Article

Olahraga atau Diet

15:16, 22 April 2021

Apr 2021 13

Mana yang Lebih Efektif?

Lagi di rumah aja bikin kamu lebih banyak ngemil dan rebahan. Tau-tau, berat badan naik :(

Terus gimana dong? Mending olahraga atau diet ya? Mana sih yang lebih efektif? Yuk bahas bareng-bareng!

 

Berapa persen sih dampaknya buat penurunan berat badan?

1. Pilih olahraga aja, tapi…

Faktanya, jika kamu hanya olahraga tanpa diet, berat badan kamu akan turun. Tapi, karena lemak dan energi yang dibakar saat olahraga itu bisa ngerangsang nafsu makan, jadinya kamu kepancing untuk makan lebih banyak lagi.

 

Dikutip dari DetikHealth, pakar nutrisi olahraga, Mury Kuswari, S.Pd, M.Si dari Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI) ngasih tau kalo olahraga itu dampaknya 60 persen terkait penurunan badan.

 

Meskipun begitu, massa otot kamu justru nambah. Makanya nggak heran kalo abis olahraga, badan kamu kerasa lebih ringan dan kencang. Tapi, kalo kamu masih sulit biasain pola makan sehat, kayaknya olahraga nggak gitu efektif deh untuk nurunin berat badan.

 

Akibatnya, berat badan kamu nambah lagi karena ngonsumsi kalori yang berlebih dari kebutuhan tubuh. Hayo, siapa yang masih terbiasa makan gorengan atau minum soft drink habis olahraga?

 

2. Pilih diet aja deh, tapi…

Perlu kamu ketahui, diet itu sebenernya ngatur pola makan. Poin utamanya yakni kurangin asupan kalori harian. Kalo diterapin secara konsisten, tubuh kamu bakal adaptasi kok. Hasilnya, cadangan lemak di tubuh kamu lebih sedikit dan gampang nurunin berat badan.

 

Nah untuk kamu yang milih diet aja tanpa olahraga, kamu harus ngejaga tingkat asupan kalori biar tubuh tetap stabil. Seenggaknya, kamu lemas deh pas lagi diet. Makanya penting banget perhatiin rekomendasi jumlah kalori sesuai usia, jenis kelamin, dan jenis aktivitas kamu.

 

Sayangnya, masa-masa diet adalah momen paling menyiksa. Laper banget? Jelas! Di sinilah tantangannya. Hormon lapar (ghrelin) lagi tinggi-tingginya, sementara hormon yang ngirim sinyal untuk makan lebih sedikit (leptin) justru turun.

 

Kalo udah kayak gini, kemungkinan besar berat badan kamu malah nggak turun-turun. Karena lapar udah bikin nggak karuan dan cenderung “sikat” semua yang ada di depan kamu. Mengutip dari pernyataan pakar nutrisi olahraga, Mury Kuswari, diet bisa 70-75 persen efektif nurunin berat badan.

 

Kamu ngerasain nggak, pas diet, badan langsung kerasa langsing? Dan saat berhenti diet, berat badan justru naik nggak karuan?

 

Baca juga: Doyan Minum Soda? Ganti Air Putih Aja Yuk!

 

3. Pilih olahraga dan diet aja, siapa tau lebih efektif?

Masih mengutip pernyataan dari pakar nutrisi olahraga, Mury Kuswari, kalo olahraga dan diet dipaduin, hasilnya baru bisa 95 persen efektif nurunin berat badan. Kok bisa?

 

Olahraga nggak cuma bakar kalori dan energi aja, tapi juga ningkatin fungsi metabolisme tubuh. Jadi, asupan nutrisi yang kamu konsumsi selama diet bisa diolah dengan baik.

 

Sementara diet, selain nurunin asupan kalori, tapi juga ngebiasain diri pilih makanan dan minuman yang lebih sehat dan tetep berenergi. Makanya jenis makanan atau minumannya cenderung bikin kenyang lebih lama. Misalnya ganti nasi putih ke nasi merah saat diet. Lalu minum smoothies isi kale, apel, dan madu untuk mulihin energi yang hilang saat olahraga.

 

Lalu, pilih yang mana nih?

Tiap orang punya pilihan masing-masing. Apa pun pilihan kamu, kuncinya biasain dulu sama pola makan dan hidup sehat. Selebihnya, bakal ngikutin kok.

 

Pastiin juga pilihan kamu cocok sama asuransi kesehatan yang bagus. Karena asuransi ini bebas pilih plan sesuai kebutuhan. Mau kamu diet, olahraga, atau keduanya, tetep dilindungin kapan pun dan dimana pun.

 

Sehat juga nggak perlu boros, asalkan kamu udah jaga pola makan dan aktif gerak sejak dini. Ada asuransi kesehatan terjangkau yang preminya disesuain sama plan yang kamu pilih. Beli sekarang yuk!

 

So, mau olahraga, diet, atau keduanya? Pilihannya tergantung kamu. Follow juga yuk Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus info sehat buat anak muda dan tren terkini. Lesgo!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square