Article

5 Ciri Detak Jantung Normal yang Perlu Kamu Ketahui

13:56, 2 January 2023

06 1980x1080  11

Detang Jantung Kamu Normal Gak Ya?

 

Detak jantung adalah hitungan detak jantung seseorang per menitnya. Denyut jantung normal pastinya gak sama setiap orangnya, tapi rata-rata normal buat orang dewasa adalah 60 hingga 100 denyut per menit. Cuman, detak jantung normal itu tergantung ke individu, usia, ukuran tubuh, kondisi jantung, aktivitas dari individu tersebut, penggunaan obat tertentu, dan suhu udara.

Selain itu, detak jantung juga bisa dipengaruhi sama emosi individu tersebut. Contohnya, pas seseorang lagi bersemangat atau takut bisa aja kondisi itu ningkatin detak jantung. Hal yang paling penting adalah punya tubuh bugar dan detak jantung normal, agar otot jantung bisa kerja lebih efisien. Detak jantung jadi salah satu faktor yang bisa ngeprediksi penyakit jantung. Nah yang perlu kamu waspadai adalah pas detak jantung itu tetep cepet padahal ada dikeadaan istirahat. Hal itu bisa jadi penanda jantung kita tetap bekerja keras buat mompa aliran darah padahal lagi gak ada aktivitas fisik yang signifikan.

 

Cara Ngitung Detak Jantung Pas Istirahat 

Ngitung detak jantung adalah hal yang gampang nih gaes, kamu cuman butuh kemampuan berhitung paling basic dan sebuah stopwatch, kalau diperluin. Tapi, gak kalah penting buat milih waktu yang pas buat ngehitungnya. Lakuin penghitungan itu pas pagi hari atau setelah duduk sekitar 10 menit. Soalnya, itu adalah waktu ideal buat ngitung detak jantung istirahat rata-rata. Yuk, baca cara yang diajuin sama dokter yang udah Jadimin rangkumin buat kamu: 

  • Raba nadi di pergelangan lengan tangan kiri bawah pake tiga jari tangan kanan.

  • Kamu juga bisa ngitung denyut nadi tiga kali, terus ambil rata-rata dari ketiganya biar bener-bener yakin.

  • Jangan pake ibu jari soalnya ibu jari punya denyut ringan yang bisa bikin kamu kebingungan pas ngehitung.

  • Coba itung denyut nadi selama 10 detik, terus kalikan dengan 6 buat dapetin angka denyut nadi per menit.

  • Teken lembut jari sampe kamu bisa ngerasain denyut nadi di bawah jari itu. Kamu juga mungkin harus cari 'lokasi' yang pas sampe benar-benar bisa ngerasain denyutnya.

 

Detak Jantung Normal Sesuai Usia 

Setiap manusia pasti punya detak jantung yang berbeda-beda, apalagi kalau diliat dari perbedaan usianya. Tapi, detak jantung bakalan selalu makin turun seiring kamu nambah usia, pas seseorang melewati masa kanak-kanak sampe ke dewasa. Kecepatan detak jantung normal dewasa dipengaruhi juga sama macem-macem faktor, contohonya aktivitas tertentu, efek samping obat, emosi, ukuran tubuh, tingkat kebugaran hingga suhu udara. Pas kamu olah raga, biasanya detak jantung bakalan meningkat. Soalnya, tubuh ngebutuhin lebih banyak suplai oksigen biar jantung bisa bekerja lebih keras buat memenuhinya. Buat lebih detailnya, ini adalah perkiraan detak jantung normal  manusia  berdasarkan satuan BPM (denyut per menit):

  • Bayi yang baru lahir (100 - 160 bpm)

  • Bayi berumur 0 - 5 bulan (90 - 150 bpm)

  • Bayi berumur 6 - 12 bulan (80 - 140 bpm)

  • Balita berumur 1 - 3 tahun (80 - 130 bpm)

  • Balita berumur 3 - 4 tahun (80 - 120 bpm)

  • Anak berumur 6 - 10 tahun (70 - 110 bpm)

  • Anak berumur 11 - 14 tahun (60 - 105 bpm)

