Article

7 Penyebab Serangan Jantung Mendadak yang Harus Kamu Tahu! Nomor 3 Bikin Terkejut

14:58, 26 March 2024

20 7 penyebab serangan jantung mendadak yang harus kamu tahu  nomor 3 bikin terkejut 1980x1080

Ini Dia Hal-Hal Yang Nyebabin Serangan Jantung Mendadak

 

Semua orang pasti takut sama yang namanya serangan jantung. Nah, kalau kamu juga takut sama penyakit ini, kamu wajib tahu apa aja sih penyebab serangan jantung mendadak. Soalnya emang saat ini tuh semakin banyak kasus orang yang meninggal dunia akibat serangan jantung. Kalau kamu tahu apa aja penyebabnya, kamu pasti bakal lebih hati-hati dan tahu gimana cara cegah masalah ini.
 

7 Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Sebelum kamu tahu apa aja penyebab serangan jantung mendadak, kamu harus tahu bahwa ternyata serangan jantung adalah suatu kondisi ketika terjadi gangguan jantung yang membuat organ ini berhenti dan tidak berfungsi secara tiba-tiba. Orang yang kena serangan jantung, biasanya bakal pingsan secara tiba-tiba terus denyut jantung atau nadi juga tidak terdeteksi, bahkan bisa langsung berhenti nafas.

Supaya kamu nggak penasaran sama apa aja penyebabnya, yuk cari tahu sama-sama penyebab dari masalah serangan jantung mendadak:

1. Gangguan Kelistrikan pada Jantung

Jantung punya sistem kelistrikan yang bertugas mengontrol kecepatan dan irama jantung. Kalo kinerja kelistrikan pada jantung ngalamin gangguan, bisa bikin serangan jantung mendadak karena ketidakmampuan jantung mengontrol kecepatan. Kalo kamu sering ngerasain jantung berdebar dan kecepatan jantung yang terasa enggak normal, sebaiknya cepat untuk lakuin pemeriksaan ya.

2. Jaringan Parut

Penyebab lain yang juga perlu buat kamu waspadai adalah kalau sampai terjadi kondisi jantung mengalami luka sehingga jaringan tersebut tidak dapat berfungsi dengan normal. Kondisi ini terjadi jika otot jantung mengalami cidera. Kondisi otot yang bermasalah ini bakal mempengaruhi kemampuan jantung buat memompa darah.

Kalau ini terus dibiarin, pastinya bakal bikin kondisi jantung makin parah. Di 6 bulan pertama setelah ngalamin serangan jantung, seseorang harus hati-hati soalnya bisa juga ngalamin serangan jantung lain bahkan bisa lebih parah dari serangan yang sebelumnya.

3. Olahraga Berat

Pasti kamu sering banget denger berita ketika orang sedang berolahraga tiba-tiba meninggal karena serangan jantung mendadak, padahal kegiatan yang sedang dilakukan itu adalah kegiatan menyehatkan.  Hal ini bisa terjadi karena olahraga yang terlalu diforsir atau memang kondisi badan yang terlalu diforsir untuk memaksa badan terus beraktivitas tanpa istirahat yang cukup, hal ini bisa meningkatkan hormon adrenalin dilepaskan sangat cepat yang berakibat masuk ke pembuluh darah. Dan kondisi inilah yang mengakibatkan jantung mengalami serangan mendadak.

Sehat Gak Jamin Aman

Punya tubuh yang sehat itu penting, tapi sehat belum tentu bisa ngejamin kamu tetap aman dari segala resiko penyakit, contohnya kondisi serangan jantung mendadak ini. Serangan jantung mendadak memang bisa berakibat fatal karena bisa menghilangkan nyawa. Makanya penting banget buat kamu punya perlindungan tambahan buat jiwa kamu, supaya situasi buruk yang terjadi enggak semakin parah.

Perlindungan tambahan yang kamu butuhin adalah Jaga Jiwa Xtra. Punya asuransi jiwa itu penting, supaya orang yang kita sayangi bisa tetap terjamin dengan dana asuransi yang kita milikin. Manfaat extra buat kamu, premi bakal kembali 110% kalo enggak ada klaim ketika periode pertangguhan telah selesai, jadi enggak bakal rugikan? Dan kamu bisa dapet e-voucher belanja dan tiket nonton CGV tiap bulan untuk member Salin Group. Yuk daftar sekarang dan nikmatin manfaat perlindungannya.

4. Efek Samping Obat

Kamu harus waspada nih soalnya ada loh obat yang bisa bikin masalah yang serius sama jantung. Jadi, kamu harus hati-hati ketika mengonsumsi obat yang cukup keras karena bisa jadi obat tersebut mempengaruhi magnesium dan kalium dalam darah. Kalau sampai zat tersebut kadarnya jadi berlebihan, pastinya ini bakal bahaya banget buat jantung.

