Article

Jaga-Jaga Air Minum Cek! Ini Arti Kode Plastik di Kemasan Air Minum, Jangan Dipakai Berkali-Kali Ya!

16:50, 14 May 2024

16 jaga jaga air minum cek  ini arti kode plastik di kemasan air minum  jangan dipakai berkali kali ya  1980x1080

7 Kode Kemasan Plastik Yang Harus Kamu Pahami!

 

Kamu pasti sering minum pakai botol plastik kan? Setiap dari kemasan air minum plastik biasanya udah dilengkapi sama kode plastik. Fungsi dari kode plastik ini tuh buat bantu kamu tahu jenis plastik dan juga jenis daur ulang bahan dari plastik yang dipakai. Jadi emang penting sih buat tahu kode kemasan plastik biar kamu lebih hati-hati saat minum pakai botol plastik.

Arti Kode Kemasan Plastik pada Botol Minum

Biasanya, kamu bisa nemuin kode ini di bawah botol dengan gambar segitiga dan di dalamnya ada angkanya. Kalau kamu tahu arti dari kode itu, pastinya kamu bakal lebih bijak ngegunain botol plastik. Selain itu, kamu  juga bakal tahu apakah botol itu bisa dipakai berkali-kali atau hanya untuk sekali pakai aja. Supaya nggak penasaran, Yuk cari tahu arti kode kemasan plastik yang ada di botol berikut ini:

1. Angka 1 (PET/PETE)

Jenis yang pertama punya kode kemasan plastik angka 1. Nah, kalau kamu punya botol yang ada kode angka 1 ini artinya plastik yang dipakai buat bikin botol mengandung polietilen tereftalat atau yang disingkat PET atau PETE.

Botol ini nggak boleh kamu pakai berulang-ulang karena bisa nyebabin masalah kesehatan. Kalau dipakai buat minum air hangat atau bahkan dingin, botol ini bisa ngeluarin zat karsinogenik yang jadi penyebab kanker.

2. Angka 2 (HDPE)

Arti dari angka 2 pada kode kemasan plastik menunjukkan kalau plastik ini dibuat dari polietilen densitas tinggi atau high-density polyethylene (HDPE). Hampir sama kayak kode angka 1, botol ini punya kandungan yang bahaya buat kesehatan meskipun punya ketahanan yang tinggi. Biasanya plastik ini dipakai nggak cuma buat botol air minum sekali pakai, tapi juga buat perabot-perabot rumah tangga kayak kursi, meja, rak plastik, dan yang lainnya.

3. Angka 3 (PVC)

Kalau kamu nemu botol dengan kode angka 3, ini artinya botol terbuat dari PVC atau polivinil klorida. Bahan ini emang fleksibel jadi sering dipakai buat botol minyak goreng, mainan, dan yang lainnya. Kamu nggak boleh gunain botol ini buat wadah makanan soalnya punya kandungan zat berbahaya DEHA yang gampang larut kalo kena makanan.m

4. Angka 4 (LDPE)

Botol plastik atau wadah makanan yang punya kode angka 4 ini biasanya nggak terlalu beracun. Banyak kemasan-kemasan makanan yang pakai plastik jenis ini karena aman. Tapi kamu juga harus tetap hati-hati ya soalnya kalau dipakai dalam jangka panjang, ini bisa nyebabin masalah kesehatan.

 

Jaga-Jaga Kesehatan dari Bahaya Botol Plastik!

Sebagian dari kita banyak yang gunain botol kemasan buat berulang kali, padahal ada botol yang cuma bisa digunain sekali aja loh. Dampaknya emang nggak bakal keliatan cepet, tapi untuk jangka panjang bisa nimbulin masalah serius di kesehatan kamu dan keluarga seperti kanker. Gak mau kan karena hal sepele kesehatan keluarga kamu jadi terancam.