  • Remaja berumur 15 tahun ke atas (60 - 100 bpm) 

Nah kalau detak jantung normal dewasa, atau yang lebih tua biasanya 50 - 100 bpm. Beda sama atlet yang uda lama berlatih, biasanya mereka punya detak jantung normal per menit pas istirahat di bawah 60 bpm bahkan bisa sampe 40 bpm. Biasanya, detak jantung pas berolahraga buat orang dewasa berusia 20 - 35 tahun adalah 95 - 170 kali per menit. Terus, buat usia 35 - 50 berkisar 85 - 155 kali per menit. Terakhir, buat yang berusia diatas 60 tahun kecepatannya antara 80-130 kali per menit.

 

Gangguan Kecepatan Detak Jantung 

Gangguan kecepatan detak jantung kalau menurut istilah medis bisa disebut dengan aritmia. Aritmia adalah kondisi dimana detak jantung gak teratur, bisa terlalu lambat atau jadi terlalu cepat. Penyakit ini punya beberapa penyebab, yaitu:

  • Gangguan Elektrolit

  • Penyakit Katup Jantung

  • Gangguan Tiroid 

  • Tekanan Darah Tinggi

  • Gaya Hidup Yang Gak Sehat 

  • Pemulihan Pascaoperasi Jantung 

  • Riwayat Penyakit Jatung  

Gangguan kecepatan detak jantung sendiri kebagi jadi dua jenis, yaitu takikardia dan bradikardia. Takikardia adalah kondisi pas jantung berdetak lebih cepat pas istirahat. Nah kalau bradikardia adalah gangguan kalau detak jantung jadi lambat.

 

Cara Ngejaga Detak Jantung Biar Tetep Normal

Buat mastiin jantung ada dalam keadaan sehat, sebaiknya kamu tau cara biar bisa ngejaga detak jantung tetep normal. Nah, beberapa cara yang bisa kamu lakuin buat ngelindungin jantung dari adanya gangguan yaitu.

  1. Olahraga yang rutin

Detak jantung normal juga bisa dijaga yang rutin pake metode paling sederhana yaitu dengan berolahraga. Soalnya, detak jantung yang terlalu cepet bisa disebabin dari pola hidup yang gak sehat dan kurang ngelakuin aktivitas fisik. Nah makanya coba mulai dari sekarang, kamu bisa ngebiasain olahraga pake aktivitas ringan minimal 150 menit per minggu. Terus, buat olahraga intensitas sedang-berat direkomendasiin minimal 75 menit per minggu.

  1. Mengelola Stress

Rasa cemas bisa micu peningkatan detak jantung. Makanya, penting buat kamu bisa ngelola stres yang baik biar detak jantung bisa kekontrol. Jadimin saranin coba deh buat ngelakuin latihan pernapasan atau meditasi biar stres kamu bisa terkelola dengan baik.

  1. Ngejaga Berat Badan Ideal

Ngejaga berat badan ideal bisa mertahanin detak jantung biar tetap normal. Soalnya kalau semakin berat tubuh kamu, jadinya makin banyak beban yang harus dibawa sama tubuh pas ngalirin darah. Apalagi kalau kamu gak punya banyak massa otot.

 

Ciri Detak Jantung Sehat dan Normal 
 

  1. Kolesterol Jahat Rendah 

Kolesterol adalah tolak ukur penting buat ngukur jantung sehat. Kamu yang punya kolesterol jahat rendah bisa jadi tanda kalau jantung kamu sehat. Kalau kadar kolesterol jahat kamu terlalu tinggi, bisa jadi penanda jantung gak sehat soalnya semakin berisiko punya penyumbatan arteri yang bisa ngebatesin aliran darah. 

Baca Juga: 5 Olah Raga untuk Menurunkan Kolesterol, Bisa Kapan Aja!

 

  1. Tekanan Darah Normal 

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg dan kalau amannya sih ada di bawah 140/80 mmHg. Kalau tekanan darah kamu ada di atas 140/80 mmHg bisa jadi tanda kalau jantung gak sehat dan berisiko penyakit, contohnya serangan jantung atau stroke. Cara terbaik buat bisa tau tekanan darah kamu normal atau enggak adalah dengan cara kamu pergi ke dokter buat meriksain secara rutin.