5. Otot Jantung Menebal

Otot jantung ternyata juga bisa mengalami penebalan loh. Kondisi ini terjadi kalau seseorang punya tekanan darah tinggi atau penyakit-penyakit di area katup jantung atau gangguan jantung lainnya. Jika ternyata otot jantung jadi makin tebal, ini bisa bikin irama detak jantung nggak stabil dan nyebapin serangan jantung mendadak.

6. Kelainan di Pembuluh Darah

Ternyata banyak loh orang-orang yang ngalamin masalah serangan jantung mendadak gara-gara punya kelainan di pembuluh darah. kelainan pada pembuluh darah bisa terjadi kalau ada penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan plak yang berasal dari makanan dan minuman serta bahan kimia yang dikonsumsi. 

Ciri-ciri orang yang punya kelainan di pembuluh darah biasanya bakal sering mengalami kesemutan, gampang mati rasa, sering kram otot, sering kedutan, sering nyeri di beberapa bagian tubuh, dan lain sebagainya. Saat terjadi kelainan pembuluh darah, maka tubuh bakal ngeluarin hormon adrenalin yang berlebihan dan ini bisa bikin serangan jantung yang sangat mematikan.

7. Adanya Penyakit Bawaan

Penyebab serangan jantung mendadak lain yang juga perlu banget buat diwaspadai adalah kalau ternyata punya penyakit bawaan. Ada beberapa kasus orang yang ternyata emang udah punya penyakit jantung bawaan sejak masih anak-anak atau bahkan remaja. Orang yang punya masalah ini biasanya gara-gara punya sindrom wolff-Parkinson-White dan sindrom Long QT. Sindrom ini bisa nyebapin masalah di kelistrikan jantung yang efeknya bikin serangan jantung secara tiba-tiba.

Selain kamu perlu buat waspada sama penyebab serangan jantung mendadak yang udah disebutin tadi, kamu juga harus hati-hati sama faktor risiko lain misalnya kebiasaan ngerokok, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol, diabetes, nggak pernah olahraga, pernah ngalamin masih serangan jantung, punya penyakit ginjal, atau bahkan punya masalah tidur apnea.

Kamu juga perlu buat jaga kesehatan kamu dengan rutin olahraga.  Pastiin juga buat konsumsi makanan-makanan sehat yang bagus buat jantung. Selain itu, kamu mungkin juga butuh asuransi kesehatan buat maksimalin perlindungan kesehatan kamu.
 

Apalagi sebentar lagi lebaran udah mau dateng. Kamu pasti juga pengen kan mudik ke kampung halaman? Nah, supaya kamu lebih terlindungi pas mudik nanti, jangan lupa buat punya asuransi Jaga Mudik dan juga Jaga Jiwa Xtra dari JAGADIRI.

Asuransi Jaga Mudik ini bisa bantu kamu merasa terlindungi selama mudik lebaran. Kalau kamu punya asuransi ini, kamu bakal berkesempatan buat dapetin santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sampai 25 juta. Tersedia juga santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan maksimal sebesar Rp1.250.000 selama kamu masih dalam masa pertanggungan.

Sedangkan Jaga Jiwa Xtra adalah asuransi jiwa yang nawarin banyak keuntungan. Kamu udah bisa dapat perlindungan hanya dengan membayar premi mulai dari Rp130.000-an aja per bulan. Nantinya kamu bakal dapat santunan meninggal dunia sampai dengan 300 juta rupiah akibat kecelakaan dan juga berkesempatan buat dapetin tiket nonton CGV dan dapat e-voucher belanja tiap bulan.

Bahkan kalau kamu punya asuransi jiwa ini, kamu bisa ambil kembali premi sampai 110% loh. Jadi, kamu beli asuransi serasa kayak nabung, soalnya preminya bisa kamu ambil.

Yuk langsung aja tingkatin perlindungan kamu selama lebaran ini bareng asuransi Jaga Mudik dan Jaga Jiwa Xtra dari JAGADIRI. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian langsung aja kunjungi produk Jaga Jiwa Xtra dan Jaga Mudik.

 

Referensi : 

https://health.kompas.com/read/2022/03/28/200100068/7-penyebab-serangan-jantung-mendadak-dan-cara-mencegahnya

https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/emergensi/serangan-jantung-mendadak-waspadai-gejalanya/

https://www.ekahospital.com/better-healths/jantung/9-penyebab-serangan-jantung-yang-harus-anda-ketahui-dan-cara-mencegahnya

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1