Article

Mengenal Garaga

09:54, 3 March 2021

Panji petualang jjx feb 2021 04

Ular King Cobra Kesayangan Panji Petualang

Ular king cobra sempat viral di Youtube dan media sosial di tahun 2019 dan 2020. Siapa lagi kalo bukan Garaga, ular yang ditemuin Panji Petualang di daerah perbatasan Sumedang, Subang, dan Majalengka. Yuk kenalan sama Garaga gaes!

 

1. Ditemuin di pinggir sungai deket kebun warga

Awalnya, Panji lagi nyusurin tepi sungai deket perbatasan Sumedang, Subang, dan Majalengka. Biasanya area ini sering banget ditemuin ular-ular gede di pohon bambu. Sayangnya, daerah ini juga deket sama area pertanian warga.

 

Setelah jalan jauh, Panji Petualang dan tim akhirnya ketemu satu ular king cobra ukuran 4-5 meter. Kebetulan, ularnya lagi jemur di pematang sawah kering. Saking gedenya, ular ini sempat berontak pas ditangkap. Akhirnya, Panji Petualang langsung bawa ke saung dekat kebun.

 

2. Diselametin biar nggak timbul korban jiwa

Ular jumbo ini ketemu di perkebunan warga. Apalagi warga sering bolak-balik untuk motong bambu atau ambil hasil tani. Makanya Panji Petualang nyelametin ular ini biar nggak ngebahayain petani sekitar.

 

3. Dijadiin maskot

Ular king cobra ini juga jadi incaran utama Panji Petualang untuk dijadiin maskot. Pertemuan Panji Petualang dengannya jadi keberuntungan sendiri loh gaes. Karena, jarang ditemuin dan langka.

 

Akhirnya, ular ini dinamain Garaga karena jantan. Panji Petualang sempat bilang gini pas nyiapin bak mandi si ular. “Tapi sebetulnya Panji udah nyiapin nama untuk si king cobra besar ini temen-temen. Karena dia adalah jantan, karena kemaren kita tracing dan ternyata emang jantan. Panji kepikiran namanya adalah Garaga.”

 

4. Sempat karantina di kandang

Ular jumbo ini dirawat di kandang ukuran 3x2 meter di rumah karantina. Kandang ini dibiarin gelap biar ularnya bisa adaptasi sama lingkungan baru.

 

Di vlog Panji Petualang, dia sering bangun ikatan atau bonding sama ular ini. Di alam liar, dirawat jadi kawan gitu gaes!

 

Hampir satu tahun Garaga dirawat, badannya makin bongsor. Makanan utamanya 2-3 kg ular piton selama seminggu sekali. Selain itu, Garaga juga sering dimandiin dan Panji kadang bantu ngelupasin kulit Garaga pas ganti kulit. So sweet ya!

 

5. Viral karena punya karakter sendiri

Beberapa bulan pelihara Garaga, Garaga mulai nunjukin karakter dan sifat aslinya. Mulai dari nggak bisa ditebak, nggak mau diatur, sampe bersikap manis dan lucu pas ketemu perempuan dan galak pas ketemu pria. Garaga peka juga ya!

 

Inilah yang bikin warganet penasaran terus sama Garaga.

 

6. Akhirnya dilepas ke alam liar

Meskipun Garaga dan Panji Petualang udah akrab dan bonding-nya kuat, tapi Garaga tetaplah ular king cobra. Habitatnya di alam liar bikin kehidupan di sana makin seimbang. Kalo kebanyakan interaksi sama manusia, Garaga nggak balik-balik kan ke habitat aslinya?

 

Panji Petualang juga banyak pertimbangan pas mau lepasin Garaga. Salah satunya karena Garaga makin viral, takut orang-orang nanti malah terobsesi dan ngelakuin adegan berbahaya pas ketemu ular.

 

Hutan yang jadi tempat kembalinya Garaga sengaja dirahasiain gaes. Biar Garaga nggak diburu.

 

7. Tetep dimonitor

Umumnya hewan buas yang dikarantina dan dirawat manusia udah biasa sama lingkungan itu. Tapi ketika dilepas ke alam liar, kadang-kadang ada yang tahan dan bisa adaptasi. Ada juga yang justru kalah sama kompetitor dan nggak bisa bertahan hidup.

 

Itu juga berlaku buat Garaga. Setelah dilepas, Garaga diawasin sama Panji Petualang dan tim untuk mastiin dia tetep hidup dan sehat.

 

Dari Garaga, kita belajar banyak hal

Garaga emang hewan buas yang jadi raja di alam liarnya. Sebagai predator sejati, Garaga harus dilestariin biar keseimbangan alam tetep terjaga. Panji Petualang dan tim, kamu, dan Jadimin punya tugas untuk ngejaga Garaga dan temennya. Caranya?

a. Ngehormatin hewan itu perlu, jangan sampe diperdagangkan dan ngeruk keuntungan sendiri. Apalagi kalo hewan langka.

b. Lepasin hewan buas jaga keseimbangan alam dan hutan. Kalo hutan udah rusak, semuanya kena ke kamu juga kan?

c. Nggak semua orang punya keahlian untuk rawat hewan liar. Makanya perlu banget perlindungan khusus berupa asuransi jiwa terbaik.

d. Petualang suka jalan kemana-mana. Tapi kamu udah siapin backup asuransi jiwa yang bagus belum?

 

Yuk lestariin Garaga-Garaga lainnya! Dengan cara di atas, kamu udah kontribusi untuk jaga hewan liar dari pemburu. Barengin dengan asuransi jiwa online juga biar kalo kenapa-napa kamu tinggal dateng ke fasilitas kesehatan terdekat.

 

Follow Instagram @jagadiri_id yuk biar update terus!

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1