Article

Tinggi Serat, Ini 7 Sayuran Pelancar BAB Atasi Sembelit yang Mengganggu

17:09, 17 April 2024

07 tinggi serat  ini 7 sayuran pelancar bab atasi sembelit yang mengganggu 1980x1080

7 Sayuran Tinggi Serat Pelancar BAB

 

Masalah sulit buang air besar kalau dibiarin aja bisa makin parah loh. Kalau kamu punya masalah sembelit kayak gini, emang penting buat segera konsumsi makanan yang bisa bantu ngelancarin BAB. Sayur-sayuran adalah makanan yang paling bagus buat dikonsumsi pas kamu lagi punya masalah sembelit. Kamu perlu tahu sayur pelancar BAB yang mudah ditemuin dan efektif buat atasi sembelit.


7 Sayuran Pelancar BAB yang Bagus Dikonsumsi

Supaya pencernaanmu tetap sehat dan masalah sembelit bisa cepat sembuh, coba deh buat konsumsi 7 sayuran pelancar BAB berikut ini ya:

1. Labu Siam

Sayuran yang satu ini termasuk jenis sayuran pelancar BAB yang gampang banget ditemuin. Labu siam punya kandungan serat yang cukup tinggi loh. Jadi, ini bisa bantu kamu ngatasin masalah buang air besar. Kamu bisa makan labu siam ini dengan cara dibikin sayur atau bisa merebusnya terus kamu bisa langsung makan gitu aja.

2. Kentang

Orang zaman dulu kalau punya masalah sembelit biasanya bakal makan kentang, soalnya ini juga bagus buat ngatasin masalah BAB. Kalau kamu pengen ngatasin sembelit pakai kentang, pastiin kamu masak pakai cara yang sehat ya, misalnya aja dibuat sayur sop atau direbus. Kentang punya kandungan serat yang cukup tinggi. Kamu bisa konsumsi kentang tiap hari atau pas lagi punya masalah BAB.

3. Wortel

Wortel ternyata juga masuk sebagai sayur pelancar BAB loh. Jangan anggap kalau wortel ini cuma punya vitamin  A aja. Soalnya wortel ternyata juga termasuk sayuran yang punya kandungan tinggi serat. Kamu bisa konsumsi wortel dengan cara dibuat sup atau jus. Cara konsumsi wortel bisa disesuaiin sama selera kamu ya!

4. Brokoli

Kamu pasti sudah familiar kan sama sayuran brokoli? Sayuran ini emang punya bentuk yang unik, tapi dibalik bentuknya yang unik itu punya segudang manfaat yang luar biasa buat kesehatan. Brokoli punya banyak kandungan serat dan juga nutrisi lain yang dibutuhin sama tubuh. Kamu bisa konsumsi brokoli setiap hari biar pencernaanmu makin sehat.
 

Jaga-Jaga Sembelit dengan Jaga Sehat Keluarga

Sembelit yang nggak langsung diobatin bisa nimbulin penyakit lain seperti wasir dan bisa kasih efek ketubuh kaya mual, kembung, rasa sakit diperut yang luar biasa dan yang paling parah bisa timbulin kebocoran pada tinja cair dari rektum.

Buat kamu atau ada keluarga yang sering rasain sembelit dan berangsur cukup lama ada baiknya coba periksain diri ke dokter ya dan yang paling penting kamu dan keluarga harus punya perlindungan buat jaga-jaga kalo kesehatan kamu butuh perawatan insentif. Jaga Sehat Keluarga dari Jagadiri bisa jagain kamu dan keluarga dari berbagai kondisi kesehatan yang nggak terduga, jadi nggak perlu lagi khawatir sama resiko kesehatan apapun karena kamu bisa atasin dengan JAGA SEHAT KELUARGA.

Jaga Sehat Keluarga adalah asuransi kesehatan keluarga yang bisa cover kesehatan seluruh keluarga kamu sebanyak 5 orang terdaftar dan pastinya harga preminya terjangkau dan kamu bisa dapetin banyak manfaat kesehatan dan bisa dapetin e-voucher belanja loh! Yuk kunjungin halaman Jaga Sehat Keluarga buat tau lebih lengkapnya.
 

5. Daun singkong

Sayuran seperti daun singkong ternyata juga masuk sebagai sayur pelancar BAB. Daun singkong biasanya dimasak dengan banyak cara misalnya aja merebusnya terus dicocol sama sambel kacang, ada juga yang suka mengolahnya jadi gulai sayur, dan lain sebagainya.

Kandungan yang ada pada sayuran pelancar BAB ini selain serat juga ada vitamin, kalium, zat besi, magnesium, dan terdapat juga kalsium.

6. Kangkung

Popularitas kangkung emang nggak perlu diraguin lagi. Kamu bisa nemuin sayuran kangkung ini dengan mudah di pasar. Bahkan kangkung juga banyak dijual di resto-resto soalnya punya cita rasa yang lezat. Kamu pasti suka juga kan sama tumis kangkung?

Kalau kamu suka sama sayuran ini, coba deh buat konsumsi tumis kangkung buat ngatasin masalah BAB atau sembelit. Soalnya, kangkung  punya kandungan serat yang sangat tinggi apalagi kalau kamu masaknya pakai cara yang benar.

7. Bayam

Untuk ngatasin masalah sembelit, kamu juga bisa manfaatin bayam hijau. Sayuran ini kaya sama vitamin dan juga serat yang bagus banget buatnya kesehatan pencernaan. Kamu bisa makan bayam ini setelah mengolah jadi sup atau bisa juga dinikmatin pakai sambel kacang. 

Supaya masalah sembelit bisa cepat sembuh, selain bisa makan sayuran yang udah disebutin tadi, kamu juga perlu buat penuhi kebutuhan cairan tubuh. Semakin terpenuhi kebutuhan cairan tubuh, pastinya pencernaan juga bakal makin sehat dan BAB makin lancar.

Sekarang kamu udah paham kan sayur pelancar BAB apa aja yang bagus dikonsumsi buat ngatasin masalah pencernaan! Tapi kamu juga perlu tahu, konsumsi makanan sehat aja belum bisa nglindungin kamu secara optimal.

Kamu juga perlu perlindungan dari asuransi Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI. Produk Asuransi ini bisa bantu buat lindungan kamu dan seluruh anggota keluarga. Preminya juga  terjangkau banget, jadi kamu nggak perlu khawatir saat bayar premi bulanannya. Cuma bayar premi mulai dari Rp280.000 aja, kamu udah bisa nikmatin banyak manfaat menarik.

Produk Asuransi ini bakal bikin kamu merasa tenang soalnya premi bisa kembali 25% kalau nggak ada klaim. Kamu juga berkesempatan buat dapetin santunan rawat inap harian, santunan biaya pembedahan, hingga santunan rawat jalan. Setiap bulannya, asuransi ini juga bakal ngasih kamu gratis e-voucher belanja.

Jadi, nggak usah ragu buat ningkatin perlindungan kesehatan buat diri kamu sendiri dan juga seluruh keluarga pakai asuransi Jaga Sehat Keluarga ya!
 

Referensi :

https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/ragam-makanan-pelancar-konstipasi-yang-perlu-anda-tahu

https://www.alodokter.com/10-sayuran-tinggi-serat-untuk-melancarkan-bab

https://www.alodokter.com/asupan-sarat-serat-penghalau-konstipasi

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1