Article

Beda Penanganan! Ini Macam Macam Karies Gigi yang Perlu Kamu Tau

15:52, 17 April 2024

06 beda penanganan  ini macam macam karies gigi yang perlu kamu tau 1980x1080

Ini Dia 3 Jenis Karies Pada Gigi

 

Punya masalah sama gigi emang bisa jadi sesuatu yang ganggu banget. Salah satu masalah yang cukup banyak dialami sama orang-orang itu masalah karies gigi. Tapi banyak juga masyarakat yang kadang belum bisa bedain antara karies gigi sama gigi berlubang. Jadi, kalau kamu punya masalah sama gigi penting nih buat tahu macam-macam karies gigi.

Karies gigi ini termasuk penyakit infeksi yang akhirnya merusak struktur jaringan keras pada gigi. Seseorang yang terkena masalah ini bakal ngerasain atau nemuin gejala gigi berlubang. Sering kali juga bakal ngalamin nyeri dan kerusakan akibat asam atau bakteri yang menginfeksi.

Macam-macam karies gigi ini bakal diawali sama plak gigi terus lama-lama bakal bikin demineralisasi gigi. Soalnya karies ini adalah campuran sisa makanan bakteri dan juga air liur. Jadi, kamu harus mulai waspada kalau udah nemuin ada penumpukan plak di gigi. Kalau sampai dibiarin, plak lama-lama akan membesar dan bahkan bikin gigi berlubang.
 

Macam-macam Karies Gigi Dan Penanganannya

Ada tiga karies gigi yang perlu kamu tahu loh. Dengan tahu jenis atau macam dari gangguan ini, kamu bakal lebih paham tentang pangananganan yang paling tepat. Yuk, langsung cari tahu macam - macam dari karies gigi : 

1. Karies Superfisialis

Kalau karies gigi sampai ke bagian dalam email dan nggak nimbulin keluhan sakit, maka bisa disebut sebagai karies superfisialis. Untuk nanganin jenis karies ini, kamu perlu datang ke dokter dan biasanya dokter bakal nyaranin buat ngelakuin prosedur penambalan. Tapi itu semua tergantung dari seberapa besar lubang yang muncul.

2. Karies Media

Karies media jenis karies yang kerusakannya sudah mulai sampai ke dentin gigi. Jadi, kondisi ini cenderung lebih parah dibandingin sama karies superfisialis soalnya mulai nimbulin rasa nyeri dan linu atau sensitif. Orang-orang yang punya masalah gigi sensitif, biasanya disebabin sama karies media ini. Jadi kalau makan makanan yang dingin atau panas bahkan yang asam atau manis, gigi bakal terasa nggak nyaman banget.

Untuk karies media, penanganannya mungkin bakal lebih rumit dibandingkan kalau masih stadium 1 atau karies superfisialis. Kemungkinan dokter bakal nyaranin buat cabut gigi atau ngelakuin penambalan bahkan ada juga yang dilakukan proses perawatan akar gigi supaya nggak gampang sakit.

3. Karies Profunda

Karies yang satu ini sudah cukup parah karena biasanya karies sampai ke bagian pulpa. Kalau karies sudah sampai ke bagian pulpa, pastinya gejala yang muncul juga makin parah loh, kaya rasa sakit yang cukup menyiksa saat makan atau bahkan tiba-tiba sakit tanpa ada rangsangan apapun.

Kondisi karies profunda ini disebut sebagai karies stadium 3. Jadi, penanganannya juga bakal lebih serius. Kamu yang punya masalah karies profunda ini mungkin harus ngelakuin prosedur cabut gigi atau bahkan operasi kecil untuk ngilangin akar gigi. Soalnya kalau karies udah masuk ke pulpa, bakal sulit di atasi cuma pakai ditambal aja.
 

Yuk Rutin Cek Kesehatan Gigi Kamu

Semakin parah kondisi karies biasanya penanganan yang dibutuhin juga bakal makin rumit. Jadi sebelum terlambat, kamu perlu buat jaga kesehatan gigi agar terhindar dari macam-macam karies gigi. Jangan lupa buat rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali buat mastiin gigi kamu masih dalam kondisi yang bagus ya!

Dengan rutin periksa ke dokter gigi, nantinya masalah kerusakan gigi kaya macam-macam karies gigi bakal lebih cepat terdeteksi sama dokter. Jadi, dokter bisa ngasih penanganan secepat mungkin sebelum masalah itu semakin parah.

Tapi emang banyak orang yang takut ke dokter gigi, soalnya takut sama prosedur kesehatan yang terkadang nyeremin tapi ada juga yang takut sama biayanya. Sebenarnya kamu nggak perlu takut buat periksa ke dokter gigi, soalnya manfaat yang bakal kamu dapetin itu lebih besar dibandingin sama rasa sakit kalau kamu nggak pernah periksa ke dokter gigi.

Selain itu, nggak usah khawatir juga sama biaya kalau kamu punya asuransi Jaga Senyumku dari JAGADIRI. Kamu tahu nggak sih kalau asuransi Jaga Senyumku dari JAGADIRI ini bisa bantu kamu dapet perawatan gigi terbaik tanpa harus khawatir sama biaya yang mahal.

Pakai asuransi ini, kamu bakal dapat banyak manfaat menarik. Preminya juga terjangkau banget kok, yaitu mulai dari Rp88.000 aja loh. Kalau kamu udah punya produk Asuransi ini, kamu bisa nikmatin fasilitas cashless, terus juga bisa nemuin rumah sakit dan klinik rekanan dengan mudah, dan juga bebas pilih plan sesuai kebutuhan kamu.

Jadi sekarang kamu udah tahu kan macam-macam karies gigi dan manfaatnya kalau kamu punya asuransi Jaga Senyumku dari JAGADIRI. Yuk langsung aja periksain gigi kamu dan jaga selalu keindahan senyummu pake Asuransi Jaga Senyumku dengan membeli produknya di halaman ini ya Jaga Senyumku.

 

Referensi : 

https://yakestelkom.or.id/serba-serbi-kesehatan/mengenal-karies-gigi

https://www.halodoc.com/kesehatan/karies-gigi

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-karies-gigi

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1