Article

Kenali Gejala dan Risiko Batu Empedu di Usia Muda

14:23, 4 August 2022

07 1980x1080  4

Pahami Gejalanya dan Mulai Hidup Sehat

 

Kamu suka makan makanan tinggi lemak, junk food, dan makanan instan?

Hati-hati, bisa terkena batu empedu, lho!

Makanan berlemak tinggi, junk food, dan makanan instan emang rasanya enak dan nagih. Tapi kalau makan terlalu banyak dan sering, efeknya juga nggak bagus untuk tubuh kita.

Yuk, kita kenalan dengan batu empedu beserta gejala dan penyebabnya, biar kita tahu cara menghindari batu empedu!
 

Mengenal batu empedu lebih jauh

Nih, Jadimin spill sedikit ya tentang batu empedu.

Jadi, di dalam tubuh kita terdapat organ bernama kantung empedu yang terletak di perut kanan tepatnya di bawah hati, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cairan empedu.

Cairan empedu itu kemudian dialirkan untuk membantu proses pencernaan.

Nah, batu empedu sendiri adalah batu yang terbentuk di dalam kantung empedu tersebut.

Ukuran batu empedu sangat beragam bisa sebesar butiran pasir sampai yang seukuran bola golf pun juga ada.

Masalahnya, kebanyakan orang yang mempunyai batu empedu nggak tahu kalau ada batu di kantung empedunya, sampai batu itu menyumbat saluran empedu dan menimbulkan rasa sakit.

Batu empedu sendiri ada 2 jenis:

  1. Batu Kolesterol
    Batu ini merupakan batu yang paling umum ada di kantung empedu dan berwarna kuning hijau. Sekitar 80% batu empedu adalah batu kolesterol.

  2. Batu Empedu Pigmen
    Batu jenis ini lebih kecil dan berwarna lebih gelap dan terbuat dari bilirubin.
     

Apa aja sih gejala batu empedu?

Banyak orang yang punya batu empedu salah didiagnosa mengidap penyakit maag karena ngerasa nyeri di ulu hati.  Untuk jaga-jaga, Jadimin kasih tahu nih beberapa gejala yang mungkin muncul kalau ada batu di empedu:

  1. Sakit perut

  2. Sakit di bahu kanan belakang

  3. Sakit punggung

  4. Mual atau muntah

Nah, kapan sih kira-kira saatnya orang dengan batu empedu urgent banget dan harus ke dokter? Kalau peradangannya udah cukup parah dan menimbulkan gejala-gejala kayak di bawah ini:

  1. Sakit perut yang menerus hingga lebih dari 8 jam

  2. Demam

  3. Kulit atau bagian putih mata yang menguning

  4. Air seni yang berwarna agak gelap dan tinja yang berwarna terang
     

Yuk mulai hidup sehat biar terhindar dari batu empedu!

Salah satu cara yang bisa kamu terapin untuk menghindari batu empedu yaitu dengan hidup sehat.

Mulai kurangin makanan berlemak tinggi kayak nasi padang, gorengan, juga makanan instan kayak mie instan, dan lain sebagainya. Hmm, ngebayanginnya aja udah ngiler ya. Tapi ya itu, mau makan enak sering-sering, atau mau sehat?

Harta paling berharga (selain keluarga) itu adalah kesehatan, loh.

Kalau udah terlanjur kena penyakit, yang repot tuh kalau harus masuk Rumah Sakit untuk rawat inap.

Biaya rawat inap di Rumah Sakit jaman now tuh sangat wow. Beberapa hari aja bisa bikin kantong boncos.

Nah, untuk mencegah kantong kamu boncos, nggak ada salahnya lindungi diri kamu dengan asuransi kesehatan terbaik.

Ada beberapa pilihan untuk kamu nih, ada asuransi kesehatan terjangkau yang bisa kamu pilih paketnya sesuai kebutuhan, ada juga asuransi kesehatan plus jiwa dan asuransi untuk keluarga, biar kamu dan keluarga kamu semuanya terlindungi!


Oh iya, jangan lupa follow Instagram @jagadiri_id ya untuk terus dapet update-an terbaru dari Jadimin!

 

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214

https://www.webmd.com/digestive-disorders/gallstones

https://www.nhs.uk/conditions/gallstones/symptoms/

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/batu-empedu-10

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square