Article

5 Penyebab Karang Gigi, Hindari Makanan Ini Kalau Gak Mau Karang Makin Menumpuk

13:41, 18 November 2022

03 1980x1080  10

Makanan Penyebab Karang Gigi

 

Kesehatan gigi dan mulut harus diperhatikan dan dirawat secara rutin. Gigi dan mulut adalah pintu awal berbagai macam jenis penyakit. Kalau gigi dan mulut gak dirawat, kemungkinan buruknya, kesehatan kamu bakalan terganggu. Salah satu akibat kalau kesehatan gigi dan mulut gak dirawat, bakalan muncul karang gigi. Ternyata, makanan bisa menjadi salah satu penyebab karang gigi menumpuk lho! 
 

Apa aja sih penyebab karang gigi? 

Penyebab karang gigi yang paling utama adalah karena adanya penumpukan plak pada gigi yang udah lama gak dibersihkan. Plak yang ada pada gigi, disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk. Selain itu, ternyata peyebab karang gigi juga bisa disebabkan karena ini lho!

  1. Mulut Kering: Mulut yang kering bukan disebabkan karena jarang minum aja. Obat-obatan seperti antidepresan juga bisa menyebabkan mulut jadi kering. Selain itu, penyakit autoimun dan gangguan tiroid juga jadi salah satu penyebab karang gigi karena bisa membuat mulut jadi kering. Oleh karena itu, buat kamu yang lagi mengkonsumsi obat antidepresan atau bahkan kamu penderita penyakit autoimun dan gangguan tiroid, perlu untuk merawat kesehatan gigi dan mulut lebih ekstra ya gengs! 

  2. Kebiasaan minum-minuman beralkohol: Minuman beralkohol punya kadar gula yang cukup tinggi. Sedangkan, gula adalah penyebab karang gigi yang cukup sering ditemukan nih gaes! Makanya, minuman beralkohol gak baik juga untuk kesehatan gigi dan mulut kalau dikonsumsi secara berlebihan. Jangan lupa, selalu rajin gosok gigi atau melakukan scaling gigi secara rutin ya. 

  3. Ngerokok: Dirangkum dari beberapa referensi, kebiasaan ngerokok dapat menjadi salah satu penyebab karang gigi. Kandung Tar dan Nikotin pada rokok bisa menumpuk pada gigi dan jadi penyebab karang gigi. Salah satu cara buat kamu yang mungkin perokok biar terhindar dari karang gigi adalah dengan rajin gosok gigi dan scaling gigi secara rutin. 

  4. Jarang Gosok Gigi: Plak adalah penyebab karang gigi yang paling utama. Selain itu, plak dalam gigi sering muncul karena adanya sisa makan yang tertinggal. Kalau gigi gak rajin digosok gigi, maka plak akan semakin menumpuk dan jadi penyebab karang gigi muncul. 

  5. Makanan Manis: Makanan yang punya banyak kadar gula, menjadi salah satu makanan yang perlu kamu hindari. Gula yang banyak pada makanan-makanan seperti permen, kue, dan sejenisnya bisa menjadi penyebab karang gigi kamu makin menumpuk. 


Kenapa makanan bisa jadi penyebab karang gigi? 

Berdasarkan beberapa referensi yang udah Jadimin rangkum, makanan bisa jadi penyebab karang gigi karena plak gigi bisa menumpuk akibat dari sisa makanan yang nempel pada gigi. Semakin lama kalau gak dibersihkan, plak ini bakalan mengeras dan jadi karang gigi. Nah, cepat atau lambatnya karang gigi terbentuk, tergantung kadar pH air liur masing-masing orang. Jadi, setiap orang punya waktu pembentukan karang gigi yang pastinya berbeda-beda. Selain kadar pH air liur, ternyata jenis makanan pun bisa jadi penyebab karang gigi makin menumpuk. 

Kalau menurut dari WebMD, makanan yang punya kadar karbohidrat  tinggi, bisa jadi penyebab karang gigi makin menumpuk. Ternyata, jenis makanan yang punya kadar karbohidrat yang tinggi bisa bikin bakteri yang ada dalam mulut jadi makin subur. Apalagi, ditambah dengan kadar pH air liur, pastinya karang gigi bakalan jadi lebih parah. 

Mau tau makanan yang bisa kamu hindari biar karang gigi gak makin menumpuk? Yuk baca terus artikel ini! 
 

5 Makanan Penyebab Karang Gigi

Menurut beberapa sumber yang udah Jadimin rangkum, makanan adalah faktor yang sering disepelekan sebagai penyebab karang gigi. Padahal, makanan yang kita konsumsi bisa jadi penyebab karang gigi yang paling utama. Apalagi, kalau sisa dari makanan itu nempel dan gak rajin dibersihkan. 

