Article

Gejala dan Penyebab Jantung Bengkak yang Perlu Kamu Waspadai

13:25, 2 January 2023

05 1980x1080  9

Gejala Ini Ada Di Kamu Gak Ya?

 

Jantung bengkak atau kardiomegali adalah pembengkakan jantung yang ngebuat ukurannya jadi lebih besar daripada ukuran jantung yang normal. Pembesaran jantung bisa disebabkan dari kondisi jantung memompa darah lebih keras dari biasanya dan akhirnya ngerusak otot jantung, contohnya pas kamu lagi berolahraga berat apalagi dibarengin sama intensitas yang rutin.

Meskipun gak selalu disebabkan sama penyakit, tapi pembengkakan jantung juga bisa jadi tanda dari kondisi penyakit yang lebih serius loh. Kalau otot jantung membengkak, fungsi jantung akan melemah dan gak bisa mompa darah ke seluruh tubuh. Akibat dari pembengkakan jantung bisa berupa gagal jantung atau aritmia (detak jantung yang gak normal). Makanya, kalau gejala jantung bengkak muncul, Jadimin saranin buat kamu segera dapetin pertolongan medis ya gaes! 

 

Gejala Jantung Bengkak

Sebelum kamu tau penyebab jantung bengkak, ada baiknya kamu tau juga gejala jantung bengkak yang perlu kamu waspadai. Kamu wajib segera dapetin pertolongan medis kalau ngalamin gejala ini ya gaes:

  • Detak jantung jadi lebih cepat;

  • Kaki, lutut, dan pergelangan kaki jadi bengkak;

  • Pusing sampe pingsan;

  • Sesak atau batuk pas lagi berbaring;

  • Lebih kerasa capek dan lemes;

  • Gak bisa bernapas dengan baik;

  • Rasa gak nyaman dan kerasa ada tekanan di bagian dada.

Sebenernya pembengkakan jantung bukannya kondisi yang gak bisa dihindari. Kamu bisa terhindar dari risiko ini dengan cara nerapin gaya hidup yang lebih sehat. Terus, kamu bisa mulai juga buat ninggalin kebiasaan buruk contohnya berhenti merokok, ngebatesin konsumsi alkohol, dan males berolahraga.
 

Penyebab Jantung Bengkak 

Jantung bengkak bisa terjadi karena adanya pembengkakan di otot jantung yang diakibatkan oleh otot jantung yang mompa darah begitu keras. Kalau ini terjadi terus-terusan, kemampuan jantung bisa jadi melemah akibatnya bisa bikin pembengkakan kalau gak cepet ditangani. Kalau gak cepet ditangani, kondisi ini bisa nimbulin bahaya buat kesehatan. Buat ngatasin kondisi ini, kamu perlu tau dulu apa aja penyebab jantung bengkak yaitu: 

  1. Tekanan Darah Tinggi 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bikin jantung kerja keras buat mompa darah ke seluruh tubuh. Kalau ini terjadi terus-terusan, kondisi ini bisa bikin jantung jadi bengkak. Terus, tekanan darah tinggi bisa bikin bilik atas jantung dan bilik jantung kiri jadi besar akhirnya otot jantung pun bisa lemah. Pemicu tekanan darah yang tinggi di pembuluh darah juga bisa bikin jantung jadi lemah. Kondisi ini biasanya ditandai kalau ada tekanan darah tinggi di pembuluh darah tempat kehubungnya jantung dan paru-paru. Nah, karena itu jantung memompa darah lebih keras buat dipindahin antara paru-paru dan jantung. Akibatnya, bakalan terjadi jantung bengkak apalagi di bagian jantung yang sebelah kanan.

Baca Juga: Awas, Olahraga yang Dilarang buat Penderita Hipertensi
 

  1. Penyakit Katup Jantung 

Ada empat katup jantung buat mastiin aliran darah menuju ke arah yang benar. Kalau penyakit ini ada di salah satu katup, jadinya aliran darah bakalan kehambat dan bikin jantung harus bekerja keras buat mompa darah. Terus akhirnya kondisi ini bisa jadi penyebab jantung bengkak. Ini disebabkan salah satunya karena penyakit bawaan atau muncul sejak dalam kandungan. Banyak juga orang yang mengalami penyakit ini akibat kondisi kesehatan yang mempengaruhi ukuran atau fleksibilitas katup jantung mereka, seperti  misalnya karena penuaan, infeksi, gangguan imun, dan masalah jantung lain. 
 

  1. Serangan Jantung 

Kalau seseorang kena serangan jantung, jadinya bakalan terhambat penyebaran aliran darah ke otot jantung. Nah, dampaknya otot jantung bakalan jadi lemah dan bikin pembengkakan jantung. Pembengkakan tersebut bisa terjadi karena jantung berusaha terlalu keras buat memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, juga bisa terjadi karena pembuluh darah arteri yang tersumbat. Hal itu mencegah darah yang kaya oksigen dan nutrien menjangkau bagian jantung. Ketika darah tak sampai ke otot jantung, otot akan rusak dan akhirnya mati. 
 

  1. Penyusutan Aliran Darah Ke Jantung 

Kondisi penyusutan aliran darah ke organ tubuh tertentu sering disebut dengan iskemia. Kalau kondisi ini terjadi di jantung, sel-sel yang ada di organ jantung bakalan rusak dan bisa nurunin aliran darah ke jantung. Penyusutan alirah darah ke jantung bisa bikin jantung jadi sulit pas mompa darah. Biasanya iskemia terjadi karena banyak penumpukan plak di pembuluh darah. Jadinya aliran darah pun terhambat. Hal itu juga terjadi sangat perlahan, sehingga hampir tak disadari. Plak dan penumpukan di pembuluh darah tersebut bisa pecah dan membentuk gumpalan darah, kemudian menghentikan aliran darah secara tiba-tiba. 
 

  1. Kelainan Otot Jantung 

Kelainan otot jantung bisa dipicu dari jantung yang kesulitan buat mompa darah ke seluruh tubuh. Nah terus, pembengkakan jantung juga bisa kejadian kalau jantung berusaha terlalu keras buat mompa darah lebih banyak.

Jantung bengkak harus secepatnya diobati biar gak ngeganggu kondisi kesehatan. Kalau dibiarin, jantung bengak bisa nimbulin penyakit penggumpalan darah, gagal jantung, sampe kematian mendadak. 

Makanya Jadimin saranin buat kamu harus punya perlindungan asuransi jiwa dari JAGA JIWA XTRA yang punya manfaat yang banyak banget loh! JAGA JIWA XTRA lindungi jiwa kamu plus premi kembali maksimum 110% dari total premi yang dibayarkan asalkan gak ada klaim. Jiwa terlindungi, uang pun ga hilang, jadi gak rugi kan! Produk ini juga memberikan santunan meninggal dunia karena Corona Virus dengan masa tunggu 90 hari. Ayo tunggu apalagi? Asuransi jiwa yang bagus banyak untungnya cuma JAGA JIWA XTRA yang punya! 

Manfaat JAGA JIWA XTRA

  • Santunan Meninggal Dunia bukan akibat Kecelakaan sebesar Uang Pertanggungan.

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 2x uang pertanggungan

  • Premi kembali hingga 110% diberikan di akhir masa pertanggungan, dengan ketentuan :
    - 100% dari total premi yang harus dibayarkan untuk masa pertanggungan 5 tahun; atau
    - 110% dari total premi yang harus dibayarkan untuk masa pertanggungan 7 tahun
     

Sumber:

Anlene, 2021. 
https://www.anlene.com/id/ms/pembengkakan-jantung.html 

 

Kompas.com, 2020. 
https://health.kompas.com/read/2020/12/09/140500068/12-penyebab-jantung-bengkak-yang-perlu-diwaspadai?page=all 


SiloamHospitals, 2022. 
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/ini-gejala-jantung-bengkak-yang-harus-anda-waspadai

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp