Article

Bisa Fatal, Jangan Makan Pedas Kalo Kondisi Tubuh Kamu Begini!

16:46, 18 March 2024

08 bisa fatal  jangan makan pedas kalo kondisi tubuh kamu beginii  1980x1080  1

Yuk Hindari Makanan Pedas Kalo Kamu Punya Masalah Kesehatan Berikut Ini

 

Banyak loh masyarakat yang suka banget sama makanan-makanan pedas. Bahkan sekarang ini ada banyak banget jenis makanan yang dijual dengan level pedas berbeda-beda. Meskipun emang bikin nagih, tapi kamu harus waspada karena makanan pedas itu juga bisa berbahaya. Kamu perlu tahu apa aja bahaya makan pedas apalagi kalau kamu punya kondisi kesehatan yang kurang bagus.
 

Bahaya Makanan Pedas Buat Tubuh Kamu

Sebenarnya makan makanan pedas itu nggak salah, asalkan kamu tahu batasannya. Kamu boleh kok sesekali makan makanan pedas, tapi kalau ternyata setelah makan pedas tubuh kamu muncul gejala yang gak nyaman, kamu harus segera hentikan kebiasaan makan makanan pedas. Yuk cari tahu apa aja sih bahaya makanan pedas dan gimana kondisi tubuh yang emang sebaiknya hindari makanan kayak gini:

1. Perut Sering Mulas 

Makanan pedas emang seringkali bisa bikin perut kamu ngerasa nggak nyaman atau mulas. Ini bisa terjadi gara-gara asam lambung dalam perut kamu meningkat. Jadinya, asam lambung naik sampai ke esofagus dan ini bakal bikin perasaan nggak nyaman di perut.

Kalau kamu emang udah punya penyakit asam lambung dan sering mulas kalau habis makan makanan pedas, sebaiknya kurangin atau hindari aja makanan kayak gini. Kamu perlu ganti ke makanan yang lebih nyaman di perut dan nggak bikin asam lambung naik.

2. Jerawatan

Kamu juga perlu tahu kalau ternyata bahaya makanan pedas itu bisa bikin kulit kamu jadi makin jerawatan. Misalnya aja sekarang ini kamu emang udah punya kulit berjerawat, sebaiknya enggak usah banyak-banyak makan pedes karena ini bisa memperparah kondisi kulit kamu.

Cabe atau makanan pedas bisa bikin keringat berlebih dan ini bakal bikin kulit kamu lebih berminyak dari biasanya. Kamu juga harus tahu kalau ternyata makanan pedas itu bisa bikin peradangan di usus. Kalau sampai terjadi peradangan di usus, bukan cuma perut aja yang terasa sakit tapi itu juga bisa memunculkan kemerahan dan jerawat di kulit loh.

3. Diare

Ternyata bahaya makanan pedas itu juga bisa nyebapin diare. Tapi emang ada banyak sih jenis makanan yang bisa nyebatin diare bukan cuma makanan pedas. Meskipun bisa disebabkan sama banyak jenis makanan, kamu tetap harus hati-hati sama makanan pedas karena ini punya kandungan capsaicin yang tinggi, jadi gampang banget nyebabin iritasi lapisan lambung dan usus.
 

Makan Pedas Bikin Fatal

Buat pecinta pedas, pasti gak afdol kalo gak pedes. Tapi makanan pedas bisa berbahaya buat kesehatan kalo dikonsumsi terus menerus. Kalo kamu punya keluarga yang susah banget dibilangin buat stop makan pedes, kamu perlu perlindungan Jaga Sehat Keluarga dari Jagadiri.