 

  1. Indeks Massa Tubuh Normal 

Punya indeks massa tubuh (BMI) yang ideal bisa jadi penanda jantung sehat yang kamu punya. Kementerian Kesehatan udah ngasih ambang batas normal BMI orang Indonesia yaitu 18,5-25. Kalau kamu bisa mertahanin berat badan yang sehat, itu artinya kamu udah berusaha ngelindungin kesehatan jantung. Terlalu banyak lemak bisa nyumbat arteri dan nempatin kamu di peningkatan risiko penyakit jantung.

 

  1. Kadar Gula Darah Yang Normal 

Jantung sehat juga bisa ditandai pake kadar gula darah kamu yang normal. Gula darah puasa (GDP): lebih dari 126 mg/dL. Punya kadar gula darah tinggi bisa bikin kamu punya risiko diabetes. Nah, diabetes dikenal jadi salah satu faktor risiko berbahaya buat penyakit jantung. Sayangnya, banyak orang yang gak sadar kalau diabetes bisa ngerusak arteri dan jadi penyebab penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Aja Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

 

  1. Detak Istirahat Jantung Normal 

Detak jantung istirahat orang dewasa normal yaitu 60-100 denyut permenit. Tapi kalo kamu seorang atlet, detak jantung istirahat normalnya adalah 40-60 denyut per menit. Sebelum kamu mengukur detak istirahat jantung kamu normal atau enggak, disarankan untuk istirahat sejenak sekitar 10-15 menit setelah beraktivitas baru kemudian kamu bisa mengukurnya dengan tepat.

Nah itu dia penjelasan dari Jadimin tentang detak jantung yang normal. Sebenernya, kalau kamu mau lebih pasti sih, ada baiknya buat kontrol medical check-up langsung ke dokter secara rutin. Tapi, emang sih kalau penyakit jantung tuh kadang sulit buat dideteksi dan bisa aja siapapun kena serangan jantung yang bisa membahayakan jiwa. 
 

Jaga Jantung Kamu dan Jagain Keluarga dengan Jaga Jiwa Xtra 

Cek detak jantung kamu! Normal atau enggak ya kira-kira? Hal ini perlu kamu lakuin, karena bisa jadi langkah buat kamu tau apakah detak jantung kamu normal atau enggak. Detak jantung yang enggak normal, bisa memicu serangan jantung mendadak yang bisa berakibat fatal yaitu kematian. Maka penting buat kamu tau kondisi detak jantung kamu supaya kamu bisa meminimalisir kejadian yang enggak diinginkan. Buat kamu yang sudah tau dan memang ada masalah sama jantung kamu, mulai sekarang kamu perlu jaga extra jantung kamu dan kamu perlu perlindungan tambahan biar kejadian yang enggak diinginkan bisa kamu jagain dengan baik.

Asuransi Jaga Jiwa Xtra bisa jadi pilihan terbaik buat kamu, asuransi jaga jiwa xtra adalah asuransi jiwa yang kasih xtra manfaat buat kamu. Punya asuransi jiwa itu penting, supaya orang yang kita sayangi bisa tetap terjamin dengan dana asuransi yang kita milikin. Manfaat extra buat kamu, premi bakal kembali 110% kalo enggak ada klaim ketika periode pertangguhan telah selesai, jadi enggak bakal rugikan? Dan kamu bisa dapet e-voucher belanja dan tiket nonton CGV tiap bulan untuk member Salin Group. Yuk daftar sekarang dan nikmatin manfaat perlindungannya.


Sumber :

Alodokter, 2021. 
https://www.alodokter.com/ciri-detak-jantung-normal-dan-gangguan-yang-bisa-terjadi 

 

Anlene, 2019. 
https://www.anlene.com/id/ms/bagaimana-cara-menghitung-denyut-nadi-normal.html 

 

Kompas.com, 2022. 
https://health.kompas.com/read/2022/07/20/080000068/10-tanda-tanda-jantung-sehat-yang-harus-diketahui?page=all 

 

Siloamhospitals, 2022. 
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/detak-jantung-normal 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1