Article

8 Sayuran Ini Ternyata Bisa Nurunin Kadar Asam Urat Loh!

11:47, 3 October 2023

05 1980x1080  1

Mudah di Temuin - Ini Sayuran yang Bantu Nurunin Kadar Asam Urat

 

Dulu penyakit asam urat identik dengan lansia atau orang tua lanjut usia, tapi sekarang asam urat bisa dialami oleh orang yang masih muda. Kenapa bisa begitu? Penyebabnya ngga lain karena pola hidup dan asupan makanan yang ngga sehat. Contohnya kurang olahraga, merokok, stres, suka makanan yang tinggi lemak jenuh, sering mengonsumsi minuman manis, minuman beralkohol dan sebagainya.

Bicara tentang makanan, penderita asam urat juga harus mengonsumsi sayuran sebagai asupan makanan yang disarankan dokter. Tapi sayuran yang boleh dikonsumsi haruslah sayuran yang rendah purin dan punya kandungan karbohidrat kompleks yaitu tinggi serat, vitamin dan mineral untuk nyegah asam urat kambuh lagi.

Lalu apa saja sih sayuran yang bisa nurunin kadar asam urat? Ini dia 8 sayuran penurun kadar asam urat yang kamu wajib tahu.

  1. Wortel

Wortel punya kandungan serat yang cukup tinggi, ini bagus banget untuk ngurangin pembentukan asam urat jangka panjang. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan yang bisa bantu ningkatin sistem kekebalan tubuh, membantu produksi enzim untuk bikin asam urat jadi senyawa yang mudah larut, sekaligus ngeredain nyeri dan peradangan akibat asam urat.
 

  1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C yang bagus buat nurunin kadar asam urat, nyegah pembentukan kristal asam urat dalam darah juga ngebantu ngurangin rasa nyerinya.
 

  1. Seledri

Sayuran penurun asam urat selanjutnya adalah seledri. Seledri kaya kandungan vitamin A, B, C kalium, kalsium, magnesium juga fosfor. Seledri juga punya sifat farmakologis diuretik yang artinya mampu nurunin kadar asam urat melalui urine.  
 

  1. Brokoli

Borokoli dikenal punya kandungan purin rendah yaitu 70 miligram setiap 100 gramnya. Brokoli juga tinggi kandungan vitamin C yang ngebantu banget untuk ngurangin rasa nyeri, termasuk antioksidan yang mampu ngelawan peradangan.
 

  1. Paprika merah

Paprika merah dikenal punya kandungan purin yang rendah tapi tinggi antioksidan seperti vitamin E, beta karoten dan likopen. Nah, punya kandungan antioksidan tinggi adalah sayuran yang dianjurkan buat penderita asam urat, karena antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang ngerusak sel – sel tubuh.
 

  1. Mentimun

Mentimun termasuk dalam sayuran penurun asam urat karena punya kandungan purin rendah tapi kaya antioksidan. Sedangkan antioksidan bagus banget untuk ngontrol poduksi enzim yang bikin asam urat jadi senyawa yang mudah larut.
 

  1. Kentang

Kentang dikenal punya kandungan purin yang sangat rendah. Selain itu kentang juga ngga mengandung lemak dan sodium kalau diolah dengan benar. Serat di dalam kentang juga cukup tinggi dan ini bagus banget buat pencernaan sekaligus ngebantu ngurangin pembentukan asam urat dalam jangka panjang.
 

  1. Terong

Sayuran berikutnya yang punya kandungan purin rendah adalah terong, dan ini cocok dikonsumsi penderita asam urat. Terong juga punya sifat alkaline yang berlawanan dengan asam (acidic). Jadi mengonsumsi terong bisa bantu netralisir kadar asam urat dalam darah.
 

Nah, buat kamu yang menderita asam urat, beberapa sayuran diatas mungkin bisa dimasukin dalam menu makanan sehari – harimu, untuk ngebantu nurunin kadar asam uratmu ya. Tapi ngga cuma makanan, pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, minum banyak air putih dan istirahat yang cukup tetep diperlukan untuk ngejaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Selain itu, kamu juga sebaiknya nyiapin perlindungan kesehatan untukmu dan keluarga biar sewaktu – waktu kalau kamu harus rawat jalan atau rawat inap, ngga bingung biaya lagi, karena semua akan dicover asuransi.

Pilih perlindungan kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan seperti Jaga Sehat Pilihanku dari asuransi JAGADIRI. Jaga Sehat Pilihanku meng-cover rawat jalan dan rawat inap yang bisa kamu pilih sesuai premi yang kamu bayarkan. Jangan khawatir, preminya sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 25 ribuan, kamu sudah bisa dapetin manfaat maksimalnya. Yuk segera ke laman Jaga Sehat Pilihanku, dan daftarkan dirimu sekarang juga.

 

Referensi :

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230114120608-33-405423/ini-8-jenis-sayuran-yang-aman-untuk-penderita-asam-urat

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/07/083000465/6-sayuran-penurun-asam-urat-rendah-purin-dan-kaya-nutrisi?page=all

https://kesehatan.kontan.co.id/news/7-sayuran-yang-efektif-menurunkan-asam-urat-tinggi

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1