Article

Awas! Jenis Sayur dan Olahan Sayur Ini Ternyata Berbahaya untuk Penderita Jantung

10:12, 16 May 2023

07 1980x1080  12

Ada yang Sering Kamu Makan?

 

Penyakit jantung atau yang sering disebut penyakit jantung koroner termasuk salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Seringnya penyakit ini jadi makin parah saat seseorang punya riwayat diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi atau obesitas.

Penderita jantung koroner ngga boleh makan sembarangan. Buah dan sayur adalah menu wajib buat mereka sehari – hari. Meski sayur tergolong sehat, ternyata ada beberapa sayuran yang jadi pantangan lho. Penasaran apa aja sayurannya?

7 Sayuran dan Olahan Sayur yang Berbahaya untuk Penderita Jantung

  1. Sayuran yang mengandung gas

Menurut Kementerian Kesehatan, sayuran yang wajib dihindari salah satunya yaitu sayuran yang mengandung gas. Contohnya : lobak, kol dan nangka muda. Gas yang dihasilin sayur kalau dikonsumsi berlebihan bisa memicu sesak nafas yang bisa berdampak buruk bagi penderita jantung.
 

  1. Sayuran yang digoreng

Gorengan termasuk juga sayuran yang digoreng bikin kadar kolesterol naik. Kolesterol ini kalau bertumpuk dalam darah bahaya juga lho, karena bisa membentuk plak yang menghambat aliran darah kita. Makanya goreng – gorengan wajib dihindari penderita jantung. Disarankan untuk mengganti olahan gorengan dengan dikukus, direbus atau dipanggang.
 

  1. Sayuran hijau kaya vitamin K

Sebagian sayuran hijau kaya vitamin K yang baik banget untuk ngelindungin pembuluh nadi. Vitamin K disebut juga aktivator untuk proses pembekuan darah. Padahal penderita jantung seringkali dalam terapinya mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin. Tujuannya sih untuk ngurangin proses pembekuan darah yang ganggu kerja jantung. 

Nah, efek yang bertentangan antara sayuran hijau kaya vitamin K dengan obat pengencer darah dianggap berbahaya. Makanya penderita jantung ngga boleh terlalu banyak mengonsumsi vitamin K, cuma boleh sekitar 90 – 140 mikrogram per hari.

Sayuran hijau kaya vitamin K bisa kamu dapetin di bayam, kangkung, selada dan brokoli.
 

  1. Sayuran yang ditambahin gula

Nambahin gula sewaktu memasak sayur itu hal yang biasa. Tujuannya biar rasa masakan lebih seimbang dan lezat. Tapi ternyata sering nambahin gula pada masakan atau sayur bisa ningkatin kadar kolesterol lho. Ini yang harus dihindari penderita jantung. Jadi memang sebaiknya penderita jantung mengonsumsi sayuran segar tanpa ada tambahan gula.
 

  1. Sayuran dengan toping tidak sehat

Kamu pasti pernah makan salad sayuran kan? Nah, sayuran dalam salad sebenarnya sehat kok karena terdiri dari sayuran segar. Tapi yang jadi masalah adalah toping salad sayuran itu. Toping salad bisa jadi ngga menyehatkan untuk jantung seperti daging asap, keju, craisins atau mayonnaise, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanya bagi kamu penderita jantung, hindari deh sayuran dengan toping macem – macem itu. Atau kalau memang mau pakai toping, batasi jumlahnya supaya ngga berlebihan.
 

  1. Sayuran yang dimasak terlalu lama

Tahukah kamu sayuran yang dimasak terlalu lama atau overcook bisa ngerusak nutrisi di dalamnya? Entah itu sayuran yang dimasak dengan cara direbus atau ditumis. Padahal nutrisi – nutrisi dalam sayuran baik untuk kesehatan jantung.

Apalagi sayuran yang ditumis terlalu lama, selain nutrisi hilang, minyak jadi lebih teroksidasi dan ini ngga baik banget buat penderita jantung. Jadi, lebih baik hindarin deh sayuran yang dimasak terlalu lama untuk kesehatan jantungmu.
 

  1. Sayuran dalam kaleng

Sayuran segar memang bagus buat tubuh kita, tapi kalau udah dikemas dalam kaleng dan pastinya berpengawet, kamu wajib waspada ya. Sayuran dalam kaleng punya kadar sodium tinggi dan dalam jangka panjang bisa ningkatin tekanan darahmu lho. Nah, tekanan darah yang tinggi ini ngga baik buat penderita jantung.
 

Mengonsumsi sayur – sayuran memang bagus buat penderita penyakit jantung, tapi kamu harus jeli memilih sayuran, mana yang memang bagus buat jantung dan mana yang berbahaya. Jangan sampai karena kurang pengetahuan, makanan justru bisa membawa dampak buruk buat jantungmu.

Sedini mungkin rawatlah jantung dengan makanan dan pola hidup yang sehat, biar hari depanmu lebih cerah. Sediain juga perlindungan jiwa buat kamu dan keluarga biar kamu bisa jalanin hari – hari dengan tenang. Pilih produk perlindungan yang ngga abal – abal, saling menguntungkan dan yang pasti preminya terjangkau.

Seperti Jaga Jiwa Xtra dari asuransi JAGADIRI. Ngga hanya nge-lindungi jiwamu, tapi premi pun dikembaliin maksimal 110% dari total premi yang udah kamu bayarkan, asal ngga ada klaim dalam jangka waktunya ya. Untung banget kan?

Yuk, check info lebih detil di Jaga Jiwa Xtra, dan temuin berbagai penawaran menarik lainnya!

 

Sumber : 

https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/21/070500565/4-jenis-sayuran-yang-sebaiknya-tak-dikonsumsi-penderita-penyakit-jantung/

https://www.orami.co.id/magazine/makanan-yang-dilarang-untuk-jantung

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1