Article

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

10:02, 4 July 2022

01 1980x1080  3

Apa Itu Asuransi, Jenis dan Manfaat

 

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Jenis asuransi jiwa di Indonesia cukup beragam sesuai kebutuhan dan bujet. Dari banyaknya pilihan jenis asuransi, gimana sih cara milihnya? Yuk kenalan sama jenis-jenis asuransi jiwa di Indonesia! 

A. Apa itu asuransi jiwa?

Dilansir dari laman Sikapi Uangmu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi jiwa adalah sebuah kontrak perjanjian antara kamu sebagai pemegang polis (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung). Perusahaan asuransi bakal ngasih pembayaran berdasarkan pada meninggalnya atau hidupnya pemegang polis dengan manfaat yang besarnya udah ditetapin di polis. 

Asuransi jiwa bisa ngelindungin kamu dari risiko kebocoran finansial atau kerugian finansial yang nggak terduga (unexpected financial loss). Sebabnya bisa aja dari: 

  • Kematian mendadak

  • Cacat tetap total

  • Keadaan nggak produktif seperti terlalu tua atau hidup terlalu lama

Nah keadaan-keadaan di atas membuat kamu bisa kehilangan sumber penghasilan. Terus, apa aja jenis asuransi jiwa di Indonesia? 
 

B. Jenis asuransi jiwa di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, ada empat jenis asuransi jiwa di Indonesia. Jadimin bahas ya! 

1. Asuransi jiwa berjangka 

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance adalah jenis asuransi yang ngasih santunan kematian jika pemegang polis meninggal dunia dalam periode yang ditentuin. 

Ciri khas dari jenis asuransi ini adalah adanya jangka waktu tertentu, misalnya satu tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun dan bisa juga dengan batasan umur. 

Manfaat asuransinya berupa:

  • Santunan meninggal dunia

  • Santunan penyakit kritis

  • Santunan cacat/cacat tetap total

Oh iya, jenis asuransi jiwa berjangka juga bisa dipilih untuk kamu yang butuh biaya asuransi gede tapi bujet terbatas loh. 
 

2. Asuransi jiwa seumur hidup

Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance adalah jenis asuransi yang ngasih manfaat pertanggungan asuransi selama seumur hidup. Biasanya sih batasan umurnya sampe 99 tahun. 

Jenis asuransi ini punya manfaat asuransi berupa: 

  • Ganti rugi atas kematian yang terjadi selama masa pertanggungan asuransi. 

  • Santunan meninggal dunia

  • Santunan uang tunai 

Oh iya, preminya juga nggak bakal hangus kalo nggak ada klaim. Jadi ketika masa pertanggungan udah selesai, premi akan dibalikin.

Baca juga: Ini Dia 6 Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka dan Seumur Hidup
 

3. Asuransi jiwa unit link

Nah ada lagi nih Teman JAGADIRI, satu jenis asuransi yang bisa jadi proteksi sekaligus investasi, namanya asuransi jiwa unit link. Jenis asuransi ini punya jangka waktu berkisar antara 10 – 20 tahun. 

Nah sebagian premi asuransi jiwa unit link yang kamu bayarkan bakal diinvestasiin dalam bentuk reksa dana, obligasi, saham, dan sejenisnya. 

Selain itu, uang pertanggungan dan hasil investasinya bakal dikasih ke ahli waris ketika pemegang polis meninggal dunia. Manfaat asuransinya hampir sama seperti jenis asuransi yang Jadimin bahas sebelumnya, seperti: 

  • Santunan meninggal dunia

  • Santunan penyakit kritis

  • Manfaat investasi, dan sebagainya. 
     

4. Asuransi jiwa dwiguna

Terakhir adalah asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance. Jenis asuransi ini punya dua manfaat, yakni sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Jangka waktu berlakunya asuransi mulai dari 5 tahun sampe 30 tahun, atau bisa juga berakhir dengan batasan usia tertentu. 

Jenis asuransi jiwa dwiguna cocok buat kamu yang punya rencana tertentu, misalnya dana pendidikan anak atau dana pensiun. Manfaat asuransinya juga macem-macem tergantung produknya. Secara umum berupa:

  • Santunan meninggal dunia

  • Santunan penyakit kritis

  • Santunan cacat tetap total

Nggak hanya itu, pemegang polis asuransi jiwa dwiguna bisa mengakhiri polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontraknya selesai. 

Terus gimana dong Jadimin tips milih asuransi jiwa yang tepat? Kamu bisa cari tau selengkapnya di artikel ini: 5 Tips Pilih Asuransi Jiwa yang Tepat dan Kamu Banget

Itu dia jenis-jenis asuransi jiwa di Indonesia. Terus gimana dengan jenis asuransi jiwa di JAGADIRI? Nah asuransi jiwa di JAGADIRI termasuk jenis asuransi tradisional dan berjangka. Artinya termasuk asuransi jiwa murni dengan periode waktu tertentu. Misalnya kayak Jaga Jiwa Xtra. Apa aja sih benefit atau manfaat asuransinya? 

 

Manfaat Jaga Jiwa Xtra

Jaga Jiwa Xtra termasuk asuransi jiwa cashless yang punya benefit berupa:

  • Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan sebesar uang pertanggungan. 

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 2x uang pertanggungan. 

  • Premi kembali sampe 110% di akhir masa pertanggungan 7 tahun atau 100% di akhir masa pertanggungan 5 tahun. 

  • Layanan bantuan 24/7 berupa telekonsultasi medis, evakuasi medis, repatriasi medis, transportasi untuk keluarga tertanggung, dan pengiriman obat dalam keadaan darurat.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku 

Preminya juga terjangkau, mulai Rp130.000,00, kamu bisa transaksi cashless pula! Beli sekarang

Teman JAGADIRI mau pilih jenis asuransi yang mana nih? 

 

Sumber:

https://lifepal.co.id/asuransi/jiwa/ 

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/30671 

https://lifepal.co.id/media/jenis-asuransi/#2_Asuransi_jiwa 

https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/6243d60a5f396/asuransi-jiwa-pengertian-dan-jenis-jenisnya 

https://keuangan.kontan.co.id/news/simak-pengertian-asuransi-jiwa-dan-jenis-jenisnya-sesuai-kebutuhan 

https://money.kompas.com/read/2022/02/18/080300626/pahami-perbedaan-jenis-asuransi-jiwa-untuk-menentukan-pilihan-yang-tepat-

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp