan-tekanan-darah/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square