Article

Pengertian Asuransi, Manfaat, Harga Premi, dan Cara Klaim

14:52, 24 June 2022

07 1980x1080  3

Yuk Kenali Asuransi Penyakit Kritis

 

Pengertian asuransi penyakit kritis lebih spesifik dibanding asuransi kesehatan. Kadang, jenis asuransi ini bisa nanggung biaya di luar biaya rumah sakit. Penasaran? Yuk kita bahas, Teman JAGADIRI! 

Pengertian asuransi penyakit kritis

Dirangkum dari berbagai sumber, pengertian asuransi penyakit kritis adalah asuransi kesehatan yang ngebantu kamu dalam masalah finansial saat perawatan penyakit berat tertentu yang tertera di polis. Bisa dibilang, penyakit kritis/berat itu nggak semua di-cover dan tergantung kebijakan asuransinya. 

Tapi nggak masalah kok Teman JAGADIRI. Hal yang perlu kamu perhatiin adalah highlight atau tandain penyakit-penyakit yang biasa di-cover atau ditanggung asuransi. Di sini kamu perlu ngebandingin produknya, mengingat produk asuransi penyakit kritis nggak sebanyak produk asuransi kesehatan secara umum. 

Penyakit yang ditanggung asuransi penyakit kritis

Seenggaknya ada sekitar 60 jenis penyakit atau lebih yang terdiri dari penyakit kritis mayor dan minor. Jadimin mau ngasih tau kamu dulu nih, kalo list penyakit tersebut tergantung pada kebijakan asuransinya. So, pastiin double check isi polisnya ya! 

Secara umum, penyakit kritis yang sering terjadi seperti jantung, diabetes, gagal ginjal, kanker, dan gangguan paru-paru bisa ditanggung asuransi penyakit kritis. Nah gimana dengan penyakit lainnya? Ini tergantung sama asuransinya gaes. 

Jadimin ambil contoh Jaga Sehat Keluarga, Jaga Sehat Plus, dan Jaga Sehat Pilihanku dari JAGADIRI. Ketiganya adalah asuransi kesehatan, tapi di isi polisnya, tertera penyakit: 

  • HIV

  • AIDS

  • ARC (AIDS Related Complex) 

  • Infeksi oportunistik

  • Tumor ganas terkait HIV, AIDS, atau ARC

Penyakit-penyakit ini masuk dalam santunan harian rawat inap akibat sakit atau kecelakaan sebagai benefit atau manfaat pertanggungan. 

Terus apa aja dong Jadimin manfaat asuransi penyakit kritis? 
 

Manfaat asuransi penyakit kritis

Manfaat atau keuntungan punya asuransi penyakit kritis adalah kamu bisa dapet jaminan bantuan medis. Sehingga, kamu punya kesempatan besar untuk pulih dari penyakit kritis. 

Di samping itu, kamu juga bakal dapet santunan ketika meninggal dunia. Nah santunan ini secara umum termasuk ditanggung oleh asuransi. 

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis pada dasarnya juga ngebantu kamu untuk atur keuangan dan cegah risiko kerugian finansial akibat perawatan di rumah sakit. Dari asuransi inilah kamu dilatih untuk disiplin nyiapin dana darurat, biaya di luar perawatan rumah sakit, premi asuransi dan sejenisnya. Ketika meninggal dunia, asuransi yang nanggung biaya rumah sakit mulai dari rawat inap, rawat jalan, atau pembedahan (*tergantung polisnya). 

Hasilnya, kamu bakal lebih tenang deh untuk ngadepin kejadian nggak terduga. 

Baca juga: Review Biaya Premi Asuransi Kesehatan JAGADIRI, Ramah di Kantong Nggak Ya? 
 

Harga premi asuransi penyakit kritis

Berapa sih harga premi asuransi penyakit kritis? Dirangkum dari berbagai sumber, harga premi asuransi penyakit kritis ada yang di bawah Rp50.000,00 per bulan. Lagi-lagi, harga premi juga tergantung sama asuransinya dan kondisi kamu ya, Teman JAGADIRI. 

Cara klaim asuransi penyakit kritis

Jadimin, gimana sih cara klaim asuransi penyakit kritis? 

Dirangkum dari laman Lifepal, cara klaim asuransi penyakit kritis umumnya beda-beda tiap asuransi. Secara umum, berikut cara klaimnya: 

  • Lengkapin formulir pengajuan klaim yang bisa kamu unduh di situs resmi asuransi terkait. 

  • Isi detail informasi berupa nomor KTP/paspor, nomor polis, nama pemegang polis, dan informasi terkait. 

  • Sertain dokumen asli, rekaman medis, dan tagihan rumah sakit. Kalo kamu rawat inap, sertain juga resep asli, tagihan asli rumah sakit, dan rekam medis dari dokter. 

  • Sertain dan lengkapin semua dokumen yang diminta asuransi, masukin juga formulir pengajuan klaim. Kemudian, kirim ke agen atau kantor asuransi yang kamu tuju. 

Nah itulah pembahasan tentang pengertian asuransi penyakit kritis, mulai dari manfaat, harga premi, dan cara klaimnya. Cari tau lebih lengkap asuransi kesehatan di website JAGADIRI yuk! 
 

Sumber:

https://duwitmu.com/asuransi/perlu-asuransi-penyakit-kritis-bpjs 

https://hellosehat.com/sehat/asuransi/perlukah-memiliki-asuransi-penyakit-kritis/ 

https://lifepal.co.id/asuransi/penyakit-kritis/ 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square