Article

10 Makanan Khas Lebaran, Kira-Kira Ada Gak Ya Di Meja Kamu?

16:44, 5 April 2024

05 10 makanan khas lebaran  kira kira ada gak ya di meja kamu  1980x1080

10 Makanan Khas Lebaran Yang Sering Ada Di Meja Makan

 

Lebaran sebentar lagi nih, kamu biasanya bakal nyiapin banyak makanan khas lebaran buat suguhan keluarga besar kan? Tradisi masyarakat Indonesia emang unik dan istimewa ya! Makanan yang disediain di momen lebaran, bakal bikin suasana lebaran makin hangat dan penuh makna loh. 
 

10 Makanan Khas Lebaran, Kamu Pasti Juga Punya

Kamu perlu tahu nih kira-kira apa aja sih makanan khas lebaran yang sering disajikan. Kamu juga bisa kok nyajiin makanan khas hari lebaran ini di meja makan biar keluarga makin senang dan terasa suasana lebarannya:

1. Opor Ayam

Makanan khas lebaran pertama yang biasanya sering ada di meja makan pas lebaran salah satunya ada opor ayam. Makanan ini emang khas banget soalnya punya cita rasa yang gurih dan cocok dimakan bareng-bareng sama keluarga. Biasanya, opor ayam ini bakal disajiin sama nasi atau ketupat biar makin mantap.

2. Sambal Goreng Ati

Sambel goreng ati ini juga cocok banget nih buat jadi sajian pas hari lebaran. Apalagi kalau kamu nyanyiin makanan ini sama ketupat dan gulai ayam, pasti makin lezat!

3. Rendang

Kamu pasti sudah nggak asing sama makanan khas lebaran yang satu ini kan? Rendang emang makanan khas dari Sumatera, tapi kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai masakan ini. Jadi, biasanya rendang juga jadi salah satu makanan istimewa buat disajikan pas mau main lebaran.

4. Semur Daging

Semur daging terbuat dari daging yang dimasak pakai kecap manis, jadi rasanya bakal ngangenin apalagi sering dijadiin makanan khas lebaran.
 

Makan Ini Itu Tanpa Takut Karena Ada Jaga Sehat Keluarga

Momen lebaran itu emang paling bikin seneng karena bisa ngumpul bareng keluarga dan nikmatin berbagai macem hidangan yang ada. Tapi sering banget nih abis lebaran badan malah ngedrop gara-gara makan ini itu nggak ada batesnya. Biar kesehatan kamu dan keluarga tetep aman, kamu butuh perlindungan kesehatan dari Jaga Sehat Keluarga.

Jaga Sehat Keluarga asuransi kesehatan keluarga yang kasih perlindungan untuk seluruh keluarga kamu dari resiko kesehatan yang menyerang. Kamu nggak perlu lagi mikirin biaya perawatan karena pastinya biaya perawatan kamu bakal ditanggung sama asuransi Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI. Persiapan lebaran kamu tetap aman tanpa khawatir dengan kondisi apapun. Yuk cek produknya sekarang juga di JAGA SEHAT KELUARGA.
 

5. Ayam Bumbu Anam

Buat masyarakat Makassar, ayam bumbu Anam ini juga jadi makanan khas lebaran. Tapi banyak juga kok masyarakat dari kota lain yang suka masak makanan ini soalnya emang enak dan gurih banget rasanya. Ayam bumbu anam ini punya cita rasa yang hampir mirip sama gulai, jadi kalau masyarakat kota lain mungkin akan menyebutnya gulai ayam.

6. Nasi Lemang

Di hari raya idul Fitri masyarakat juga banyak yang buat nasi lemang. Nasi lemang ini termasuk makanan khas dari Jambi yaitu yang terbuat dari beras ketan lalu digulung terus dimasukkan ke bambu panjang buat dibakar sampai benar-benar matang.

7. Telur Pindang

Di hari kemenangan, kamu juga bisa buat telur pindang soalnya ini jadi salah satu lauk yang khas banget di hari raya.

8. Gulai Sayur

Nggak cuma daging aja, tapi biasanya masyarakat juga suka bikin gulai sayur soalnya ini bisa jadi pendamping buat menikmati ketupat. Kamu bisa bikin gulai sayur nangka atau gulai sayur daun singkong karena ini tuh rasanya bakal cocok banget sama ketupat dan opor ayam.

9. Kue Nastar, Kastengel, dan Putri Salju

Momen lebaran belum lengkap kalau belum ada kue-kuean kayak nastar, kastengel, dan juga kue putri salju. Kue kering ini rasanya khas banget. Jadinya masyarakat suka kalau momen lebaran bisa menikmati kue nastar dan teman-temannya.

Kue nastar biasanya di dalamnya ada selai nanas, kalau kastengel itu biasanya banyak taburan keju di atasnya. Sedangkan kalau Putri salju sendiri bentuknya unik soalnya ini berbentuk kayak bulan sabit terus dikasih taburan gula bubuk yang manis.

10. Kacang Goreng

Selain makanan berat dan manis, masyarakat juga biasanya nyiapin makanan atau cemilan gurih kaya kacang goreng. Cemilan ini  rasanya khas banget, apalagi sekarang udah makin banyak varian rasanya mulai dari rasa bawang, daun jeruk, pedas, keju dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu pasti udah nggak sabar kan buat nikmati momen lebaran bareng keluarga, apalagi ditemenin sama makanan khas lebaran. Jangan lupa pas mudik nanti kamu beli oleh-oleh buat keluarga ya biar mereka makin senang. Selain itu, kamu juga perlu buat punya perlindungan selama mudik.

Pastiin kamu terlindungi sama asuransi Jaga Mudik dari JAGADIRI. Asuransi ini bisa bantu kamu merasa tenang selama mudik ke kampung halaman. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatin kalau kamu punya asuransi ini, yaitu premi yang murah mulai dari Rp10.000 aja. Kamu juga bakal dapat asuransi jiwa dengan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar Rp25.000.000

Selain itu, juga ada santunan perawatan rumah sakit kalo terjadi kecelakaan, dengan nilai maksimal sebesar Rp1.250.000 selama masih dalam masa pertanggungan.

Dengan premi super murah, kamu bisa dapat perlindungan selama 1 bulan loh. Langsung aja beli produk Asuransi Jaga Mudik dari JAGADIRI.

 

Referensi : 

https://www.finansialku.com/lifestyle/10-makanan-khas-lebaran/

https://mediaindonesia.com/humaniora/575972/wajib-coba-aneka-makanan-khas-lebaran-yang-buat-kangen

https://www.detik.com/sumut/kuliner/d-6679631/7-makanan-yang-cocok-dinikmati-bersama-keluarga-saat-lebaran/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1