Berikut Jadimin rangkum 5 makanan penyebab karang gigi yang harus kamu tahu!

  1. Hasil produk olahan dari susu

Sebenernya, produk olahan dari susu bagus banget buat kesehatan gigi dan mulut karena punya kandungan kalsium yang tinggi. Tapi, kalau sisa makanan yang terdapat dari produk olahan susu gak dibersihkan dengan baik, justru bakalan bikin plak gigi yang ada semakin banyak. Contoh dari produk olahan susu yang harus kamu hindari adalah mentega, es krim, yoghurt, keju dan sejenisnya. Selain itu, kalau sisa makanannya nempel dan gak dibersihkan dengan baik, bakalan bikin bau mulut juga lho. Makanya, coba hindari konsumsi produk olahan dari susu secara berlebihan dan jangan lupa menggosok dan scaling gigi yang rajin ya!
 

  1. Makanan manis 

Makan makanan manis memang bisa ningkatin mood kamu. Tapi, kalau dikonsumsinya secara berlebihan justru gak baik buat kesehatan gigi dan mulut. Dengan konsumsi makanan manis secara berlebihan, bakteri yang ada di mulut bakalan makin subur dan bikin plak gigi semakin banyak. Contoh makanan manis yang bisa kamu hindari untuk konsumsi berlebihan adalah permen, kue, dan sejenisnya. 
 

  1. Roti 

Bahan pati adalah bahan yang paling sering ditemukan pada roti. Pas kamu ngunyah roti, air liur kamu memecah pati yang akhirnya jadi gula. Selain itu, roti juga sering nempel pada gigi. Kalau gak segera dibersihkan, sisa roti yang menempel akan jadi plak yang jadi penyebab karang gigi. Gula yang ada dalam roti juga bisa bikin bakteri makin banyak dan berkembang. Tapi, kalau kamu suka banget mengkonsumsi roti, coba mulai mengganti roti biasa dengan roti gandum karena roti gandum punya kadar gula yang lebih sedikit. 
 

  1. Buah-buahan kering

Kamu perlu hindari konsumsi buah-buahan kering yang udah dalam proses pengawetan. Buah-buahan kering bisa bikin penyebab plak gigi muncul dan gak sehat juga buat kesehatan. Karena buah-buahan kering punya kandungan gula yang tinggi dan bisa bikin plak gigi jadi semakin banyak. 

Baca juga: Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan 
 

  1. Minuman soda atau alkohol

Minuman bersoda emang bikin seger apalagi kalau dikonsumsi pas cuaca lagi panas. Tapi ternyata, minuman bersoda punya gula tambahan yang sangat banyak. Kandungan asam fosfat dan karbonat yang jadi salah satu penyebab karang gigi. Termasuk minuman diet soda juga harus kamu coba hindari. Begitu juga dengan minuman beralkohol. 
 

Nah, itulah 5 penyebab karang gigi dan makanan yang perlu kamu hindari agar karang gigi gak makin menumpuk. Kamu bisa mulai dari coba hindari makanan-makanan tersebut secara bertahap. Selain menghindari makanan penyebab karang gigi, pastiin juga kamu punya perlindungan perawatan gigi dari Jaga Senyumku

Jaga Senyumku adalah layanan asuransi dari JAGADIRI yang menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan gigi kamu dan Keluarga di Rumah Sakit dan Klinik yang bekerjasama dengan JAGADIRI. Manfaat asuransinya mulai dari: 

  • Konservasi Gigi 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan.

  • Perawatan Gigi termasuk pembuatan gigi palsu sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak kecelakaan terjadi.

  • Pembersihan Karang Gigi maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis dengan jarak kunjungan tidak kurang dari 6 bulan.

  • Pencabutan Gigi dengan maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa jarak waktu perkunjungan. 

  • Konsultasi Dokter dengan maksimum 2 (dua) kali dalam setahun tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan. 

Yuk punya asuransi Jaga Senyumku sekarang! 

 

Sumber :

Alodokter. 2022
https://www.alodokter.com/mengenal-penyebab-karang-gigi-dan-cara-pencegahannya 

Fimela. 2022
https://www.fimela.com/health/read/4958811/7-makanan-dan-minuman-penyebab-plak-gigi 

Halodoc. 2019 
https://www.halodoc.com/artikel/3-makanan-yang-dapat-sebabkan-munculnya-karang-gigi 

Rumah Sakit Hermina. 2021
https://www.herminahospitals.com/id/articles/mengenal-penyebabnya-karang-gigi.html 

theAsianParent. 2022
https://id.theasianparent.com/penyebab-karang-gigi

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp