News

6 Cara Jaga Motor Biar Nggak Kemalingan

10:57, 11 September 2020

Sept 2020 3 01

Nasib nasib. Kalau udah kemalingan motor, banyak banget pelajaran yang didapet. Sini, Jadimin bagiin 6 cara jaga motor biar nggak kemalingan lagi. Ini caranya!

 

1. Kunci setang ke kanan

Pas parkir motor, pasti udah otomatis deh bakal kunci setang ke kiri. Lantaran paling cepat dan gampang, ternyata ini bikin motor kamu jadi incaran maling. Kok bisa?

Menurut berbagai sumber nih, ternyata kunci setang ke kiri tuh bisa dibobol dengan kunci T. Cukup satu menit aja, maling langsung bisa netralin setang ke depan. Baru cus deh!

Beda cerita kalau kunci setang ke kanan. Selain agak repot saat dinetralin, juga butuh waktu dibobol. Lagian kalau setang ke kanan, bakal ketauan bunyinya dibanding kiri kan?

Sayangnya, cara ini kurang efektif untuk motor sport. Pukpuk, sabar ya.

 

2. Parkir di paling depan

Buat kamu yang parkir di penitipan sepeda motor atau area parkir lainnya, rasanya beruntung banget dapat parkir paling depan, dalam, dan ngumpet. Apalagi kalau di bawah pohon rindang. Nggak bakal anget joknya.

Ini karena, motor kamu ketumpuk dengan motor di belakangnya. Mungkin kamu pernah ngalamin, gimana repotnya ngeluarin motor yang diparkir paling depan plus nggak ada slot untuk jalan. Gitu juga dengan maling. Udah males duluan deh.

Beda kalau motor diparkir di paling belakang atau pinggir. Si maling bakal cepat gasaknya. 

 

3. Kunci ganda di area cakram

Area cakram roda biasanya jarang diperhatiin. Mungkin karena udah tergantung pada fitur penutup lubang seperti SKS (secure key sistem) atau AKS (advance key system). Tapi jangan salah, yang kayak gini bisa dibobol maling cerdik juga. Niat banget ya si maling mah.

Kalau kamu lupa nutup lubang kuncinya, maling bakal lebih mudah nyuri. Biar aman, kunci ganda di area cakram roda dengan gembok.

Di cakram roda depan atau belakang, ada lubang khusus pengait gembok. Jadi kalau kamu lupa nutup lubang setelah lepas kunci, nggak perlu khawatir lagi motor hilang.

 

4. Tutup lubang penutup kunci

Di penjelasan sebelumnya, motor zaman sekarang dilengkapi fitur SKS dan AKS. Fitur ini bikin lubang kunci motor ketutup setelah dilepas. Ada yang otomatis ketutup, ada juga yang manual.

Tapi, kalau motor kamu berfitur manual, kamu perlu berhati-hati. Sebaiknya, double check motor setelah diparkir. Dan, jangan buru-buru biar nggak kelihatan ceroboh oleh maling.

 

5. Bawa barang berharga

Jok motor memang tempat paling asoy buat nyimpan barang. Termasuk helm, jas hujan, dan barang berharga. Ditambah lagi kalau motor kamu punya ruang besar di joknya.

Meski praktis, maling juga punya insting kalau kamu bakal nyimpan barang berharga di jok. Mending kalau kamu bawa barang berharga, simpan di tas aja. Bukan di jok ya!

 

6. Jangan sering pinjemin motor

Kamu itu terlalu baik. Bahkan untuk minjemin motor ke teman. Sayang banget kalau motor dibobol teman sendiri. Itu teman atau makan teman yak?

Meski kini udah banyak asuransi motor online, tapi akan lebih baik kalau kamu tegas sama teman yang langganan pinjem motor. Demi keamanan dan paham batasan “boleh dan nggak boleh”, jujur aja kalau kamu masih butuh motor itu.

 

7. Asuransikan sepeda motor

Eits jangan salah! Mengasuransikan sepeda motor artinya melindungi aset berharga produktif kamu. Ngerti banget kan rasanya kerja dan mobilitas tinggi tanpa macet dengan motor? Kalau gitu, sayangi motormu yuk!

Asuransi motor online akan bantu klaim saat kamu kehilangan motor. Asalkan dengan kesepakatan bersama asuransi yang kamu percaya ya! Apa saja sih keuntungan pake asuransi motor online?

 

Biasanya nih, kamu bakal dapat fasilitas-fasilitas kayak gini:

Perlindungan kecelakaan diri selama 24 jam.

Santunan meninggal dunia, kehilangan sepeda motor, cacat tetap, dan begal atau perampokan.

Coverage biaya pengobatan akibat kecelakaan.

 

Wih, lengkap juga ya! Selain motor, jiwa kamu juga dilindungi. Double protection kan?

Jadi, asuransi motor online mana yang jadi favorit kamu? Share dong pengalaman kamu ke Instagram @jagadiri_id! Mention Jadimin yaaa.

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square