Article

Bosen Menu Buka Itu-Itu Aja? Cobain Menu Sehat Ini Yuk

18:58, 15 March 2023

01 1980x1080  13

Bisa Bantu Nurunin Berat Badan Juga Loh

 

Wah udah gak kerasa nih bulan suci Ramadhan bakal segera tiba. Artinya, hidangan yang khas disajiin pas berbuka puasa tuh bakalan rame, jadi menu wajib di setiap rumah. Biasanya, sebagian masyarakat Indonesia tuh suka banget momen buka puasa pake macem-macem makanan manis yang ngenyangin, mulai dari kolak sampe gorengan dan makan makanan tersebut bisa ngembaliin energi setelah seharian penuh nahan lapar dan haus setelah berpuasa. Semenjak orang-orang udah pada aware dengan gaya hidup sehat, termasuk netizen Indonesia, banyak perubahan positif yang bakal terjadi. Sekarang, semenjak gaya hidup sehat mulai banyak dipake sama masyarakat Indonesia, pastinya ada banyak perubahan yang bakalan terjadi. Banyak yang mulai ngehindarin makan makanan yang punya kadar gula tinggi ataupun gorengan yang pastinya punya lemak jenuh. Nah, kalau kamu lagi mau nyoba hidup sehat dan udah bosen sama menu buka yang itu-itu aja, di artikel ini, Jadimin bakalan ngasih rekomendasi menu sehat untuk berbuka yang harus banget kamu coba gaes! Jadi, baca artikel ini sampe abis yaaa~
 

Rumus 4 Sehat 5 Sempurna Udah Gak Zaman!? 

Gaes, sekarang udah nggak zamannya lagi buat ngandelin 4 sehat 5 sempurna untuk ngejaga kesehatan tubuh loh! Sebagai gantinya, kamu bisa mengacu sama pedoman gizi seimbang yang lebih modern dan up-to-date. Pedoman ini memperhitungkan kebutuhan nutrisi dan energi yang dibutuhin sama tubuh berdasarkan usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari. Dalam pedoman gizi seimbang, kita disaranin buat mengonsumsi makanan dari berbagai macem kelompok, kayak karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, dan susu/produk olahan susu. Setiap kelompok makanan punya kandungan nutrisi yang beda-beda pastinya, makanya nih kalau kita mengonsumsi makanan dari berbagai kelompok, kita bakalan bisa menuhin kebutuhan nutrisi tubuh dengan seimbang. Terus, pedoman gizi seimbang juga nyaranin buat merhatiin porsi makan dan frekuensi makan. Kita disaranin buat makan dalam porsi yang cukup, gak terlalu banyak atau terlalu sedikit, dan ngebagi makanan dalam beberapa kali makan sehari.
 

Apa sih pentingnya menu sehat untuk berbuka puasa?

Pasti kalian udah nggak sabar buat buka puasa setelah seharian berpuasa, kan? Nah, sebaiknya pilihlah menu sehat untuk berbuka puasa biar tubuh kalian bisa cepat pulih dan siap lagi buat berpuasa besok. Makanan sehat yang punya banyak kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan bisa ngebantu ngeredain lapar kalian dan benerin kondisi tubuh yang mungkin kerasa capek setelah seharian gak makan dan minum. Makanan sehat juga bisa ngebantu ngejaga kadar gula darah dan keseimbangan nutrisi di dalam tubuh.

Jangan lupa buat milih makanan yang enak dan lezat, tapi tetap sehat dan bergizi ya gaes. Hindari makanan yang banyak gula, garam, dan lemak jenuh, dan pilihlah makanan rendah kalori yang tetep bisa ngenyangin kayak sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Nah, dengan memilih menu sehat untuk berbuka puasa, kamu bisa ngejaga kesehatan tubuh dan tetep bugar selama bulan puasa. 
 

Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa 

  1. Kentang Tumbuk 

Mashed potato alias kentang tumbuk adalah menu yang bisa kamu coba sajiin pas berbuka puasa. Kentang tumbuk bisa jadi opsi alternatif buat menuhin kebutuhan karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan sama nasi putih. Selain punya kandungan karbohidrat, kentang juga kaya akan kandungan karotenoid yang punya peran penting buat ngejaga kesehatan jantung pas lagi bulan puasa. Cara bikin kentang tumbuk juga sebenernya gampang banget nih gaes. Kukus kentang sampe lunak. Terus, halusin kentang dan campurin pake mentega, susu cair, dan keju parut. Aduk sampe teksturnya jadi sedikit lengket atau kayak pasta gitu. Sajiin kentang tumbuk yang gurih dan creamy ini pake pelengkap yang pas sesuai selera kamu ya gaes! 
 

  1. Oatmeal 

Sebagai sumber karbohidrat, oatmeal pas banget disajiin pas berbuka puasa buat ngembaliin energi tubuh. Apalagi kalau ngeliat waktu buka puasa yang cukup sebentar dan dekat sama waktu tarawih, ada baiknya buat gak langsung makan pake menu yang berat. Oatmeal bisa bikin kamu ngerasa kenyang lebih lama, cocok buat ngeganjel perut sampe selesai tarawih. Biar makin mantep, jangan lupa buat tambahin berbagai jenis buah ataupun topping favorit kamu ya!
 

  1. Dimsum Kukus

Dimsum adalah makanan Tiongkok yang dibungkus pake kulit tipis dan diisi sama bahan-bahan sehat kayak sayuran, daging tanpa lemak, dan udang. Dimsum juga disajiin dalam porsi kecil, jadi kamu bisa ngontrol porsi dan ngerasa kenyang tanpa harus makan terlalu banyak. Gak cuman itu, dimsum kukus juga pastinya bakalan lebih sehat karena proses masaknya yang gak pake minyak alias dikukus aja gaes. Pastinya nih, pas buka puasa terus makan dimsum kukus yang panas bisa banget bikin menu sehat berbuka puasa kamu lebih menarik. 
 

  1. Salad Sayur

Pas lagi berpuasa, tubuh bakalan sangat ngebutuhin asupan nutrisi berupa vitamin dan serat yang cukup. Salad bisa jadi sajian buka puasa yang pas buat menuhin asupan tersebut. Sayuran yang ada di salad pastinya bisa ngebantu kamu buat memenuhi kebutuhan vitamin dan serat harian. Jangan lupa pake isian dan saus salad yang kamu suka ya gaes, biar salad jadi makin nikmat rasanya. 
 

  1. Gado-gado

Kalau kamu kurang suka salad karena rasanya yang gak familiar tapi tetep pengen makan sayuran pas berbuka puasa, kamu bisa pilih menu makanan lokal ini buat berbuka puasa. Sayuran yang ada di gado-gado bakalan menuhin kebutuhan serat dan vitamin, sementara lauk pendampingnya contohnya telur dan tahu bisa jadi sumber protein. Sementara bumbu kacangnya bisa jadi sumber kalori yang lezat. 

Baca Juga: Bahaya! Sayuran Ini Ternyata Dilarang untuk Penderita Diabetes 
 

  1. Puding Buah

Pindah ke makanan manis, salah satu menu yang disaranin buat berbuka puasa adalah puding buah. Puding dan buah-buahan sendiri sebenernya adalah dua makanan yang punya banyak kandungan serat dan vitamin. Kalau disatuin, pastinya manfaatnya bakalan lebih kerasa. Kamu bisa nyatuin puding dan buah yang sama, contohnya puding rasa strawberry pake potongan buah strawberry. Atau kamu juga bisa berkreasi pake rasa yang berbeda, contohnya puding vanilla pake potongan buah mangga. 

Nah, itu dia menu sehat untuk berbuka puasa yang udah Jadimin rekomendasiin buat kamu dan keluarga. Biar kesehatan kamu dan keluarga kamu semakin terjaga selama bulan puasa, pastiin buat selalu menjaga pola makan dan hidup sehat ya gaes. Gak cuman itu, pastiin juga buat punya perlindungan asuransi kesehatan keluarga terbaik dari Jaga Sehat Keluarga. Produk asuransi kesehatan JAGADIRI ini bisa menjawab kebutuhan keluarga. Cuma bayar 1 premi bisa melindungi sampai dengan 5 orang anggota (yang tercatat didalam 1 kartu keluarga). Nggak harus cek kesehatan dan bisa meng-cover semua penyakit termasuk HIV/AIDS.

Siapa bilang asuransi bikin rugi? Asuransi Kesehatan Keluarga, harga mulai dari Rp 280 ribu-an bisa untuk berlima. Jika tidak ada klaim,  premi yang sudah Kamu bayarkan pasti kembali 25% dari premi tahunan dan dapat Gratis E-Voucher belanja di merchant terpilih setiap bulannya. Berikut manfaat dari Jaga Sehat Keluarga yang bisa kamu dapetin: 

  • Santunan perawatan Rumah Sakit mulai dari Rp 300.000 s/d Rp 900.000 per hari akibat sakit atau kecelakaan

  • Santunan pembedahan mulai dari Rp 6.000.000 s/d Rp 18.000.000 juta per pembedahan per tertanggung akibat sakit atau kecelakaan

  • Santunan rawat jalan Rp 300.000 s/d Rp 500.000 per kunjungan rawat jalan (sesuai plan yang dipilih)

  • Gratis E-Voucher belanja di merchant terpilih setiap bulannya.
     

Sumber :

Sayurbox, 2023. 

https://www.sayurbox.com/blog/9-menu-berbuka-puasa-yang-sehat 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1