Article

Jenis Asuransi Kesehatan - Cari Tau Biar Nggak Tersesat

11:57, 10 May 2022

06 1980x1080  2

Apa Aja Jenis - Jensi Asuransi Kesehatan?

 

Jenis asuransi kesehatan yang beragam bikin kamu punya banyak opsi untuk milih. Dari sekian jenis, kamu bisa sesuain sama bujet, layanan yang dicover atau ditanggung, hingga besaran premi. 

Apa aja jenis asuransi kesehatan? Yuk cari tau di sini lebih lengkapnya, Teman JAGADIRI! 

Jenis asuransi kesehatan

Berikut ini jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu Teman JAGADIRI ketahui. 

1. Asuransi kesehatan rawat inap

Asuransi rawat inap merupakan jenis asuransi kesehatan yang nanggung biaya rawat inap saat pasien di rumah sakit. Misalnya seperti Jaga Sehat Pilihanku dari AsuransI JAGADIRI. 

Jaga Sehat Pilihanku punya tiga plan perlindungan yang bisa nanggung atau cover biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan sesuai uang pertanggungan. Berikut detailnya. 

  • Plan Silver: nanggung biaya rawat inap

  • Plan Gold: nanggung biaya rawat inap dan pembedahan

  • Plan Platinum: nanggung biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. 

Dirangkum dari berbagai sumber, secara umum, asuransi kesehatan rawat inap nanggung biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, pembedahan, laboratorium, dan sejenisnya. Semua ini ditanggung, tapi disesuain sama kebijakan produk asuransinya. Jadi, Teman JAGADIRI bisa double check lagi isi polis asuransinya ya. 

Baca juga: Serba-Serbi Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap

2. Asuransi kesehatan rawat jalan

Beda dengan asuransi kesehatan rawat inap, asuransi kesehatan rawat jalan merupakan jenis asuransi kesehatan yang diberikan pas pemulihan pasien atau sedang nyelesain masa rawat jalan di luar rumah sakit. 

Secara umum, jenis asuransi kesehatan ini nanggung biaya tertentu seperti konsultasi dokter pasca rawat inap, periksa kesehatan dan sebagainya. Misalnya Jaga Sehat Keluarga dari Asuransi JAGADIRI

Jaga Sehat Keluarga termasuk salah satu jenis asuransi kesehatan rawat jalan sebagai bentuk manfaat asuransi. Nggak hanya itu, Jaga Sehat Keluarga juga nanggung biaya pembedahan dan rawat inap rumah sakit, seperti Jaga Sehat Pilihanku. Bedanya, Jaga Sehat Keluarga bisa melindungi 5 orang anggota keluarga sekaligus dan cuma bayar 1 premi. 

Selain itu, kamu nggak perlu cek kesehatan pula dan asuransi ini bisa cover semua penyakit, termasuk HIV/AIDS. Preminya mulai Rp280.000,00, proteksi diri dan keluarga kamu yuk, beli sekarang! *Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Fyi, pastiin lagi jenis asuransi rawat jalan ini ada di isi polis kamu ya. Selalu double check agar kamu bisa maksimalin layanannya. 

3. Asuransi kesehatan cashless

Satu lagi jenis asuransi kesehatan yang mudahin transaksi secara non tunai, yakni asuransi kesehatan cashless. 

Beberapa produk asuransi kesehatan di JAGADIRI nyediain fasilitas cashless di rumah sakit rekanan JAGADIRI. Misalnya: 

  • Jaga Sehat Plus

  • Jaga Sehat Pilihanku

  • Jaga Senyumku

Baca juga: Jaga Sehat Plus vs Jaga Sehat Pilihanku, Pilih yang Mana Ya?

4. Asuransi kesehatan reimbursement

Beda dengan asuransi kesehatan cashless, asuransi kesehatan reimbursement termasuk jenis asuransi kesehatan yang nasabahnya bayar biaya pengobatan atau biaya perawatan rumah sakit dulu, baru ngajuin klaim ke asuransi. 

5. Asuransi kesehatan unit link

Nah kalo jenis asuransi kesehatan ini termasuk asuransi yang punya manfaat proteksi kesehatan sekaligus investasi. 

Karena ngelibatin investasi, jenis asuransi kesehatan ini punya risiko investasi. Kadang-kadang, terdapat juga fee pengelolaan investasi yang mungkin ngebebanin kemampuan finansial kamu. 

Baca juga: 7 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Bagus 

6. Asuransi kesehatan murni

Dibandingin dengan asuransi kesehatan unit link, asuransi kesehatan murni justru hanya nanggung biaya perlindungan kesehatan aja. Premi yang kamu bayarin bakal disimpan dan dipake ketika kamu ngajuin klaim. 

Sebagai info, produk-produk asuransi kesehatan di JAGADIRI termasuk jenis asuransi kesehatan murni dan nggak ada risiko investasi. Jadimin cek di masing-masing polisnya, misalnya: 

  • Jaga Sehat Keluarga

  • Jaga Sehat Plihanku

  • Jaga Sehat Plus

  • Jaga Sehat DBD

  • Jaga Sehat Tropis

Itulah penjelasan 6 jenis asuransi kesehatan. Jangan lupa, pastiin Teman JAGADIRI punya proteksi asuransi kesehatan yang bisa nanggung biaya perawatan rumah sakit dan ngelindungin 5 anggota keluarga sekaligus. Pelajari pilihan produk asuransi kesehatan di website JAGADIRI yuk! 

Sumber:

https://www.jagadiri.co.id/news/Serba-Serbi-Asuransi-Rawat-Jalan-dan-Rawat-Inap-Penting-Nggak-Sih 

https://www.jagadiri.co.id/news/7-Manfaat-Asuransi-Kesehatan-yang-Bagus 

https://www.cermati.com/artikel/asuransi-kesehatan-pengertian-jenis-hingga-cara-klaimnya

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1