Article

5 Risiko

09:23, 16 July 2021

Jun 2021 08

Kesehatan Main Game di Smartphone Terlalu Lama

Main game di ponsel nggak bakal kerasa kalo seru. Tapi kalo kelamaan, efeknya gimana ya, Teman JAGADIRI? Jadimin bahas 5 risiko kesehatan main game terlalu lama ini yuk!

 

1. Kecanduan

Main game yang berlebihan nggak gitu baik buat Teman JAGADIRI. Salah satu efeknya adalah kecanduan.

 

Rasa candu main game ditunjukkin dengan muncul obsesi bahwa kamu harus nyelesain misi game, ngumpulin poin atau skor sebanyak-banyaknya, atau menjadi yang paling unggul dalam gameplay tersebut.

 

Akibatnya, kamu bela-belain ninggalin aktivitas rutin (mandi, makan, minum, ibadah) dan pekerjaan demi game. Ketika kamu jeda sejenak dari game, kamu jadi kurang fokus dan terus-terusan inget main game. Nggak jarang, kamu ngerasa stress dan cemas berlebihan kalo nggak nyentuh game seharian. Iya nggak?

 

Dikutip dari situs Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) netapin kecanduan main game online sebagai salah satu penyakit gangguan mental (mental disorder).

 

2. Penggumpalan darah

Main game online dari HP dan komputer, enaknya sih duduk lama-lama. Mungkin kamu bakal gerak pas ke toilet, makan, mandi, atau ibadah aja, iya nggak? Tapi ternyata, kebanyakan duduk bisa micu penggumpalan darah di jantung dan otak.

 

Dilansir dari situs Klikdokter.com, penggumpalan darah ini bisa terjadi karena darah di tubuh lebih banyak diam di bawah. Sementara, tubuh kita dirancang untuk ngikutin gravitasi, termasuk aliran darah di vena. Hasilnya, jika terus-terusan duduk, darah bisa ngegumpal dan nyumbat jantung atau otak.

 

Penyakit yang muncul gara-gara penggumpalan darah yakni trombosis vena. Waduh gaes! Kalo dari Jadimin sih, sesekali kamu stretching (peregangan) atau jalan-jalan kecil untuk ngurangin pegel dan lancarin aliran darah yuk!

 

Baca juga: 5 Jaga Diri dari K.O Gaming

 

3. Gangguan penglihatan

Nggak hanya penggumpalan darah di area tertentu, main game terlalu lama juga ngaruh ke risiko kesehatan mata kamu.

 

Iya sih, main game emang ngilangin jenuh dan bosen. Tapi, mata kamu juga perlu istirahat biar otot matanya nggak terlalu tegang dan kelelahan.

 

Main game online di HP selama berjam-jam bisa ningkatin risiko gangguan penglihatan. Salah satunya adalah glaukoma. Gejala glaukoma ditandain dengan:

- Mata kemerahan

- Sakit mata

- Penglihatan hilang saat lihat ke arah tepi atau samping

- Ngelihat lingkaran cahaya di sekitar lampu

- Muncul penglihata sempit (tunnel vision)

 

Gejala ini muncul karena saraf mata kamu tegang dan letih. Karena terlalu intens main game dan kena paparan sinar biru dari layar smartphone, saraf mata jadi mati (atrofi). Jadi, gimana dong?

 

Kamu bisa istirahatin mata selama 20 menit sambil gerak badan. Bisa juga jalan-jalan keluar rumah, paling mentok ke halaman saja kalo emang pengen ngejar game sampai selesai. Jangan lupa, kedipin mata kamu selama 20 detik biar rileks kembali.

 

Baca juga: Hobi Nge-Game, Yuk Kenali 4 Penyakit yang Jarang Dicover Asuransi

 

3. Cedera di area ibu jari dan pergelangan tangan

Saat main game, area tangan beserta ibu jari, pergelangan tangan, dan 10 jarinya itu aktif. Khususnya jika kamu main game di komputer. Namun beda kalo kamu main game di smartphone, ibu jari kamu bakal lebih intens mencet-mencet layarnya.

 

Ternyata, anggota tubuh ini rentan cedera loh gaes. Seperti di area ibu jari. Terlalu sering nekan tombol atau layar saat main game bikin area pangkal ibu jari jadi bengkak. Ini karena tendon, jaringan ikat yang ngehubungin otot dan tulang kamu lagi meradang. Kondisi ini dinamakan De Quervain’s Tenosynovitis.

 

Sementara itu, area pergelangan dan jari-jari tangan juga rawan karena aktif pas nge-game. Gejala umumnya sih dari kesemutan. Perlahan, mengarah ke nyeri, lemah otot, hingga mati rasa di malam hari.

 

Penyebabnya karena posisi ngetik dan megang mouse saat gaming nggak seimbang. Makanya kalo duduk dalam jangka waktu lama, area tangan kamu bisa terjadi penyempitan saraf. Kondisi ini disebut Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

 

4.  Gangguan tidur

Main game udah terlanjur keasyikan, tapi malam udah tiba? Saatnya tidur. Bentar-bentar, kenapa mata masih tetap melek ya?

 

Gangguan tidur udah jadi kondisi yang bikin kamu nggak nyaman selama kecanduan main game online. Ditambah lagi, smartphone kamu diletakkan persis di sebelah kasur atau bantal. Selalu aja ada godaan untuk unlock screen dan lanjut main.

 

Gara-gara pancaran sinar biru (bluelight) dari layar smartphone, produksi melatonin, hormon yang ngontrol siklus tidur, jadi ketahan. Makanya, usai main game di smartphone, kamu susah tidur dan melek lagi matanya.

 

Akibatnya, kualitas tidur kamu menurun. Badan nggak segar pas bangun pagi. Waduh!

 

5. Gangguan otot leher

Keseringan nunduk ke bawah pas main game, lama-lama bikin otot leher tegang. Kamu pernah ngerasainkan kan leher jadi kaku dan nyeri? Kondisi ini disebut Text Neck Syndrome yang Jadimin rangkum dari situs Alodokter.com.

 

Main game emang berisiko, tapi kamu bisa lindungin diri dengan asuransi online

Soalnya, asuransi online juga ada loh perlindungan khusus untuk gamers dan atlet ESport. Misalnya Jaga Gamers dari Asuransi JAGADIRI. Asuransi murah ini cuma Rp10.000,00 aja, kamu udah dapet proteksi dan santunan terdiagnosa penyakit:

- Glaukoma (kerusakan saraf mata)

- Cardiac arrest (gagal jantung)

- Carpal tunnel syndrome (kelainan pada saraf pergelangan tangan)

- De quervain’s tenosynovitis (peradangan pada bagian dasar ibu jari)

 

Daftar di website JAGADIRI, polis asuransi murah kamu langsung aktif deh. Nggak perlu pemeriksaan kesehatan pula. Yuk yuk beli sekarang! Follow Jadimin juga yaa di Instagram @jagadiri_id.

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/hati-hati-menggunakan-ponsel-berlebihan-bisa-memicu-penyakit-ini

https://health.kompas.com/read/2020/01/25/073300368/4-bahaya-game-online-untuk-kesehatan-dari-kecanduan-hingga-obesitas?page=all

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3641181/waspada-kelamaan-main-game-saat-karantina-picu-penggumpalan-darah

https://www.jagadiri.co.id/news/5-Jaga-Diri-dari-K-O-Gaming-Gampang-Dipraktekin

https://www.jagadiri.co.id/news/Hobi-Nge-Game

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square