Article

Mau Liburan? Cek Dulu Asuransi Jiwa yang Bagus Biar Tambah tenang,

11:38, 18 January 2021

Jan 2021 24

Ini Tipsnya!

Perlindungan ekstra bikin tenang, biar libur panjang tambah senang. Setuju nggak? Ada rencana liburan? Cek dulu yuk asuransi jiwa yang bagus untuk perjalanan kamu. Ini tipsnya!

 

1. Tentuin dulu durasi perjalanan kamu

Mau liburan akhir tahun atau awal tahun, penting banget untuk tentuin dulu durasi perjalanannya. Biar tetap irit di bujet dan nggak stuck di satu tempat aja.

 

Dengan nentuin durasi perjalanan, kamu bisa proyeksiin asuransi jiwa yang bagus apa yang cocok buat perjalanan kamu. Gimana, udah nentuin belum berapa hari liburannya?

 

2. Kenalin manfaat-manfaatnya

Umumnya, asuransi jiwa yang bagus nyediain fasilitas dan manfaat-manfaat tertentu buat pelanggannya. Nah, kamu bisa akses informasi manfaat ini di situs asuransi atau polisnya. Biasanya manfaatnya berupa:

- Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan

- Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan

- Premi kembali untuk masa asuransi jangka waktu tertentu. Ada yang 5 tahun atau 7 tahun, baru bisa premi kembali. Besarannya macem-macem, ada yang 100% sampe 110%.

- Layanan bantuan 24/7

- Diskon di beberapa merchant terpilih, termasuk tiket nonton atau voucher belanja/makan.

 

3. Pahamin cakupan perlindungannya, apa aja?

Perlu kamu ketahui, kalo kamu liburan dengan ke tempat wisata atau aktivitas risiko tinggi, kadang-kadang belum tentu diproteksi sama asuransi. Mungkin kamu butuh asuransi khusus gitu. Tenang aja gaes, biasanya tersedia kok sebagai varian produknya.

 

Namun kalo ada yang bisa cover, biasanya bakal netapin premi tambahan gitu. Kalo yang ini, usahain akses semua informasi detailnya secara digital. Biar kamu nggak perlu bolak-balik lagi ke kantor asuransi.

 

4. Pilih yang sesuai sama kondisi bujet kamu

Nggak mau rugi dong kalo bujet liburan udah hemat, terus premi asuransinya bikin bocor halus? Makanya itu, kamu bisa pilih besaran premi yang sesuai sama kondisi bujet kamu.

 

Biasanya ada yang ngasih fasilitas berupa sekali bayar dengan harga tertentu. Ada juga yang per bulan, tapi bisa cover semuanya. Lagi-lagi, kamu perlu gali lagi asuransi mana yang cocok sama kebutuhan.

 

5. Bisa premi kembali, why not?

Jadimin sempat nyebutin kalo premi kembali termasuk manfaat yang bisa kamu akses saat memiliki satu asuransi. Opsi premi kembali juga bisa dipertimbangin loh. Khususnya kalo kamu nggak ada klaim dalam jangka waktu tertentu.

 

Oh iya, untuk dapat ngeliat fasilitas asuransi premi kembali, cek lagi yuk polis kamu. Siapa tahu bisa kamu cairin dan dipake buat yang lain kan?

 

6. Perhatiin pengecualian-pengecualiannya

Dalam polis asuransi, kamu bakal nemuin pengecualian-pengecualian tertentu. Umumnya, ada lima pengecualian yang berlaku, seperti:

- Kamu kecelakaan karena pengaruh alkohol dan obat-obatan

- Kecelakaannya disengaja atau bunuh diri, jangan ya gaes!

- Kecelakaan karena force majeure seperti bencana alam

- Kamu punya penyakit sebelum ambil asuransi

- Kecelakaan terkait kehamilan kamu.

 

Nah dengan perhatiin ini, kamu jadi paham asuransi jiwa yang bagus mana yang bisa cover saat kamu lagi olahraga ekstrem. Sst, ada loh gaes asuransi khusus untuk itu.

 

7. Diawasin OJK

Terakhir dari Jadimin, selalu perhatiin asuransi jiwa yang bagus itu diawasin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai lembaga pengawas keuangan, OJK bantu kamu terhindar dari perusahaan asuransi abal-abal.

 

Tinggal buka situs www.ojk.go.id, pilih halaman Berita dan Kegiatan, lalu klik Publikasi. Kamu langsung liat daftar perusahaan asuransinya. Kalo pengen telponan sama OJK, hubungi aja ke nomor 157 atau (021) 2960 0000.

 

Itu dia 7 tips milih asuransi jiwa yang bagus buat liburan kamu. Pastiin kamu bisa akses fasilitas asuransi premi kembali juga ya!

 

Oh iya, artikel ini terinspirasi dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

 

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square