News

7 Waktu yang Tepat Buat Istirahatin Mata dan Badan

10:38, 11 September 2020

Sept 2020 3 16

Para Gamers Ayo Merapat!

Main game sekarang udah didukung banyak pihak. Bahkan dijadiin profesi dan prestasi tersendiri. Jangan lupa, istirahatin mata dan badan juga perlu buat gamers. Jadimin share waktu yang tepat dan caranya!

 

1. Metode 20-20-20

Main game jam berapa aja oke. Tapi perhatiin metode 20-20-20 ini. Apaan maksudnya?

 

Di metode ini, kamu perlu istirahatin badan selama 20 menit. Boleh peregangan atau tiduran. Lalu istirahatin mata selama 20 detik. Manfaatin buat banyak-banyakin ngedip biar nggak kering. Terus, lanjut dengan mandangin obyek sejauh 20 kaki (6 meter). Misalnya pepohonan seberang jalan atau liat awan lagi gerak.

 

2. Pasang reminder 2-3 jam

Pengingat atau reminder ini berguna untuk ngasih batasan waktu main game. Anggap 2-3 jam itu udah cukup buat nge-game. Karena di sisa waktu lainnya, kamu habisin sama kerja atau kuliah, nyelesain kerjaan, belajar, ibadah, dan tidur.

 

Lewat dari itu, sayang banget lah. Kamu yakin nggak sama kontrol diri kamu? Jangan sampai kewajiban jadi lalai dan sulit nentuin prioritas.

 

3. Tidur 6-7 jam

Gamers dewasa sebaiknya tidur 7-9 jam. Sedangkan gamers remaja sebaiknya tidur 8-10 jam. Angka-angka ini bukan Jadimin ngarang. Tapi dari saran pakar kesehatan dan situs-situs edukasi kesehatan.

 

Waktu tidur ini ngaruh banget sama perubahan kadar hormon, yakni leptin dan ghrelin. Leptin berasal dari sel lemak yang ngurangin nafsu makan kamu. Sedangkan ghrelin berasal dari lambung, justru naikin nafsu makan. Gimana kondisinya kalau kamu kurang tidur?

 

Katakanlah kalau kurang tidur, hormon leptin bakal nurun sekitar 15,5%. Di satu sisi, kamu bakal ngerasa males banget ngemil buat ganjal perut. Sedangkan hormon ghrelin ningkat sebesar 14,9%. Kamu jadi cepat lapar, kalap ngemil, bahkan nambah ngopi lagi. Efeknya, emosi kamu nggak stabil karena mikirin laper dan ngerasa makan angin.

 

Nggak enaklah pokoknya, emosi negatif bisa naik 60%. Pas bangun pagi, nggak segar. Udah gitu, jadi rawan obesitas, depresi, cedera, dan diabetes lagi.

 

4. Bebas game 1-2 jam

Di rentang waktu ini, kamu bebas ngapain aja. Tidur? Boleh banget. Peregangan, pemanasan, workout singkat. Bisaa bisa! Asalkan lepas sebentar dari screen time. Lumayan kan buat rileksin pundak, punggung, dan leher dari duduk berjam-jam.

 

Habis itu, baru deh ngegame atau beraktivitas yang lain.

 

5. Makan 3 kali sehari

Jujur aja, pas ngegame suka skip makan siang dan malam nggak? Jadimin nggak bakal marah kok. Tapi, sayang-sayangin lah badan kamu. Kan hidup nggak cuma nge-game hari ini doang. Iya kan?

 

Pola makan 3 kali sehari tetap perlu dilakuin. Asupannya juga nggak sembarangan kayak junk food, makanan olahan dan pengawet, serta tinggi gula dan lemak jahat.

 

Tujuannya, supaya badan kamu tetap fit, nggak buncit, dan sembelit. Iringin dengan konsumsi buah dan sayur kaya vitamin juga. Kalau males banget nih, bikin smoothies atau jus rendah gula aja ya!

 

6. Lihat yang hijau

Radiasi laptop dan komputer game cukup tinggi. Saat main game berjam-jam, mata tuh bakal fokus natap layar. Secara nggak sadar, tiba-tiba mata kerasa kering, berair, bahkan iritasi. Kadang ngerasa kabur dengan warna-warna tertentu.

 

Coba redain dengan ngelihat yang hijau-hijau. Tapi jangan dari layar juga ya. Riil, misalnya pohon, tanaman, bunga, rumput. Artinya, keluarlah sebentar sambil ngehirup udara segar.

 

7. Buang air? Jangan tunda

Jelas dong, nunda buang air bakal bikin kerja kantung kemih jadi lebih berat. Risiko kencing batu bisa ngintai kamu bahkan dari sejak dini.

 

Kalau bisa, banyak-banyakin konsumsi air putih. Biar kerja ginjal nggak berat kayak jalanin hidup. Dengan itu, kamu terhindar dari risiko kencing batu atau infeksi saluran kemih.

 

Lindungin diri juga dengan layanan asuransi kesehatan. Kalo bisa yang online, biar nggak ngabisin waktu di jalan. Main game tetap fokus, sehat juga dilindungin asuransi online.

 

Emang bakal dikasih apa aja nih? Kamu bakal dibantu kalau terdiagnosa glukoma, gagal jantung, kelainan saraf pergelangan tangan, dan peradangan di bagian dasar ibu jari. Coba, baik banget kan ada asuransi online yang coverage penyakit kayak gini?

 

Gamers, waktunya merapat sambil jaga diri dengan asuransi online. Gamers produktif, gamers sehat!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square