Article

Jaga-Jaga Keselamatan Di Jalan Cek! Ini Cara Baca Kode Ban Kendaraan, Apakah Sudah Waktunya Ganti?

17:07, 14 May 2024

17 jaga jaga keselamatan di jalan cek  ini cara baca kode ban kendaraan  apakah sudah waktunya ganti  1980x1080

Cara Baca Kode Ban dan Kode Produksi Ban

 

Kamu tahu nggak sih kalau pada ban kendaraan ada kode yang bisa nunjukin durasi dari ban tersebut. Tapi memang kebanyakan orang tidak terlalu paham soal kode ini. Padahal dengan tahu arti kode tersebut, ini bisa bantu kamu tahu kapan waktu yang tepat buat ganti ban. Kalo kamu belum tahu, di sini bakal dijelasin gimana cara baca kode ban mobil.

Cara Baca Kode Ban Mobil dengan Mudah

Kamu perlu tahu nih kalau kode ban mobil biasanya terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Nah, angkat dan huruf ini bakal ngasih informasi tentang spesifikasi ban mobil serta informasi tahun produksi hingga beban maksimal. Jadi kalau kamu tahu gimana cara membaca kode ban mobil, ini bisa bantu kamu buat lebih paham tentang ban mobil yang digunain. Yuk supaya kamu lebih paham, kamu bisa ikuti cara baca kode ban mobil berikut ini ya:

1.     Tiga Digit Angka di Depan

Saat lihat kode ban mobil, kamu bisa fokus ke 3 digit angka yang paling depan terlebih dahulu. Nah, tiga angka paling depan ini adalah kode lebar ban. Biasanya kamu bakal nemuin kode kayak gini nih 208/66 R16 96 H. Jadi 3 digit angka paling depan itu nunjukin kalau lebar dan ketebalan adalah 208 MM.

2.     Dua Digit Angka setelah Garis Miring

Cara baca kode ban mobil selanjutnya, kamu bisa lihat 2 digit angka setelah garis miring. Kamu bakal nemuin angka yang nunjukin rasio ban. Jadi misalnya dari kode 208/66 R16 96, kamu bisa ngertiin angka 66 ini sebagai presentase tinggi ban dari tebal ban.

3.     Huruf di Tengah Kode

Selanjutnya kamu juga bakal nemuin huruf di tengah kode pada ban mobil. Sama kayak contoh yang tadi, kalau kamu lihat huruf R pada rangkaian kode, ini artinya radial yang nunjukin jenis konstruksi ban.

4.     Dua Digit Angka Sesudah Huruf

Cara baca kode ban mobil selanjutnya kamu perlu tahu juga arti dua digit angka yang ada di belakang huruf. 2 digit angka di belakang huruf ini nunjukin lebar diameter velg ban tapi satuannya pake inci. Jadi, kalau kamu mau beli ban baru tapi nggak tahu ukuran yang pas, kamu bisa nyocokin diameter velg sama ban yang kamu pilih tadi dengan lihat 2 digit angka di belakang huruf.

5.     Dua Digit Angka Terakhir 

Kode berikutnya ada dua digit angka terakhir. Jadi, dua digit angka terakhir itu nunjukin batas beban tumpuan yang bisa ditopang sama masing-masing ban. Kalau kamu lihat angka 96 di angka terakhir, ini nunjukin kalau setiap ban bisa menopang 96 kg beban. Sedangkan di mobil ada 4 ban, jadi total beban yang bisa ditopang tinggal dikalikan 4 saja yaitu 96 * 4 = 384kg.

 

Jaga Keselamatan dengan Jaga Aman

Ban memang jadi suku cadang yang penting banget untuk kita cek secara rutin, karena kalo ban kamu sampe bermasalah bisa nimbulin resiko kecelakaan karena keseimbangan kendaraan yang nggak terkontrol. Biar keselamatan kamu makin terjamin, penting banget buat kamu punya perlindungan saat berkendara dengan Jaga Aman.

Jaga Aman asuransi kecelakaan yang bakal kasih kamu manfaat perlindungan santunan dari resiko kecelakaan hingga meninggal dunia. Selain itu premi asuransi Jaga Aman terjangkau bangat, mulai dari Rp 25.000 rupiah aja loh, kamu udah bisa dapetin perlindungan buat diri kamu. Yuk cek halamanan Jaga Aman buat tau informasi dan manfaat lainnya.
 

6.     Satu Huruf Terakhir 

Pada barisan kode, kamu bakal nemuin satu huruf di paling belakang. Misalnya saja kamu nemuin kode huruf H maka itu artinya kode speed rating maksimum 210 km per jam. Selain huruf H, ada batas kecepatan maksimum lain yang juga ditulisin pakai huruf seperti huruf J, Q, S, T, U, V, W, dan bahkan Y.

Kode kecepatan paling rendah biasanya ditulis pakai huruf J yaitu hanya 100 km per jam dan yang paling tinggi biasanya ditulis pakai huruf Y yaitu bisa mencapai 300 km/jam.

Cara Baca Kode Produksi Ban

Selain kode di atas, ternyata pada ban juga terdapat kode yang nunjukin tanggal produksi. Biasanya kode produksi dicetak 4 digit. Pada 2 digit pertama nunjukin Minggu atau pekan, dan 2 digit di belakangnya adalah tahun pembuatan. Kalau misalnya kamu lihat angka 4023, maka itu artinya ban diproduksi pada minggu 40 dan angka 23 di belakang nunjukin tahun pembuatan.

Dari kode itu, kamu emang nggak tahu kira-kira kapan waktu yang direkomendasiin buat ganti ban soalnya waktu ganti ban bisa disesuaiin sama kondisi ban kamu sendiri. Kalau emang ternyata kamu jarang pakai mobil, pastinya ban mobil juga akan lebih awet kan. Jadi kamu nggak perlu bingung sama produksi ban ya! Soalnya ini fungsinya emang buat kepentingan internal perusahaan aja. Tapi dengan tahu kode produksi ban, setidaknya kamu tahu apakah ban yang kamu beli termasuk ban baru atau ban keluaran lama.

Sudah tahukan bagaimana cara baca kode ban mobil. Jadi, setiap angka dan huruf yang tertera punya arti yang beda-beda. Kamu bisa tahu jenis ban, batas kecepatan, diameter, ketebalan dan yang lainnya kalo kamu bisa baca kode tersebut.

Setelah tahu gimana cara baca kode ban mobil, selanjutnya kamu juga perlu buat maksimalin perlindungan. Apalagi kalo ternyata kamu sering bepergian pakai mobil atau motor, penting nih buat punya asuransi Jaga Aman dari JAGADIRI.

Produk Asuransi Jaga Aman ini cocok banget buat kamu yang punya kegiatan tinggi di luar ruangan, karena resiko saat dijalan memang jauh lebih tinggi. Jaga Aman asuransi keamanan yang bakal jagain kamu dari segala situasi saat kamu berkendara atau saat kamu berada di luar rumah.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapetin dengan premi yang cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 rupiah aja loh, murah bangetkan? dengan premi Rp25 ribu kamu udah bisa dapetin jaminan keamanan kalo terjadi kecelakaan dan santunan meninggal dunia.

Menarik banget kan? Jadi tunggu apa lagi, yuk lindungi diri kamu pakai asuransi Jaga Aman dari JAGADIRI, informasi lebih lanjut cek halaman Jaga Aman ya!

 

Referensi : 

 https://www.gardaoto.com/blog/cara-membaca-ukuran-ban-mobil-yang-benar-melalui-kode/

https://www.wahanahonda.com/blog/begini-cara-baca-arti-kode-ban-motor

https://www.carmudi.co.id/journal/ketahui-arti-angka-pada-ban-motor-beserta-daftar-ukuran-bannya/amp/

https://astraotoshop.com/article/cara-baca-kode-ban-motor

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1