Biar kesehatan kamu bisa terus aman, kamu dan keluarga butuh perlindungan tambahan buat jaga-jaga kesehatan dari kemungkinan resiko penyakit yang nggak terduga. Jaga Sehat Keluarga, asuransi kesehatan keluarga yang kasih perlindungan buat kamu dan keluarga dari segala macam penyakit dan banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu dapetin. Kamu nggak perlu lagi repot daftarin asuransi buat keluarga kamu satu persatu, karena Asuransi Jaga Sehat Keluarga bisa digunain buat maksimal 5 orang loh, dan yang terpenting preminya murah bangat cuma mulai dari Rp280 ribuan aja. Yuk cek halamanan Jaga Sehat Keluarga sekarang!
 

5. Angka 5 (PP)

Botol plastik atau kemasan plastik yang punya kode angka 5, biasanya dibuat dari bahan yang aman. Plastik ini pakai material polypropylene atau PP yang nggak bahaya kalo dipakai untuk wadah makanan dan minuman. Ini juga punya karakter yang kokoh dan juga ringan bahkan tahan panas sehingga bisa dipakai di microwave.

6. Angka 6 (PS)

Kamu pasti sering banget pakai jenis plastik ini soalnya emang dipakai buat bungkus-bungkus makanan yang murah dan ringan.

Kode kemasan plastik ini nunjukin kalo  kemasan ini pakai material polystyrene (PS). Bahan ini juga sering banget nih dipakai di piring sterofoam, karton telur, dan pembungkus makanan lain soalnya punya struktur yang super ringan dan gampang patah.

Kalau kamu nemu botol dengan kode ini, sebaiknya jangan dipakai berulang-ulang soalnya bisa ngeluarin zat styrene yang bisa nyebapin kanker.

7. Angka 7 (Other)

Nah, buat jenis yang terakhir ini emang sering banget dipakai buat botol-botol minuman. Botol ini dibuat dari macam-macam bahan misalnya aja kayak SAN (Styrene Acrylonitrile) yang biasa dipakai buat bikin piring, sikat gigi, termos dan yang lainnya. 

Untuk jenis ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), kamu bisa nemuin diproduk mainan anak, kemasan makanan, sampai pipa air.

Sedangkan bahan PC (Polycarbonate) banyak dipakai buat bikin botol bayi atau wadah plastik lainnya.

Sekarang kamu udah nggak perlu bingung lagi sama kode kemasan botol plastik yang ada di botol minum. Tiap kode kemasan plastik punya arti yang beda-beda jadi kamu harus paham ya! Kalau emang ternyata botol yang kamu gunakan itu punya kode angka 5, kemungkinan ini bisa kamu pakai berulang-ulang meskipun nggak boleh dalam jangka panjang.

Sedangkan untuk kode kemasan plastik yang lainnya, kamu harus hati-hati karena biasanya punya kandungan zat berbahaya apalagi kalau terkena suhu yang tinggi. Buat jaga kesehatan kamu, emang penting banget nih buat pilih wadah makanan yang aman.

Selain itu, kamu juga perlu buat ngasih perlindungan optimal buat kesehatan kamu pakai asuransi Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI. Preminya murah kok, cuma Rp280.000 aja perbulan kamu udah bisa ngelindungin seluruh keluarga kamu.

Kamu juga nggak perlu khawatir soalnya premi bisa kembali 25% kalau nggak ada klaim sama sekali. Produk Asuransi ini bakal ngasih kamu santunan rawat inap, rawat jalan, bahkan pembedahan kalau emang harus rawat di rumah sakit. Setiap bulannya, kamu juga bakal dapat e-voucher belanja gratis loh. Jadi tunggu apa lagi, yuk tingkatin perlindungan kamu dan keluarga pakai asuransi Jaga Sehat Keluarga. Cek produknya di halaman ini ya Jaga Sehat Keluarga.

 

Sumber: 

https://supero2.co.id/kode-pada-botol-plastik/

https://www.liputan6.com/hot/read/4184327/7-arti-simbol-segitiga-pada-botol-plastik-kenali-kegunaannya

https://www.alodokter.com/cermati-kode-segitiga-di-bawah-kemasan-plastik-anda

https://dlh.slemankab.go.id/arti-kodesimbol-pada-kemasan-plastik/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1