Article

Cek! 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Mungkin Ada di Kulkas Kamu!

14:49, 26 March 2024

19 cek  7 makanan penyebab darah tinggi yang mungkin ada di kulkas kamu  1980x1080

Sering Ada Di Kulkas Ternyata Bahaya Buat Tekanan Darah

 

Kamu tahu nggak sih kalau darah tinggi itu bisa disebabin sama makanan yang kamu konsumsi. Orang yang punya masalah sama darah tinggi, harus waspada karena darah tinggi bisa bikin masalah yang lebih serius lagi kayak serangan jantung, stroke, dan yang lainnya. Kalau ternyata kamu sekarang ini udah punya masalah darah tinggi, kamu perlu tahu apa aja makanan penyebab darah tinggi. Jangan-jangan makanan ini ada di dalam kulkas kamu!
 

7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Sering Ada di Kulkas

Masalah darah tinggi emang nggak boleh disepelein. Jangan sampai, cuma gara-gara kamu mau nurutin nafsu makan, justru kamu ngambil resiko yang ngebahayain kesehatan. Kamu boleh kok makan makanan yang enak, tapi pastiin juga makanan yang kamu konsumsi aman dan bukan makanan penyebab darah tinggi kaya makanan berikut ini:

1. Makanan Asin

Kamu perlu tahu nih kalau makanan asin itu pastinya punya kandungan garam atau natrium klorida yang sangat tinggi. Nah, ternyata garam menjadi salah satu makanan penyebab darah tinggi loh! Jadi, kalau kamu nggak mau punya masalah sama darah tinggi, pastiin buat ngurangin makanan-makanan yang tinggi garam.

Kalo di kulkas kamu ada makanan yang mengandung garam tinggi kaya makanan kalengan, soup instan, jus kemasan, yuk mulai kurangi karena itu bisa jadi pemicu darah tinggi kamu naik

2. Frozen Food

Saat ini makanan beku atau frozen food sedang ngetren di tengah masyarakat modern. Banyak orang suka makan makanan ini karena praktis dan enak. Padahal sebenarnya terlalu sering makan frozen food itu nggak bagus loh! Soalnya, makanan olahan kayak frozen food biasanya punya kandungan natrium yang tinggi. Ini bisa bikin masalah kesehatan kayak darah tinggi atau hipertensi makin parah. Bisa dipastiin makanan beku ini pasti ada di kulkas kamu kan?

3. Makanan Kaleng 

Nggak cuma frozen food aja yang sebaiknya dihindari sama penderita hipertensi. Makanan kaleng yang kelihatannya segar dan enak ternyata mengandung natrium atau garam yang cukup tinggi loh, karena garam pada makanan dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan. Makanan kaleng yang sering ada dikulkas biasanya kaya daging kalengan dan sayur kalengan

4. Keju Olahan

Keju olahan salah satu penghuni kulkas yang pasti ada disetiap kulkas, tapi tahukah kamu kalau keju olahan itu mengandung garam yang tinggi, karena keju olah bukan murni dari susu yang difermentasi tapi terdapat beberapa campuran bahan lain salah satunya garam.

Buat kamu yang punya darah tinggi, wajib banget buat ngindarin atau ngurangin konsumsi keju olahan ya karena keju bisa jadi makanan penyebab darah tinggi.
 

Yang Terlihat Sehat Belum Tentu Aman

Ngehindarin makanan dan minuman yang sering kita stok dan kita temuin itu emang nggak gampang, harusnya punya tekad kuat biar nggak ke goda. Tapi kalo masalah kesehatan kamu udah serius, kamu harus bisa nahannya ya. Biar kesehatan kamu makin aman dan terjaga, kamu butuh perlindungan asuransi kesehatan Jaga Sehat Pilihanku. Tapi kalo kamu sudah berkeluarga asuransi kesehatan keluarga bisa jadi pilihan, biar semua anggota keluarga kamu terlindungi kesehatannya.

