Article

Perut Sering Terasa Kembung? Bisa Jadi Gejala Kanker Hati Lho!

15:39, 1 November 2023

02 1980x1080  3

Kenali Gejala Kanker Hati yang Perlu Kamu Waspadai

 

Kanker hati adalah sel – sel ganas atau tumor yang berasal dari organ hati. Dalam tubuh, hati punya banyak sekali fungsi penting lho, diantaranya bantu netralin racun dalam tubuh, bantu dalam proses pembekuan darah juga mendukung kerja dari beberapa hormon tubuh.

Kanker hati punya 2 jenis yaitu kanker primer dan sekunder. Yang disebut kanker primer adalah kanker hati yang berasal dari organ hati itu sendiri. Sedangkan kanker sekunder adalah kanker hati yang berasal dari kanker organ tubuh lain tapi sudah menyebar sampai ke organ hati.

Nah, berikut akan dijelasin gejala kanker hati yang perlu kamu waspadai termasuk penyebabnya. Simak baik – baik ya.

Gejala kanker hati

Kanker hati pada tahap awal memang ngga begitu terasa, ngga heran gejalanya juga sering diabaikan. Tapi seiring waktu, kanker akan memburuk dan kesehatan pasien pun menurun. Makanya jangan pernah abaikan gejala sekecil apapun, apalagi buat kamu yang punya orang terdekat seperti orang tua misalnya, yang meninggal akibat kanker hati.

Gejala – gejala awalnya seperti ini :

  • Sering ngerasa mual dan muntah

  • Perut kembung

  • Mudah ngerasa kenyang, meski cuma makan sedikit

  • Nafsu makan menurun

  • Berat badan turun drastis tanpa sebab pasti

  • Kelelahan yang terus menerus

  • Kulit tubuh dan bagian putih pada mata terlihat menguning

  • Sering ngalamin gatal – gatal di kulit

  • Nyeri pada perut bagian kanan atau sisi kanan dekat tulang belikat

Ketika kanker semakin memburuk, gejala yang ditimbulin juga makin parah, diantaranya :

  • Demam

  • Sesak napas dan jantung berdebar tidak teratur

  • Kaki dan pergelangan tangan terlihat membengkak

  • Urine berubah warna menjadi gelap

  • Terjadi penumpukan cairan di perut, sehingga perut terlihat membesar

  • Tubuh jadi gampang memar dan pendarahan

  • Feses berwarna hitam


Penyebab Kanker Hati

Penyebab kanker hati ada berbagai macam, dan kamu perlu tahu, supaya kamu bisa ngeliat seberapa tinggi kemungkinan kamu terkena penyakit ini.

Beberapa faktor penyebab kanker hati antara lain :

  1. Infeksi virus hepatitis

Kanker hati bisa disebabkan infeksi virus hepatitis. Virus hepatitis B dan C yang menginfeksi hati, ternyata jadi penyebab utama kanker hati di seluruh dunia lho. Virus ini ngerusak organ hati dan nyebab-in peradangan kronis. Akibat kerusakan ini, sel kanker mulai mengalami perkembangan.
 

  1. Penyakit hati kronis

Penyebab kanker hati selanjutnya adalah penyakit hati yang kronis. Contohnya sirosis hati, penyakit hati berlemak, penyakit penumpukan zat besi pada hati (hemokromatosis). 
 

  1. Keturunan

Kalau kebetulan kamu punya saudara kandung atau orang tua yang mengidap kanker hati, kamu perlu waspada dengan faktor keturunan ini sebagai salah satu penyebab kanker hati. Meski begitu, kamu ngga perlu berkecil hati, karena pola hidup akan menentukan apakah sel – sel kanker berkembang atau tidak. 

Karenanya kalau kamu memang punya keturunan pengidap kanker hati, jaga selalu pola hidup sehatmu agar kecil kemungkinan kamu terkena penyakit ini.
 

  1. Obesitas 

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu perlemakan pada organ hati. Perlemakan hati ini dalam waktu lama bisa nyebab-in peradangan, yang kalau ngga segera ditangani bisa bikin pengerasan pada hati. Akibatnya terjadi gagal hati atau kanker hati.
 

  1. Konsumsi alkohol

Sekali lagi nih, mengonsumsi alkohol apalagi yang berlebihan, ngga ada manfaatnya buat kesehatan! Malah bisa memicu banyak penyakit berbahaya tanpa kamu sadari termasuk kanker hati. 

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dalam waktu lama bisa nyebab-in kerusakan hati, yang akhirnya jadi pemicu kanker hati. Kondisi ini lebih parah dialami bagi orang yang punya riwayat penyakit hepatitis atau sirosis.
 

  1. Penyakit diabetes

Penyakit diabetes tipe 2 bisa jadi salah satu penyebab kanker hati. Karena penyakit ini nyebab-in akumulasi lemak pada organ hati sehingga timbul peradangan kronis. Makanya kamu harus tetap menjaga pola hidup sehat dan rajin check up kondisi kesehatanmu ya.
 

  1. Sirosis hati

Sirosis hati terjadi ketika jaringan parut menggantikan jaringan sehat pada organ hati. Penyebabnya ada beberapa seperti terkena virus hepatitis kronis, gemar mengonsumsi alkohol atau kelainan genetik. Orang dengan sirosis hati semakin tinggi risiko terkena kanker hati karena sel – sel hati yang rusak rentan ngalamin mutasi.

 

Itulah gejala kanker hati dan penyebabnya yang perlu kamu waspadai. Kebanyakan memang penyakit berbahaya awalnya ngga bergejala atau bergejala tapi ngga terlalu terasa. Makanya kamu ngga boleh lagi nyepele-in gejala sekecil apapun yang ngeganggu kesehatanmu karena bisa jadi itu gejala awal dari sebuah penyakit serius. 

Buat kamu yang selalu mengutamakan kesehatan, penting untuk punya perlindungan jiwa juga. Karena dengan perlindungan jiwa, kamu akan lebih tenang dalam menghadapi risiko kesehatan di kemudian hari. Pilih asuransi jiwa yang bukan seperti asuransi biasa, seperti Jaga Jiwa dari asuransi JAGADIRI.

Proses aplikasinya cepat, tanpa merepotkan sama sekali. Belum lagi preminya yang sangat terjangkau, sebesar Rp 23 ribuan/bulan saja, kamu bisa dapetin perlindungan selama 1 tahun! Plus ada diskon sebesar 10% kalau kamu bayar premi secara tahunan lho! 

Penasaran? Yuk ke laman Jaga Jiwa : https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-jiwa dan dapetin info selengkapnya.
 

Referensi :

https://ciputrahospital.com/penyebab-kanker-hati-kenali-gejala-dan-pengobatan/

https://www.halodoc.com/kesehatan/kanker-hati

https://herminahospitals.com/id/articles/kenali-6-gejala-kanker-hati-yang-harus-di-waspadai.html

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1