Article

Cara Pake Kalkulator BMI, Gue Sehat atau Nggak Ya?

15:54, 10 June 2022

01 1980x1080  2

Cek Kesehatan Pakai Kalkulator BMI

 

Kalkulator BMI (body mass index) adalah kalkulator yang bantu kamu untuk ngitung indeks massa tubuh dengan skala tertentu. Kalkulator BMI bisa nunjukin seberapa gemuk atau kurus tubuh kamu. Gimana sih cara pake kalkulator BMI dan hal-hal apa aja yang perlu kamu ketahui dari kalkulator ini? 

Yuk simak pembahasannya! 
 

Sekilas tentang kalkulator BMI

Seperti yang udah Jadimin rangkum, kalkulator BMI adalah kalkulator yang ngitung indeks massa tubuh (IMT) seseorang. Kalkulator BMI sering dipake untuk nentuin golongan berat badan sehat dan nggak sehat. 

Kalkulator BMI awalnya dikembangin pada abad ke-19 oleh Adolphe Quetelet. Kalkulator ini punya beberapa kategori, yakni: 

  • Kurus

  • Berat badan sehat

  • Kelebihan berat badan

  • Obesitas

Kalkulator BMI bagus sih untuk skrining risiko kesehatan, misalnya risiko obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa jenis kanker. 


Cara pake kalkulator BMI

Dirangkum dari laman HelloSehat.com, kalkulator BMI diukur dengan cara bandingin berat badan dan tinggi badan. Cara ini dipake untuk seseorang yang berusia di atas 18 tahun, jadi nggak berlaku ya untuk anak dan remaja, gaes. 

Contoh kalkulator BMI di Calculator.net. 

 

Nah screenshot di atas adalah salah satu contoh kalkulator BMI yang pake satuan metrik. Apa aja sih rentang BMI yang masuk kategori kekurangan berat badan, normal, kelebihan berat badan, dan obesitas? 

Jadimin lihat di screenshot, keliatan jelas bahwa: 

  • BMI kurang dari 18,5 termasuk kekurangan berat badan (underweight). 

  • BMI normal adalah 18,5 – 25. 

  • BMI kelebihan berat badan adalah 25 – 30. 

  • BMI obesitas adalah 30 ke atas. 


Tau BMI, gue sehat atau nggak ya? 

Dengan tau nilai BMI, kamu bisa kategoriin tubuh kamu termasuk sehat atau nggak. Contohnya seperti yang Jadimin kelompokin tadi tuh, apakah kamu underweight, normal, kelebihan berat badan atau obesitas? 

Sekilas, kamu jadi tau kalo kamu punya BMI 30 ke atas, kamu punya risiko obesitas dan bakal muncul penyakit-penyakit kayak: 

  • Diabetes tipe 2

  • Stroke

  • Kolesterol tinggi

  • Penyakit jantung, dan sebagainya. 

Tapi apakah kalkulator BMI akurat dan jadi representasi kesehatan tubuh kamu? Nggak juga, Teman JAGADIRI. Kok bisa? 


Sayangnya, kalkulator BMI belum tentu akurat

Teman JAGADIRI tadi udah sempet baca kan, kalkulator BMI itu ngukur kesehatan tubuh kita berdasarkan tinggi dan berat badan. Tapi nggak ngitung lemak tubuh, usia, jenis kelamin, tipe tubuh, dan tingkat kebugaran. Bisa dibilang, nggak gitu ngewakilin sih. 

Sebabnya, kesehatan tubuh seseorang dipengaruhi banyak faktor. Bayangin deh gaes, tubuh pekerja startup atau kantoran dengan tubuh atlet. Pasti beda banget kan? Kecuali salah satu di antaranya aktif berolahraga, lain cerita lagi. 

Dirangkum dari laman Healthline.com, beberapa negara pake kalkulator BMI untuk ngukur ukuran dan tinggi populasi. Misalnya pria dan Wanita Asia lebih berisiko kena penyakit jantung di angka BMI rendah jika dibandingin sama orang-orang non-Asia. 

Terus gimana? Hasilnya, tenaga kesehatan hanya ngeliat seseorang berdasarkan berat badan, tapi nggak pertimbangin faktor lain kayak usia, jenis kelamin, ras, genetika, massa lemak, massa otot, dan kepadatan tulang. 

Bisa disimpulin, kalkulator BMI sempet dikritik karena terlalu cepet nyimpulin atau oversimplication kesehatan seseorang. Tapi buat kamu yang pengen ngeliat gambaran kasar seberapa sehat tubuh kamu, kalkulator BMI bisa dijadiin opsi alternatif. 

Jadi gimana nih hasilnya, Teman JAGADIRI? 

Baca juga: 8 Manfaat Jaga Kesehatan Mental buat Milenial dan Gen Z
 

Apapun hasilnya, tetep jaga kesehatan yaa Teman JAGADIRI!

Yup bener banget! Selain jaga kesehatan, pastiin juga kamu udah punya perlindungan asuransi kesehatan. Soalnya asuransi kesehatan bisa bantu kamu untuk ngurangin beban biaya rawat inap, rawat jalan, atau pembedahan di rumah sakit. 

Asuransi kesehatan juga punya benefit atau manfaat kayak santunan kecelakaan, santunan meninggal dunia, dan perlindungan untuk keluarga. Ngebantu banget kan? 


Yuk pelajarin lebih lanjut di https://www.jagadiri.co.id! Asuransinya simpel, langsung klik, nggak perlu ketemuan, dan terjangkau. 

 

Sumber:

https://hellosehat.com/health-tools/kalkulator-bmi/ 

https://www.healthline.com/nutrition/is-bmi-accurate#effectiveness 

https://www.insider.com/guides/health/is-bmi-accurate 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/265215#BMI-exaggerates-thinness-in-short-people-and-fatness-in-tall-people 

https://hellosehat.com/nutrisi/cara-menghitung-indeks-massa-tubuh/ 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1