Article

Jaga-Jaga Keamanan Cek! Ini Cara Baca Ukuran Ban Mobil yang Tepat Supaya Enggak Salah Beli

17:15, 14 May 2024

18 jaga jaga keamanan cek  ini cara baca ukuran ban mobil yang tepat supaya enggak salah beli 1980x1080

6 Langkah Cara Baca Ukuran Ban Mobil

 

Banyak loh orang-orang yang pas mau beli ban mobil malah kebingungan dan bahkan salah beli ban. Kalau kamu termasuk orang yang sering bingung saat beli ban baru, perlu tahu nih gimana cara baca ukuran ban mobil biar nggak salah pilih. Selain itu, kalau kamu tahu ukuran ban mobil, ini juga bisa ningkatin keamanan berkendara kamu soalnya ban yang terpasang punya ukuran yang tepat.

Cara Baca Ukuran Ban Mobil yang Tepat Supaya Nggak Salah Beli

Cara baca ukuran ban mobil gampang banget kok. Kamu bisa nemuin kode ini di telapak ban. Di sana kamu bakal nemuin banyak informasi mulai dari tipe ban, tahun produksi, bentuk, ukuran velg, batas kecepatan maksimum, dan yang lainnya. Tapi kalo ingin tahu ukuran ban mobil, kamu bisa lihat kode yang biasanya struktur tulisannya seperti ini : 205/65R15 95H. 

Kalau kamu udah nemu kode kayak gitu, kamu bisa mulai cari tahu ukuran ban pakai langkah-langkah berikut:

1. Tiga Angka Paling Depan

Pada tiga angka terdepan, kamu bisa tahu ketebalan dinding ban atau lebar ban tapi dalam ukuran milimeter. Jadi untuk tahu ukuran ban, kamu bisa nyocokin kode sama ban lama kamu, apakah punya kode yang sama atau nggak.

2. Dua Angka Setelah Garis Miring 

Cara baca ukuran ban mobil berikutnya yaitu lihat pada dua angka yang ada di belakang garis miring. Kamu bakal nemuin dua angka yang nunjukin perbandingan tinggi penampang ban dan lebarnya. Jadi, kalau kamu lihat angka 65 di belakang garis, itu artinya tinggi ban tersebut 65% dari lebar ban. Kalo rasio ban makin besar, itu menunjukkan dinding samping ban juga makin besar.

3. Huruf di Tengah Kode

Berikutnya kamu juga bakal nemuin huruf di tengah kode. Kode yang berupa huruf itu tunjukin konstruksi ban. Kalau kamu nemu huruf R di rangkaian kode, itu artinya mobil punya konstruksi radial.

4. Dua Angka Dibelakang Huruf

Cara baca ukuran ban mobil bisa juga dengan liat 2 angka di belakang huruf tadi. Jadi setelah tahu konstruksi ban, kamu juga bakal tahu lebar dan diameter ban dari angka yang ada di belakang huruf. Dua angka tersebut bakal ngasih tahu kamu diameter velg ban. Jadi kalau angka di belakang huruf R tadi misalnya 15, itu artinya ukuran velg mobil adalah 15 inci.
 

Jangan Cuma Ban Yang Diperhatiin, Keselamatan Kamu Juga Penting!

Ban memang jadi suku cadang yang penting banget untuk kita cek secara rutin, jangan sampe ban yang kamu beli nggak sesuai dan malah nimbulin resiko kecelakaan karena keseimbangan kendaraan yang nggak terkontrol. Biar keselamatan kamu makin terjamin, penting banget buat kamu punya perlindungan saat berkendara dengan Jaga Aman.

Jaga Aman asuransi kecelakaan yang bakal kasih kamu manfaat perlindungan santunan dari resiko kecelakaan hingga meninggal dunia. Selain itu premi asuransi Jaga Aman terjangkau bangat, mulai dari Rp 25.000 rupiah aja loh, kamu udah bisa dapetin perlindungan buat diri kamu. Yuk cek halamanan Jaga Aman buat tau informasi dan manfaat lainnya.
 

5.  Dua Angka Terakhir

Kalau kamu lihat dua angka di paling akhir rangkaian kode, itu nunjukin kode batas beban tumpuan. Jadi misalnya kamu lihat angka 95, jadi setiap ban itu hanya bisa mampu menopang 95 kg beban. Sedangkan pada mobil kamu bisa nemuin 4 ban, jadi tinggal dikalikan aja 95 * 4 maka kamu bakal tahu berapa beban maksimum yang bisa ditumpu.

6. Satu Huruf Terakhir

Pada rangkaian kode ban mobil, di paling akhir kamu bakal nemuin huruf., Huruf ini nunjukin batas kecepatan maksimum atau speed rating. Misalnya kamu nemuin huruf Hm itu artinya ban bisa punya batas kecepatan maksimum sampai 210 km/jam. Kalau misalnya kode yang kamu temuin adalah huruf J, itu artinya batas maksimumnya hanya 100 km/jam. Jadi kamu perlu ngenalin setiap huruf karena kemungkinan akan ada lebih dari 5 huruf yang ada pada ban mobil. Misal kamu punya mobil sport yang sering dipakai buat ngebut, paling nggak kamu pilih ban yang punya kode speed rating Y soalnya punya kecepatan maksimum mencapai 300 km/jam.
 

Nah, kamu udah tahu kan gimana cara baca ukuran ban mobil pakai kode yang ada di permukaan ban. Kamu tinggal lihat sendiri apakah mobil kamu punya ukuran yang besar atau kecil dengan lihat satu persatu digit angka pada kode. Kamu bisa mulai dari yang paling depan sampai yang paling belakang.

Kalo ukuran mobil kamu udah tepat, pastinya berkendara bakal jauh lebih aman dan nyaman. Tapi kamu juga perlu inget saat berkendara, sering banget terjadi kecelakaan karena faktor lain seperti human error misalnya, kelalaian yang bisa nyebabin kecelakaan.

Biar berkendara kamu makin aman dan bisa terhindar dari resiko, penting banget buat kamu punya perlindungan diri Jaga Aman dari Jagadiri. Jaga Aman adalah asuransi kecelakaan yang bakal kasih perlindungan buat diri kamu dari kerugian kecelakaan sampai meninggal dunia. Preminya juga terjangkau banget, cuma mulai dari Rp25.000 rupiah aja kamu udah bisa dapetin manfaat perlindungan yang maksimal. Buat detail informasi produk, yuk cek produk Jaga Aman sekarang juga.

 

Referensi : 

https://multiintitransport.com/begini-cara-membaca-kode-ban-agar-tak-salah-pilih/

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/cara-baca-ukuran-ban-mobil-dengan-benar-ini-panduan-mudahnya/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-baca-ukuran-ban-mobil

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1