Article

Bahaya! Sayuran Ini Ternyata Dilarang untuk Penderita Diabetes

09:52, 27 January 2023

06 1980x1080  12

Penderita Diabetes Harus Tau

 

Diabetes adalah penyakit metabolisme yang penyebabnya adalah adanya gangguan produksi, penggunaan, dan penyimpanan kadar gula dalam tubuh. Glukosa adalah sumber utama energi buat tubuh kita, dan insulin adalah hormon yang ngebantu ngatur tingkat glukosa dalam darah. Buat para penderita diabetes, tubuh gak akan bisa ngegunain insulin (hormon pembantu mengontrol gula darah), dengan efektif atau bahkan gak memproduksi insulin sama sekali, akhirnya tingkat glukosa dalam darah bakalan naik dan gak kekontrol. Komplikasi diabetes bisa termasuk penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, dan amputasi. Pengobatan diabetes bisa dilakuin dengan cara pengendalian gula darah, diet, olahraga, dan mungkin juga terapi insulin atau obat-obatan lainnya. Kalau pengobatannya tepat, orang dengan diabetes bisa ngelola penyakit mereka dan ngehindarin komplikasi yang serius. Penderita diabetes harus merhatiin asupan makanan termasuk sayuran. Meskipun sayuran tuh udah pasti sehat, ada beberapa sayuran yang dilarang buat penderita diabetes yaitu sayuran yang punya kandungan tepung tinggi (starchy vegetables). Sebenernya sih sayuran yang dilarang buat penderita diabetes tuh umum banget gaes. Mau tau sayuran apa aja yang dilarang? Yukk scroll artikel ini! 
 

  1. Labu 

Sayuran umum yang jadi pantangan buat para penderita diabetes yaitu labu soalnya punya kandungan tepung yang tinggi. Labu, khususnya jenis labu madu, punya 16 gram karbohidrat per cangkir dan kurang dari 3 gram serat. Kalau kamu penderita diabetes dan masih tetep pengen makan labu, kamu harus imbangi sama salad sayur yang lainnya ya. 
 

  1. Kentang 

Salah satu sayuran yang kaya karbohidrat ini masuk ke jenis makanan yang sebaiknya dibatasi buat para pengidap diabetes. Kalau kamu tetep milih kentang, pastiin proses olahannya direbus bukan digoreng biar lebih sehat. Terus, hindarin juga snack keripik kentang yang udah diolah pake bumbu tambahan biar ngurangin penumpukan lemak.
 

  1. Kacang Polong 

Kacang polong masuk ke dalam sayuran bertepung soalnya punya kandungan 20 gram karbohidrat per cangkir. Ada baiknya, kamu kurangin setengah porsi kacang polong dan diolah pake cara direbus atau dipanggang.
 

  1. Jagung 

Jagung rebus atau olahan kalengnya ternyata punya sekitar 21 karbohidrat dan dua gram serat loh. Perbedaan yang jauh ini jadi patokan buat pengidap diabetes supaya mulai ngebatasin asupan jagung.
 

  1. Sayur Kalengan 

Nilai gizi sayur kalengan sebenarnya gak kalah banyak dari sayuran segar. Tapi, ternyata sebagian besar produk sayur kalengan punya kandungan natrium yang banyak. Natrium berfungsi buat pengawet makanan kalengan dan kemasan. Asupan natrium yang berlebihan bisa ningkatin risiko tekanan darah tinggi. Buat penderita diabetes, kondisi ini bisa bikin sejumlah komplikasi seperti kerusakan mata, stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Baca Juga: Apa Aja Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes
 

  1. Acar Sayur

Acar sayuran punya kandungan karbohidrat yang rendah dan tinggi sama vitamin dan mineral. Tapi ternyata, acar sayuran adalah pantangan buat penderita diabetes. Ini karena sayuran yang udah diolah jadi acar biasanya banyak kandungan natriumnya. Proses pengawetan segala jenis makanan butuh tambahan garam, sama juga dengan pembuatan acar. Tingginya kadar garam yang ada di acar bisa ngelebihin batas asupan garam buat penderita diabetes yang pastinya gak menyehatkan.

 

Tips Milih Sayuran Buat Penderita Diabetes

Konsumsi sayuran yang sehat bisa ngebantu buat jaga kesehatan para diabetes. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatiin buat milih sayurannya gaes. Di bawah ini beberapa jenis sayuran yang paling aman buat penderita diabetes: 

  • Sayuran tinggi protein, contohnya pakcoy, kembang kol, dan kubis Brussel.

  • Sayuran kaya nitrat, contohnya bit, lobak, selada air, dan sayuran berdaun hijau.

  • Sayuran yang punya kadar glikemik rendah, contohnya brokoli, asparagus, tomat, seledri, selada, terong, bayam, dan paprika.

  • Sayuran yang tinggi serat, contohnya wortel, daun bit, kale, dan bayam.

 

Perlindungan Tambahan Buat Penderita Diabetes


Masih suka keliru sayuran yang aman buat penderita diabetes, karena sayuran yang mudah dan sering kita jumpai dipasar ternyata ada yang berbahaya untuk penderita diabetes. Ketika diabetes menyerang memang harus jaga kesehatan lebih ekstra, mulai dari pola makan sampai asupan makanannya harus diperhatikan, karena penyakit diabetes enggak bisa disembuhin secara total, tapi bisa diatur dan dikendaliin dengan menajaga asupan makanan supaya kadar gula darah kamu normal dan sesuai.

Enggak cukup jaga asupan makanan, kamu juga perlu jagain diri dari kemungkinan yang enggak terduga pake asuransi Jaga Sehat Plus. Asuransi Jaga Sehat Plus, asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan sekaligus jiwa kamu dan punya manfaat plus plus, mulai dari premi kembali sebanyak 50% dengan ada claim ataupun enggak ada claim dan tersedia fasilitas cashless jadi kamu enggak perlu reimbust lagi. Dikondisi sulit sekalipun kamu bakal tetep aman dan nyaman karena asuransi cashless dari Jaga Sehat Plus JAGADIRI dan enggak perlu lagi khwatir berapapun biayanya. Yuk daftar sekarang dan nikmatin manfaatnya.

Sumber :

detikJabar, 2022.
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6482434/5-sayuran-yang-dilarang-untuk-penderita-diabetes 

Hellosehat, 2022. 
https://hellosehat.com/diabetes/tipe-2/sayuran-pantangan-diabetes/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1