Asuransi Jaga Sehat Keluarga, asuransi keluarga yang ngasih kemudahan untuk jagain kesehatan keluarga kamu. Banyak manfaat yang bisa kamu dapetin mulai dari premi kembali 25% kalau enggak ada klaim, santunan rawat inap (harian), pembedahan dan rawat jalan. Dengan Jaga Sehat Keluarga kamu enggak perlu lagi repot urus satu-satu, cukup satu premi bisa dipake untuk satu keluarga, dan harga preminya terjangkau loh, mulai dari Rp280,- ribu rupiah. Yuk jaga kesehatan keluarga dari kemungkinan gejala penyakit yang enggak terduga, daftar sekarang!
 

4. Sering Sendawa

Sering Sendawa ternyata jadi indikasi kalo kamu punya masalah diperut. Biasanya, sendawa bisa disebabin sama masuk angin atau gara-gara makan makanan yang banyak mengandung gas. Eits, kamu juga harus waspada soalnya sendawa bisa jadi indikasi kalo kamu punya masalah sama asam lambung.  Sedangkan makanan pedas bisa bikin asam lambung kambuh dan secara otomatis bikin perut kamu nggak nyaman.  Bahkan, makanan pedas juga bisa bikin bau nafas loh. Hal ini terjadi karena makanan pedas bisa bikin perut penuh sama gas asam lambung yang naik ke mulut.

5. Sakit Tenggorokan

Kalo kamu lagi rasain tanda-tanda tenggorokan enggak enak, lebih baik stop buat makan pedes dulu ya, karena malah bisa bikin tenggorokkan kamu jadi lebih parah. Hal ini disebabin karena kombinasi makanan pedas apalagi berminyak bakal mudah banget bikin iritasi saluran tenggorokan. Bahkan ini juga bisa makin parah kalau kamu ternyata juga punya gejala asam lambung. Refluks asam lambung efeknya nggak cuma bikin Kamu ngerasa mual dan mulas tapi juga bisa bikin tenggorokan jadi nggak nyaman.

6. Gampang Keringetan

Kadang terlalu berkeringat atau keringat berlebih itu bisa bikin kamu nggak nyaman dan nggak percaya diri. Kalau kamu ternyata emang udah punya masalah sama keringat, sebaiknya jangan banyak-banyak makan makanan pedas ya!

Semakin sering kamu makan makanan pedas, ini bakal bikin suhu tubuh kamu makin meningkat dan bikin keringat makin banyak keluar. Kalau kamu habis makan makanan yang pedas, coba deh buat minum minuman yang terbuat dari susu karena ini bisa bantu buat mendinginkan dan menangin tubuh kamu.

Kalau kamu emang udah sering ngerasa nggak nyaman setelah makan pedes, penting banget nih buat jaga kesehatan kamu. Jangan makan sembarangan karena efeknya bisa bahaya banget buat kesehatan.
 

Selain penting buat punya gaya hidup sehat dan hindari hal-hal yang bikin kesehatanmu nggak bagus, kamu juga perlu buat ningkatin perlindungan pakai asuransi. Ada rekomendasi asuransi terbaik nih buat kamu dan keluarga. Kamu bisa ningkatin perlindungan pakai produk asuransi Jaga Sehat keluarga dari JAGADIRI.

Kalau kamu punya asuransi jaga sehat keluarga kamu nggak akan khawatir bakal rugi. Asuransi ini nawarin kamu premi yang murah dan kalau nggak ada klaim sama sekali premi bisa kembali 25%.

Nasabah juga nantinya bakal dapat santunan buat rawat inap, rawat jalan atau bahkan operasi bedah di rumah sakit. Bahkan, kamu juga bisa dapetin e-voucher belanja tiap bulan. Jadi nggak usah ragu lagi buat punya asuransi Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI.

 

Referensi : 

https://www.halodoc.com/artikel/alami-7-gangguan-ini-saatnya-berhenti-makan-makanan-pedas

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-ada-efek-terhadap-tubuh-jika-sering-makan-pedas-

https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2022/06/09/182724620/jangan-berlebihan-ketahui-dampak-buruk-makan-pedas-unaaaaaa

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1