Article

Jarang Yang Tau! Ketumbar, Bumbu Dapur Yang Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

13:23, 25 August 2023

02 1980x1080  1

Sehat Alami dengan Manfaat Ketumbar

 

Ngga cuma sebagai bumbu dapur, ketumbar ternyata juga punya segudang manfaat bagi kesehatan kita lho! Ini karena banyaknya nutrisi yang dikandung dalam ketumbar, antara lain kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin A, B, C, E dan K. Selain itu kandungan antioksidannya juga dikenal cukup tinggi.

Nah, sekarang Jadimin akan rangkum apa saja manfaat ketumbar bagi kesehatan, yuk simak berikut ini.
 

  1. Nyehatin sistem pencernaan

Buat kamu yang ngalamin perut kembung, mules, diare, kejang usus, sembelit dan apapun yang berhubungan dengan pencernaan, ngga usah bingung obatnya, karena ketumbar bisa bantuin kamu meringankan gangguan pencernaan. Ini karena kandungan antioksidan dalam ketumbar yang cukup tinggi, yang bisa ngatasin berbagai kendala dalam pencernaan kita.

Cara bikin minuman ketumbar untuk nyehatin sistem pencernaan :

  • Siapin 1 sdm biji ketumbar

  • Siapin 1 ruas jahe dan diiris beberapa bagian

  • Siapin 5 cm kayu manis

  • Siapin 1 sdm madu

  • Rebus air sebanyak 1 gelas minuman, sampai mendidih dan masukkan semua bahan : biji ketumbar, jahe, kayu manis, dan madu

  • Aduk dan minum selagi hangat
     

  1. Bantu nurunin kadar gula darah

Dari beberapa penelitian dijelasin kalau ekstrak ketumbar atau air ketumbar bisa bantu ningkatin produksi juga kinerja hormon insulin, yang akibatnya bisa bantu nurunin gula darah. Nah, buat kamu yang pengen ngehindarin risiko terkena diabetes, ketumbar bisa kamu konsumsi dengan rutin. Tapi tetep inget, jangan berlebihan ya, cukup sehari sekali untuk dapetin manfaatnya.

Cara bikin infused water dari ketumbar untuk nurunin gula darah :

  • Haluskan 10 biji ketumbar

  • Campur ketumbar yang sudah dihaluskan ke dalam 2 liter air 

  • Aduk dan diemin semalaman

  • Di pagi hari, saring air rendaman ketumbar, buang ampas ketumbar dan minum airnya
     

  1. Bantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari ketumbar yaitu bantu jaga kesehatan jantung kita. Ini karena senyawa dalam ketumbar bisa bantu nurunin tekanan darah dan kolesterol jahal (LDL) yang dampaknya bisa mencegah penyakit jantung.

Cara bikin minuman ketumbar yang bisa ngejaga kesehatan jantung :

  • Didihkan 1 liter air

  • Masukin 2 sdm biji ketumbar dalam air mendidih, terus diamkan selama 15 menit

  • Selanjutnya saring air ketumbar dan buang bijinya

  • Biarkan selama kurang lebih 2 jam, lalu minum air rebusan ketumbar

Biar lebih enak, kamu bisa tambahin kunyit, jahe, sereh atau kapulaga dalam rebusan biji ketumbar sesuai selera ya. Minuman ini cukup dikonsumsi sehari sekali untuk nge-jaga kesehatan jantung kita.
 

  1. Bantu ningkatin kesehatan tulang

Ketumbar juga mengandung beberapa mineral yang punya pengaruh pada tulang seperti kalsium, magnesium dan mangan dalam jumlah tinggi. Mineral ini ngebantu banget dalam memperkuat tulang dan mencegah penyakit keropos tulang atau osteoporosis.

Cara bikin minuman ketumbar sederhana banget :

  • Siapin 1 sdm biji ketumbar

  • Masukin dalam gelas minuman

  • Seduh dengan 250 – 300 air panas

  • Diamkan sampai hangat, baru tambahin madu biar lebih enak
     

  1. Bantu nyembuhin mata merah dan infeksi mata lainnya

Buat kamu yang sedang sakit mata atau terkena infeksi mata, kamu bisa coba bikin minuman ketumbar untuk bantu nyembuhin infeksi matamu. Ketumbar mengandung antioksidan yang jumlahnya cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu ngeredain infeksi.

Untuk minuman ketumbar atau infused water, kamu bisa contoh beberapa cara diatas. Tapi sekali lagi, fungsi ketumbar hanya membantu, kamu tetep harus ke dokter untuk mastiin penyakit mata yang kamu derita dan dapetin penanganan yang tepat.
 

Itu dia manfaat ketumbar untuk kesehatan yang kamu perlu tahu, dan masih ada beberapa manfaatnya lagi seperti nurunin kadar kolesterol, ningkatin kekebalan tubuh, ngelawan radikal bebas dan ngobatin ruam kulit. Tapi kalau kamu punya kondisi medis tertentu seperti darah tinggi, kelainan jantung, kanker dan penyakit serius lainnya, kamu perlu konsultasi dulu ke dokter untuk mastiin bahwa kamu boleh mengonsumsi air ketumbar ya.

Karena sehat itu sangat penting, Jadimin saranin siapin deh perlindungan kesehatan untukmu dan keluarga. Supaya kalau tiba – tiba terjadi gangguan kesehatan yang mengharuskanmu rawat inap atau rawat jalan, kamu ngga bingung lagi masalah biaya. Karena sakit ngga harus nunggu kamu punya duit dulu kan?

Jaga Sehat Pilihanku dari asuransi JAGADIRI adalah produk perlindungan kesehatan untukmu dan keluarga yang bisa kamu pilih preminya sesuai kebutuhan. Meng-cover rawat jalan dan rawat inap lagi, dan yang pasti preminya sangat terjangkau. Mulai dari Rp 25 ribuan saja, kamu bisa tetep ngerasa aman dan tenang jika tiba – tiba harus rawat inap, ngga perlu mikirin biaya lagi. 

Yuk cek langsung ke Jaga Sehat Pilihanku untuk info selengkapnya.

 

Referensi :

https://www.alodokter.com/5-manfaat-air-ketumbar-yang-perlu-diketahui

https://kesehatan.kontan.co.id/news/7-manfaat-ketumbar-untuk-kesehatan-jika-rutin-dikonsumsi-catat-ya

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2194/ketumbar-si-mungil-yang-kaya-manfaat

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1