Article

5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda, Kok Bisa?

15:23, 19 September 2022

01 1980x1080  7

Apa Saja Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

 

Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda? Sebentar-sebentar, emang bisa anak muda kena hipertensi atau tekanan darah tinggi? Ternyata makin cepat dan pesatnya hidup, ada banyak faktor yang bikin tekanan darah tinggi naik. Berikut 5 penyebab tekanan darah tinggi di usia muda. 


Sebenernya hipertensi itu nggak kenal usia

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang umumnya nyerang penderita usia lanjut. Sayangnya, penyakit hipertensi juga ditemuin pada kawula muda, termasuk remaja dan pekerja muda produktif. 

Laman Hellosehat.com sempat ngutip data Riset Kesehatan Dasar yang rilis pada 2018. Isinya, terjadi peningkatan 13,2 persen pada penderita hipertensi di usia 18-24 tahun. Pada Riset Kesehatan Dasar yang rilis tahun 2013, sebesar 8,7 persen penderita hipertensi berusia 15-24 tahun. 

Kok bisa? Apa aja penyebab tekanan darah tinggi di usia muda? 

Baca juga: Tabel Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia, Kamu Sehat atau Over?
 

Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda

Dirangkum dari berbagai sumber, seenggaknya terdapat 5 penyebab tekanan darah tinggi di usia muda. 

1. Faktor keturunan (genetik)

Menurut kajian literatur dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia tahun 2019, faktor keturunan turut menjadi penyumbang kejadian tekanan darah tinggi di usia muda. Dari kajian tersebut, riwayat hipertensi keluarga punya risiko 3,9 kali lebih besar, Teman JAGADIRI. 

Artinya, faktor genetik atau keturunan jadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi di usia muda. Kemungkinan besar, kondisi hipertensi bakal nurun ke generasi berikutnya. 
 

2. Kelebihan berat badan

Selain faktor keturunan, kelebihan berat badan atau obesitas juga turut ngaruh gaes. Obesitas jadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi di usia muda karena makin banyak juga anak-anak muda yang kurang gerak dan olahraga, jalanin pola makan yang buruk dengan kaya gula, garam, lemak, cepat saji, dan berkemasan, stres, serta masalah sosial ekonomi. 

Jadi, kelebihan berat badan itu banyak banget faktor pendukungnya gaes. Sayangnya, kelebihan berat badan menjadi satu penyebab tekanan darah tinggi di usia muda. Kok bisa? Sebab, berat badan berlebih bisa bikin kerja pompa jantung makin berat.
 

3. Kurang olahraga

Di poin sebelumnya, Jadimin udah sebutin bahwa kurang olahraga atau gerak juga menjadi sebab tekanan darah tinggi. Nggak hanya itu, gara-gara kurang olahraga juga, seseorang akan lebih cepat ngalamin obesitas. 

Padahal dengan olahraga, lemak tubuh nggak bakal numpuk di pembuluh darah. Lemak bisa ngehambat aliran darah ke jantung, ngerusak otot, dan memicu serangan jantung. Makanya relate banget alasan kurang olahraga bisa mempercepat tekanan darah tinggi. 
 

4. Stres

Kurang olahraga dan stres, kayaknya ini udah jadi kombo deh gaes. Stres memang nggak kenal usia, tapi bagi pekerja muda produktif, stres menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Kok bisa? 

Saat stres, hormon tubuh jadi nggak seimbang. Sehingga metabolism tubuh nggak stabil dan bikin kolesterol meningkat. Di saat yang sama, kolesterol ini bikin kerja jantung terganggu. Makanya nggak jarang ketika lagi stres, tekanan darah jauh lebih tinggi dan jantung bisa aja berhenti berdetak. 
 

5. Pola makan nggak sehat

Terakhir yakni pola makan buruk. Makanan dan minuman kaya gula, garam, lemak, dan minyak emang bikin ketagihan. Sayangnya, seseorang bisa aja nggak punya opsi untuk akses makanan lebih sehat karena harga makanan dan minuman kaya gula, garam, lemak, dan minyak tuh terjangkau dan ada di mana-mana. 

Masih ada lagi gaes penyebab tekanan darah tinggi di usia muda. Misalnya, malas cek tekanan darah tinggi, kurang tidur, merokok, dan konsumsi alkohol secara berlebihan. 

Gimana sih cara mengatasi penyebab tekanan darah tinggi di usia muda? 
 

Cara mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda

Dirangkum dari laman Alodokter, kamu masih bisa kok untuk nurunin tekanan darah tinggi, berupa: 

  • Perbaiki pola makan dengan ngurangi makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak. 

  • Lakukan olahraga secara rutin, misalnya aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang sebanyak 5 kali per minggu selama 30 menit. 

  • Kurangi merokok dan batasin konsumsi alkohol. 

  • Turunin berat badan hingga berat badan ideal

  • Istirahat cukup.
     

Peduli kesehatan itu perlu

Mumpung masih muda, peduli kesehatan diri tuh perlu. Sesimpel cek tekanan darah. Nggak lupa juga, pastiin kamu punya proteksi asuransi kesehatan dari Jaga Sehat Pilihanku. 

Jaga Sehat Pilihanku adalah asuransi kesehatan online dari JAGADIRI. Premi mulai Rp25.000,00, manfaat (benefit) berupa:

  • Plan Silver: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk rawat inap sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

  • Plan Gold: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk rawat inap dan pembedahan sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

  • Plan Platinum: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

Beli sekarang biar proteksinya makin dini, gaes!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/hipertensi-usia-muda/ 

https://www.guesehat.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-hipertensi-di-usia-muda 

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/darting-di-usia-muda 

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/tekanan-darah25ca83 

https://www.halodoc.com/artikel/stres-berlebihan-bisa-meningkatkan-risiko-serangan-jantung 

https://health.kompas.com/read/2022/06/03/160100268/mengapa-kurang-olahraga-dapat-memperbesar-risiko-serangan-jantung-?page=all 

https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mpk/article/view/1106

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square