Article

Labu Siam, Si Hijau yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan dan Penyembuhan

13:43, 2 November 2023

07 1980x1080  3

Segudang Manfaat Labu Siam

 

Labu siam yang dikenal dengan nama jipang atau manisa adalah jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sedikit banyak kalian pasti tahu kok atau malah pernah mengonsumsinya juga. Labu siam ini bukan tanaman asli Indonesia ya, tapi dulunya didatangkan dari wilayah Siam di negara Thailand. 

Bentuk labu siam mirip buah pir tapi berwarna hijau. Menurut penelitian dari Universitas North Florida, Amerika, ternyata labu siam ini punya kandungan vitamin yang cukup tinggi lho. Selain itu, labu siam juga punya kandungan tinggi serat dan mineral serta rendah kalori. 

Ngga heran kalau labu siam disebut punya segudang manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan. Lalu apa saja sih manfaat labu siam? Dan bagaimana cara mengolahnya?
 

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai sayuran, tapi secara teknis labu siam masuk dalam golongan buah ya. Buah ini rasanya ringan, biasanya dimasak sebagai tumisan atau sayuran berkuah santan. Ini dia manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Bantu nurunin berat badan

Labu siam punya kandungan kalori rendah, tapi serat yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya hanya mengandung sekitar 16 kalori saja. Labu siam juga ngga punya kandungan lemak jenuh sama sekali. Ini yang bikin labu siam bagus banget untuk bantu nurunin berat badan. 
 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah kamu kalau labu siam ternyata juga bisa bantu ngejaga kesehatan jantung? Ini karena labu siam punya kandungan folat sekitar 23% dan kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Folat dan vitamin B bisa mengontrol asam amino dalam darah. Nah, kalau jumlah asam amino dalam darah stabil, risiko penyakit jantung pun berkurang.
 

  1. Bantu nurunin tekanan darah tinggi

Penelitian dari Poltekkes Kemenkes Surakarta jelasin bahwa jus labu siam bisa bantu nurunin tekanan darah tinggi pada lansia termasuk pada ibu pasca persalinan. Kandungan fitokimia dalam labu siam disebut bisa ngelancarin aliran darah dan ngurangin tingkat tekanan darah. Kalau dikonsumsi secara teratur, labu siam bisa mengontrol tekanan darah menjadi normal.
 

  1. Mencegah kanker

Manfaat labu siam selanjutnya adalah mencegah kanker. Labu siam punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi yaitu apigenin dan luteolin. Kandungan ini yang bisa ngelawan dan ngebersihin radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh kita.
 

  1. Menyehatkan pencernaan

Rajin mengonsumsi sayur dan buah termasuk labu siam, bagus banget untuk nyehatin pencernaan kita. Apalagi labu siam punya kandungan flavonoid dan serat yang cukup tinggi. Senyawa ini dikenal bisa ngelancarin proses pencernaan. Anti sembelit deh!
 

  1. Memperlambat tanda – tanda penuaan

Banyak penelitian nyebutin kalau mengonsumsi makanan tinggi antioksidan sangat baik dalam memperlambat proses penuaan. Salah satu penyebab penuaan adalah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Labu siam punya kandungan antioksidan tinggi diantaranya adalah vitamin C. Vitamin ini memang dibutuhin untuk memproduksi kolagen yaitu protein utama yang bermanfaat untuk kekencangan dan kesehatan kulit.
 

  1. Mendukung kehamilan yang sehat

Ibu hamil butuh banyak nutrisi seperti folat, kalsium, zat besi dan vitamin. Kandungan ini ada pada labu siam dengan kandungan folat yang lumayan tinggi yaitu 47% dari satu buah labu siam (203 gram). 

Kandungan folat yang cukup dalam tubuh ibu hamil bisa bantu mencegah kelahiran prematur, ningkatin perkembangan otak janin termasuk sumsum tulang belakang. 

 

Cara Mengolah Labu Siam

Labu siam dikenal karena rasanya yang ringan dan mudah ditemuin di pasar. Biasanya orang akan mengolahnya jadi berbagai masakan seperti ditumis, dibuat sayur, dikukus dan sebagainya. 

  1. Labu siam kukus

Biasanya orang akan memasak labu siam kukus untuk dimakan sebagai lalapan. Cara mengolahnya juga cukup mudah :

  • Kupas bersih kulit labu siam

  • Cuci bersih dengan air mengalir

  • Potong dadu atau sesuai selera

  • Masukin dalam panci kukusan

  • Kukus selama 15 – 20 menit

  • Labu siam kukus siap disantap sebagai lalapan
     

  1. Tumis labu siam

Labu siam juga lezat banget dijadiin masakan tumis. Caranya seperti ini nih :

  • Kupas bersih 1 buah labu siam

  • Kupas bersih 1 buah wortel

  • Siapin bawang merah, bawang putih dan daun bawang secukupnya

  • Siapin 1 sdm saus tiram

  • Siapin garam dan merica

  • Selanjutnya tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai harum

  • Masukin labu siam dan wortel

  • Masukin saus tiram, garam dan merica

  • Beri sedikit air dan masak sampai matang
     

  1. Salad labu siam

Ngga melulu dijadiin sayur, labu siam juga bisa dijadiin salad lho! Jadi buat kamu yang pengen rasa asam dan segar, cobain salad labu siam deh.

Pilih labu siam muda, lalu potong memanjang seperti stik. Campur dengan potongan paprika kuning, paprika merah juga tomat. Khusus sausnya, gunain minyak zaitun atau perasan lemon ya. Ini sebagai variasi kalau misalnya kamu bosan dengan olahan yang itu – itu aja.
 

  1. Jus labu siam

Buat kamu yang kadar kolesterolnya naik, atau tekanan darahnya sedang naik, cobain jus labu siam ini. Cara bikinnya mudah dan ngga perlu waktu lama.

  • Siapin 2 buah labu siam muda ukuran sedang

  • Kupas dan cuci bersih sampai getahnya hilang

  • Potong jadi beberapa bagian kecil

  • Masukin labu siam dalam blender dan tambahin buah sesuai selera 

  • Tambahin sedikit air

  • Sajikan di gelas dengan tambahan es batu
     

Nah itulah penjelasan manfaat labu siam buat kesehatan dan cara mengolahnya. Buat kamu yang biasa makan sayur asem atau sayur lodeh, pasti nemuin campuran labu siam juga di dalamnya. Jadi mulai sekarang, rajinlah makan sayur dan buah untuk ngejaga kesehatan, karena kesehatan itu mahal harganya.

Lengkapi juga perlindungan kesehatan untuk kamu dan keluarga, karena sakit bisa dateng kapan saja, ngga nunggu kita punya duit dulu. Pilih asuransi yang bener – bener bisa ngejawab kebutuhanmu seperti Jaga Sehat Keluarga dari asuransi JAGADIRI.

Cukup bayar 1 premi bisa untuk ngelindungi sampai 5 orang anggota keluarga dalam 1 Kartu Keluarga. Ngga harus cek kesehatan kok, dan bisa meng-cover semua penyakit termasuk HIV/AIDS. Preminya juga terjangkau lho!

Tunggu apalagi, yuk cek langsung ke laman Jaga Sehat Keluarga dan dapetin info selengkapnya.

 

Referensi :

https://food.detik.com/info-sehat/d-6768417/7-manfaat-labu-siam-untuk-kesehatan-bisa-cegah-penyakit-jantung

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-labu-siam

https://manfaat.co.id/15-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1