Asuransi Jaga Sehat Keluarga, asuransi keluarga yang ngasih kemudahan untuk jagain kesehatan keluarga kamu. Banyak manfaat yang bisa kamu dapetin mulai dari premi kembali 25% kalau enggak ada klaim, santunan rawat inap (harian), pembedahan dan rawat jalan. Dengan Jaga Sehat Keluarga kamu enggak perlu lagi repot urus satu-satu, cukup satu premi bisa dipake untuk satu keluarga, dan harga preminya terjangkau loh, mulai dari Rp280,- ribu rupiah. Yuk jaga kesehatan keluarga dari kemungkinan gejala penyakit yang enggak terduga, daftar sekarang!
 

5. Daging Merah

Siapa disini yang suka nyetok daging merah di kulkas buat diolah dan dikonsumsi untuk makanan harian? Yuk waspada, terutama buat kamu penderita darah tinggi. Daging merah punya kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi, lemak jenuh ini bisa bikin penyumbatan pada pembuluh darah, bahaya bangetkan buat penderita darah tinggi karena bisa nyebabin stroke dan yang terburuknya bisa nyebabin kematian, yuk mulai kurangi konsumsi daging merah yang ada di kulkas kamu.

6.  Makanan Cepat Saji

Siapa yang suka makanan cepat saji kaya burger, pizza, hotdog? Hati-hati ya karena makanan cepat saji ini ternyata bisa ningkatin tekanan darah tinggi loh. Hal ini dikarenakan bahan makanan yang digunakan untuk makanan ini menggunakan  bahan yang tinggi garam, seperti daging dan keju.

Gak cuma bisa ningkatin tekanan darah tinggi, makanan cepat saji juga berbahaya untuk kesehatan kalau di konsumsi terlalu sering dan berlebihan. Yuk kurangi dan hindari makanan cepat saji dengan makanan yang kamu olah sendiri dengan bahan yang jauh lebih aman dan sehat.

7. Makanan dan Minuman Mengandung Pemanis Buatan

Banyak yang nggak tau kalo makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan gak baik buat penderita darah tinggi, karena bisa nimbulin penyakit kardiovaskular dan hipertensi penyakit yang mengganggu kinerja jantung dan meningkatkan tekanan darah. Makanan dan minuman mengandung pemanis buatan sering kita jumpai di produk minuman bersoda, saus salad dan es krim, produk makanan dan minuman ini pasti ada dikulkas kamu kan?

Jadi, kalau kamu masih suka nyimpen makanan kayak gini di kulkas, jangan ragu buat ganti sama  makanan yang lebih sehat ya!
 

Nah, kalau kamu pengen tetap sehat, emang penting banget buat nyetok makanan sehat dan kurangi atau hindari makanan penyebab darah tinggi kaya yang disebutin diatas. Tapi ternyata itu aja kadang nggak cukup, kamu tetap harus punya perlindungan dari asuransi kesehatan. Ada kok produk asuransi kesehatan yang nggak cuma bisa ngelindungin kamu, tapi juga seluruh keluarga kamu yaitu produk Asuransi Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI.

Asuransi ini nawarin premi yang murah dan bisa kembali 25% kalau nggak ada klaim. Kamu juga berkesempatan buah dapat santunan rawat inap harian, santunan pembedahan, dan santunan rawat jalan. Selain itu, tiap bulannya juga bakal ada voucher belanja gratis loh.

Gak cuma dapet perlindungan tapi kamu juga bisa dapet banyak keuntungan lainnya, yuk gunain asuransi kesehatan keluarga dari Jagadiri.
 

Referensi : 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/17/174624420/12-makanan-pemicu-tekanan-darah-tinggi?page=all

https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/makanan-yang-memicu-darah-tinggi/

https://www.halodoc.com/artikel/7-jenis-makanan-yang-harus-dihindari-pengidap-hipertensi

https://kesehatan.kontan.co.id/news/ini-9-makanan-dengan-kandungan-garam-tinggi-yang-perlu-dibatasi-konsumsinya

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1